Cara Menyembunyikan Status Online di Facebook


Seringkali kita ingin melihat perkembangan kehidupan teman melalui status mereka di Facebook atau sekedar mencari informasi terbaru dari Komunitas Facebook yang kita ikuti. Sebagai konsekuensinya, kita justru sering terjebak pada interaksi langsung dengan sesama teman pengguna Facebook yang sebenarnya sedang tidak ingin kita lakukan. Terlebih jika kita sedang tidak mood untuk ber-chatting ria dengannya. Bagaimana solusinya? Menyembunyikan status online di Facebook menjadi pilihannya.

Pada suatu waktu, kita sering tanpa sengaja diajak chatting dengan seorang atau beberapa teman padahal sebenarnya kita hanya ingin melihat atau membalas komen teman tertentu. Sebagai akibatnya, kita tentu harus meluangkan waktu untuk menjawab dan membalas ajakan chatting mereka agar tidak dikatakan arogan dan tidak sopan. Alokasi satu menit untuk ber-Facebook ria akan molor, dan tentu akan menganggu aktivitas kita selanjutnya jika kita dalam suatu kesibukan tertentu. So, bagaimana menyembunyikan status online di Facebook?

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk “terhindar” dari interaksi chatting via Facebook yang tak diinginkan tersebut. Namun untuk mempermudah serta meringkas wawasan, berikut saya berikan dua alternatif cara menyembunyikan status online di Facebook yang kadang belum sempat sobat ketahui namun barangkali akan sobat perlukan suatu saat nanti.

Pertama, kita dapat sepenuhnya menutup diri dengan segala aktivitas chatting saat itu juga. Untuk melakukannya, kita dapat men-set status kita “go-offline” untuk siapa saja. Dengan pilihan ini, kita dapat mengubek-ubek Facebook tanpa “gangguan” chatting dari semua teman di Facebook. Caranya pun mudah, tinggal buka dashbord chat kita, lalu klik tombol “go-offline” seperti gambar disamping, maka kita akan invisible (tidak terlihat sedang online).

Kedua, kita dapat menyembunyikan status online kita dari teman tertentu yang sedang tidak ingin kita sapa ataupun disapa olehnya. Meski terlihat egois dan arogan, namun dalam beberapa kesempatan, kita sering harus melakukannya karena memang benar-benar tidak ingin berinteraksi dengan teman tersebut. Untuk melakukannya, pada dasarnya sama dengan metode menyembunyikan status online di Facebook secara menyeluruh seperti penjelasan diatas, hanya bedanya, kita harus membuka dashboard chatting kita secara spesifik ke teman yang ingin kita blok. Gambar dibawah mungkin akan membantu proses tersebut.

Demikian beberapa cara menyembunyikan status online di Facebook. Satu hal yang perlu kita pahami bahwa dengan membuka jejaring sosial seperti Facebook ini, kita harus mau menerima semua konsekuensinya, termasuk ajakan berteman, bercakap-cakap, berkomunitas, dan lain sebagainya. Manfaatkan jejaring seperti ini secara bijak karena antara manfaat dan kerugiannya tentu akan sebanding. Selamat ber-Facebook ria.

Kategori:

1 komentar:

  1. Kalau nyembunyiin update status pada teman tertentu, gimana caranya?

    BalasHapus