Membuat Wi-Fi Hotspot dengan HP Android


Di tengah demam dunia maya yang melanda negeri ini, kita seakan terjebak dengan aktivitas-aktivitas virtual seperti update Facebook, browsing, maupun blogging, yang tentunya menuntut adanya koneksi internet. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, berikut sekelumit tips tentang cara membuat Wi-Fi Hotspot dengan handphone Android agar langganan koneksi internet dapat dimanfaatkan secara bersama-sama.

Pada dasarnya, Wi-Fi hotspot juga sering disebut Wi-Fi tethering, yakni aktivitas membagi koneksi internet ke beberapa perangkat yang mendukung jaringan Wi-Fi, baik berupa smartphone, tablet, laptop, hingga PC dengan dukungan Wi-Fi adapter. Aktivitas bagi-bagi koneksi ini sering diperlukan dalam sebuah komunitas yang dalam kegiatannya sangat membutuhkan koneksi internet. Tentunya dengan kebutuhan tersebut, akan sangat mahal jika semua anggota harus merogoh kocek untuk berlangganan internet sendiri-sendiri, dan disinilah Wi-Fi hotspot akan memberikan banyak sekali penghematan.

Membuat Wi-Fi Hotspot dengan HP Android sebenarnya cukup mudah, hampir setiap pengguna dapat melakukannya. Kita hanya memerlukan sebuah hp Android yang telah mendukung Wi-Fi tethering. Dengan perangkat tersebut, kita dapat mendaftar layanan koneksi internet tanpa batas (unlimited) pada sebuah operator, untuk selanjutnya dibagi-bagikan ke perangkat lain.

Seiring paket koneksi internet unlimited yang semakin murah, baik di jaringan GSM maupun CDMA, platform Android menerapkan sistem umum dimana koneksi internet juga terbuka untuk umum, tidak seperti BlackBerry yang menerapkan tarif khusus pada koneksi internetnya. Hanya dengan 50 ribu rupiah, atau bahkan ada yang 35 ribu rupiah sebulan, kita dapat memanfaatkan koneksi internet tanpa batas melalui gadget Android tersebut, baik untuk dimanfaatkan sendiri, ataupun dibagi-bagi (tethering).

Secara teknis, setelan hp Android berbeda-beda untuk memfungsikan perangkat tersebut sebagai mobile hotspot (Wi-Fi Tethering). Namun secara umum, ada beberapa hp Android yang membutuhkan proses download aplikasi khusus untuk mengaktifkan fungsi Wi-Fi tethering, dana ada juga perangkat Android yang telah memiliki menu bawaan, yang hanya mengharuskan kita mencetang dan mengikuti beberapa petunjuk sederhana sebelum mengubah alat komunikasi seluler tersebut menjadi Wi-Fi Hotspot.

Yang terpenting dalam settingan Wi-Fi Hotspot tersebut, harus dipastikan bahwa hp Android yang kita miliki telah memiliki fitur Wi-Fi Tethering support. Dengan mengamati secara detail spesifikasi yang ditawarkan, kita dapat memastikan bahwa perangkat Android yang kita miliki dapat difungsikan sebagai mobile hotspot. Untuk itu, teliti sebelum membeli dan carilah hp Android yang mendukung Mobile Hotspot.

Kategori:

6 komentar:

  1. gan mo nanya ne,hpx mst trhub dgn jar wifi y bru bsa dpake hotspotx?

    BalasHapus
  2. bingung sy gk nymbg..
    wi fi hotspot,sama tethering hotspot portable

    BalasHapus
  3. @Anonim: Untuk dapat dijadikan hostpot, ponsel harus berlangganan koneksi internet, yang umumnya pake kartu seluler. Nah, setelah itu, sobat bisa membagi-bagi koneksi tersebut melalui Wi-Fi Tethering...
    @Miftahul Jannah: Wi-Fi Hotspot adalah jaringan internet yang dapat diakses melalui Wi-Fi. Sementara Wi-Fi Tethering adalah proses membagi-bagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki fitur Wi-Fi. Hasil dari tethering inilah yang disebut Wi-Fi Hotspot..

    BalasHapus
  4. Trimakasih Bang, sebelumnya ga tau apa itu wifi hotspot, hehehe...

    BalasHapus
  5. Kalau kartu xl , apa ada yang tanpa batas itu... , kasih tahu lah..
    . Langkah-langkahnya... agar saya juga dapat merasakannya....

    BalasHapus
  6. @Munawirsan: sama-sama Sob, makasih dah berkunjung..
    @Anton W: Setahu saya, XL sudah menghentikan paket unlimitednya beberapa waktu yang lalu.

    BalasHapus