Mengenal Hashtag di Jejaring Sosial Twitter


Mari mengenal hashtag di jejaring sosial Twitter. Sering kali kita mendengar kata “hashtag” sebagai bagian dari pernak-pernik jejaring sosial Twitter. Bahkan bagi sobat yang suka dengan blogging contest, hampir pada setiap lomba diharuskan memakai hashtag dalam mempopulerkan artikelnya. Apa sebenarnya hashtag di jejaring sosial Twitter itu?

Hashtag yang dikenal melalui simbol "#" merupakan tanda untuk mengacu pada kata kunci atau topik dalam dunia Twitter. Hashtag sendiri oleh para pengguna Twitter dimanfaatkan sebagai cara untuk mengkategorikan dan mengerucutkan suatu pesan tertentu, yang sebenarnya memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

Mempermudah pencarian tentang tweet tertentu
Kita dapat menggunakan simbol hashtag sebelum kata kunci yang kita bidik. Dengan simbol ini, pengguna Twitter akan lebih mudah menemukan tweet kita melalui kata kunci yang kita bidik tersebut.

Mengelompokkan tweet
Dengan simbol hashtag, semua tweet dalam kategori yang sama akan ditampilkan. Kumpulan tweet tersebut selanjutnya akan ditemukan berderet sesuai dengan kata kunci yang dibidik melalui hashtag.

Menaikkan popularitas tweet
Hashtag layaknya mesin pengelompok kata kunci tertentu. Dengan hashtag, sebuah kata kunci akan semakin populer karena mungkin saja para pengguna Twitter lain juga tidak sengaja mencatut kata kunci tersebut.


Mengenal Hashtag di Jejaring Sosial Twitter akan sangat membantu kita, khususnya dalam hal pemasaran. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui seputar Hashtag:
  • Hastagh dapat diletakkan dimanapun di dalam tweet, namun hanya kata kunci setelah hashtag tersebut yang dicatat sebagai bagian dari hashtag.
  • Pesan di dalam tweet seringkali menjadi trending topic karena banyak pengguna Twitter yang menaut tweet-nta dengan hastah dan kata kunci yang sama.
  • Dengan hashtag, semua pengguna Twitter dapat saja menemukan tweet sobat sesuai kata kunci yang sobat bidik.
  • Menggunakan hashtag secara berlebihan dapat dianggap sebagai spammer. Gunakan hashtag hanya untuk tweet yang relevan.
Ituah sekelumit pengetahuan tentang Mengenal Hashtag di Jejaring Sosial Twitter yang ingin saya bagi. Untuk sobat yang telah memiliki akun Twitter, mantaatkan simbol ini dengan sebaik-baiknya dan pesan saya, jangan nye-pam dengan hashtag ya, hehehe. 

Kategori:

3 komentar:

  1. Oh.. hashtag itu = Kata kunci jg yaaa,,


    Makasih Infonya,,
    salam kenal

    BalasHapus
  2. @Gaptek: Hahahhha, amun dah..mastah masuk...Makasih dah berkunjung Gan...Ikut Kopdar Makasar ga?

    BalasHapus
  3. mksh infonya Mengenal Hashtag di Jejaring Sosial Twitter sangat bermanfaat..

    BalasHapus