Wi-Fi Connected, Internet Macet

 Sering kali kita mendengar keluh kesah seorang pemakai koneksi internet via Wi-Fi yang merasa sudah terkoneksi tapi tidak bisa memanfaatkan koneksi tersebut untuk akses internet, baik browsing, streaming, maupun download. Menurut penjelasan salah satu teman yang bergelut dalam bidang jaringan, inilah logika singkat dari fenomena Wi-Fi Connected, InternetMacet tersebut.

Menurutnya, ketika sebuah server hanya mengalokasikan jaringannya untuk beberapa IP Address, tentu sebagai pengguna Wi-Fi, kita harus pasrah dengan jumlah IP Address yang dialokasikan. Itu artinya, jika server hanya menyebar jaringannya ke 100 komputer, akan ada 100 IP Address berbeda dari server tersebut sehingga jika semua IP Address sudah melekat kepada 100 komputer maupun gadget penerima sinyal Wi-Fi tersebut, pengguna ke-101 tidak akan mampu menikmati secuil bandwith dari koneksi Wi-Fi tersebut meski sudah terkoneksi.

Untuk permasalahan ini, menurut penjelasan teman, kita setidaknya memiliki dua alternatif pilihan untuk permasalahan Wi-FiConnected, Internet Macet yaitu:

Me-restart gadget/komputer sehingga mampu “mencuri” IP Address yang sedang tidak aktif digunakan

Dengan proses restart, jika disetting otomatis, gadget/komputer akan kembali mencari IP Address yang tidak sedang aktif untuk selanjutnya mengkoneksikan diri melalui IP Address tersebut. Metode ini dapat dilakukan dengan menunggu dimatikannya salah satu dari 100 gadget/komputer yang sedang menggunakan koneksi Wi-Fi, untuk selanjutnya mengambil alih IP Address yang telah dialokasikan.

Mengambil alih IP Address dengan cara setting manual
Jika kita memahami pengelolaan jaringan, mencatat IP Address valid yang dialokasikan dan menulisnya di form IP Address gadget/komputer lengkap dengan pernak-perniknya akan mampu “mengambil-alih” IP Address tersebut dari gadget/computer lain yang kebeutulan tidak sedang aktif digunakan.

Tentu dengan keterbatasan tersebut, kita semua berharap agar server dapat menambah alokasi IP Address agar semakin banyak gadget/komputer yang dapat memanfaatkan koneksi Wi-Fi sehingga tidak ada lagi pengalaman Wi-Fi Connected, Internet Macet. Namun demikian, kita harus menyadari bahwa semakin banyak IP Address dan komputer yang memanfaakannya, alokasi bandwidth akan semakin terkuras, dan tentu juga akan membuat lemot koneksi. Terlebih penambahan bandwidth tentu erat kaitannya dengan penambahan biaya. So, kalo mau gratisan di koneksi Wi-Fi, bertindak sabar dan sabara adalah kunci kenyamanannya, heheh.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar