Mengatasi Bau Jengkol

Advertisement

Kemarin sore saya sempat melihat sebuah acara di salah satu stasiun TV swasta. Kebetulan topik yang dibahas pun menarik dan menjadi permasalahan kita sehari-hari, yakni jengkol dan cara menghilangkan bau yang ditimbulkannya. Sebagai seorang blogger, saya pun tergerak untuk berbagi informasi ini kepada sobat semua, yang mungkin tidak sempat melihat acara penuh wawasan tersebut. Ya, berikut cara mengatasi bau jengkol versi asal-Asul.

Langsung ke pokok masalah, bagi sebagian orang, jengkol merupakan makanan favorit yang memiliki cita rasa tak terucapkan, terlebih ketika jengkol itu disemur. Menurut penelitian, jengkol memiliki kandungan kalisum tinggi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Jengkol juga kaya karbohidrat, protein, vitamin A, B, dan C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin. Selain itu, kandungan protein jengkol ternyata masih lebih tinggi daripada tempe. 

Akan tetapi, semangat makan jengkol kadang tak sebanding dengan risikonya, yakni harus menanggung turunnya rasa percaya diri ketika sedang berbicara ataupun buang hajat ke belakang. Mengetahui cara mengatasi bau jengkol pun menjadi sebuah solusi untuk menikmati makanan khas, yang sering diidentikan dengan tokoh “Kabayan” tersebut.

Pada acara Asal-Usul, kita diberi penjelasan yang sistematis, baik dari sisi mitos maupun pengecekan melalui praktek labratorium. Dari sisi kebiasaan masyarakat, mengatasi bau jengkol dapat dilakukan dengan mengubur jengkol dalam tanah selama 1 hari agar baunya bercampur dengan tanah. Dengan demikian, ketika dimasak, jengkol akan berbau hambar, karena telah terpadu dengan bau tanah. Selain itu, jengkol juga dapat direbus dengan daun jambu atau daun melinjo selama beberapa jam.

Sementara itu, dari hasil praktek laboratorium, ternyata air soda pun bisa dimanfaatkan untuk menetralisir bau jengkol. Makanya ketika mengkonsumsi jengkol, kita dianjurkan minum minuman bersoda, yang tersedia luas di warung ataupun toko di sekitar kita. Merendam jengkol dalam air soda juga terbukti mampu mengatasi bau jengkol . Dengan mengetahui alternatif ini, masihkah sobat alergi dengan jengkol? Selamat mencoba.  

7 komentar:

zaycoel mengatakan...

wah baru tau kalo minuman brsoda bisa menetralisir "wangi" jengkol.
Thkz for share

Blogger Gundul mengatakan...

@zaycoel: Hehehehe, Ane juga baru tahu kok Gan, makanya langsung di-share, heheh. Makasih dah singgah.

fajarmenawan mengatakan...

setau gw cara yg lebih praktis mengatasi bau jengkol tuh adalah minum jus petai dua gelas..dijamin bau jengkol langsung hilang tanpa bekas

Blogger Gundul mengatakan...

@Fajar Menawan: Ouw, bener juga, apalagi dicampur bensin ya Bro, mesthi ilang blas...wkwkwkwkw

zenubhpdg.blogspot.com mengatakan...

hahaaaa. pakai korek api 100% hilang tu...

Blogger Gundul mengatakan...

@Zenu: Hahahhaha, kejem bener...

izal mengatakan...

Sadis bener...

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger