Meniti Hari Bersama XL Memajukan Negeri


Masa lalu bagi saya adalah sebuah nostalgia penuh perjuangan, yang menjadikan hari-hari kedepan lebih bermakna. Sebuah proses panjang menuju kehidupan lebih baik yang selalu saya idam-idamkan, ditaburi pengalaman tak terlupakan sebagai anak desa yang haus akan perubahan dan kemajuan. Inilah sepenggal kisah hidup saya bersama XL Memajukan Negeri.

Kala itu, saya lahir di sebuah desa yang cukup terpencil di pedalaman Gunungkidul. Jangankan alat komunikasi seperti handphone, jalan beraspal dan listrik pun menjadi barang langka, yang hanya dapat saya nikmati ketika mengunjungi kota kecamatan yang jaraknya lebih dari 15 kilometer. Potret kehidupan perdesaan menjadikan saya tumbuh sebagai seorang anak udik yang penuh dengan kepolosan. Mandi di sungai, bermain layang-layang, serta mencari rumput ternak menjadi kegiatan paling mengasyikkan waktu itu.

Seiring dinamika perdesaan tersebut, saya mulai mengenal kehidupan kota yang lebih modern melalui pesawat televisi hitam putih, yang akan menyala dengan tenaga aki, itupun hanya bertahan tidak lebih dari satu minggu. Melalui perangkat itulah, saya mulai tergugah untuk mengenyam kehidupan kota dengan segala pernak-perniknya. Semangat perubahan pun mulai tertanam di benak saya waktu itu.

Mengenal Kemajuan Kota
Perjalanan studi saya cukup memuaskan hingga saya pun berkesempatan meneruskan kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Yogyakarta, dimana pertama kali saya mengenal XL, sebuah kartu komunikasi seluler yang kala itu tentu tidak akan saya temukan jika saya masih menetap di desa. Kartu XL Memajukan Negeri itulah yang kemudian mampu mengukir sebuah kenangan manis saya sebagai mahasiswa pendatang di Kota Gudeg.

Pertama kali melihat XL Memajukan Negeri, kekaguman saya muncul karena waktu itu, kartu operator seluler tersebut disuguhkan dengan starter pack yang sangat eksklusif, terbungkus dalam sebuah tempat mirip toples bening transparan. Meski saya harus rela menyisihkan uang saku selama beberapa minggu untuk mendapatkan kartu tersebut, ternyata perjuangan itu terbayar dengan layanan yang saya terima melalui kartu XL Memajukan Negeri.

Di tengah keterbatasan jangkauan sinyal waktu itu, terlebih ketika kegiatan saya sebagai mahasiswa cukup beragam dan membutukan mobilitas yang cukup tinggi, XL Memajukan Negeri senantiasa dapat diandalkan dengan kejernihan serta kestabilan sinyalnya. Bahkan meski pada saat-saat tertentu, handphone jadul saya hanya mampu menangkap sinyal satu bar, ternyata suara bening XL Memajukan Negeri masih dapat tertangkap jelas oleh lawan bicara. Memang XL “Tak Hanya Bicara,” namun juga mampu membuktikan slogan beningnya.

Datangnya Jempol dan Bebas
Setelah beberapa waktu memanfaatkan XL Memajukan Negeri sebagai media komunikasi seluler waktu itu, saya dihadapkan pula dengan beragam inovasi yang sangat membantu aktivitas sebagai mahasiswa, yang tentu penuh dengan program penghematan. Diperkenalkannya dua perdana sekaligus, yaitu Jempol yang diperuntukkan bagi pengguna yang suka mengirim sms, serta Bebas yang khusus untuk pengguna yang gemar bertelepon ria yang dibenderol dengan harga terjangkau menjadikan kartu XL Memajukan Negeri semakin laris. Saya pun tertarik untuk memanfaatkan inovasi tersebut dengan membeli 2 perdana XL tambahan.

Penurunan harga Jempol dan Bebas sebagai kartu perdana baru XL Memajukan Negeri tidak serta merta menjadikan XL mengurangi kualitas layanannya. Komunikasi seluler dengan kartu XL tetap stabil sehingga semakin banyak rekan yang memanfaatkan kartu itu sebagai media komunikasi seluler. Bahkan saya pun sempat mengirimkan dua kartu XL tambahan bagi pacar saya yang waktu itu tinggal di kota lain, dengan harapan bahwa kartu tersebut mampu mendekatkan kami tanpa harus pusing memikirkan biaya mahal dalam berkomunikasi.

Dunia semakin sempit, itulah gambaran pertama yang saya ambil dari kemudahan komunikasi seluler yang saya lakukan dengan pacar ketika memanfaatkan kartu XL sebagai medianya. Dengan inovasinya yang unik, saya memperoleh banyak sekali kemajuan dalam beraktivitas, termasuk dalam menjaga hubungan dengan pacar maupun orang tua di desa. Dengan kartu XL itu pula, saya “bebas” berkomunikasi tanpa harus menyisihkan lebih banyak uang saku karena XL memang “jempol.”

Hari demi hari berlalu sedemikian cepat, saya pun harus melepaskan status kemahasiswaan saya. Sebuah penghargaan gelar universitas telah saya raih dan menjadi bekal saya untuk melanjutkan perjalanan hidup bersama XL Memajukan Negeri. Akhirnya, setelah mengambil ijazah dan menyelesaikan segala tanggungjawab sebagai mahasiswa, saya tergerak untuk kembali ke kampung halaman dan mendaftar kerja di daerah saya sendiri, Gunungkidul, dan Alhamdulillah, Tuhan membukakan pintu tersebut.

Menikmati XL Pascabayar Xplor
Beberapa lama menjadi pegawai tetap dan terkesan dengan layanan XL Memajukan Negeri  yang semakin inovatif, sayapun memberanikan diri mengajukan aplikasi XL Pasca bayar. Gayung pun disambut, setelah persyaratan komplit, XL pasca bayar pertama berhasil saya miliki, dan menghantarkan saya menuju kebebasan dalam berkomunikasi tanpa harus khawatir kehabisan pulsa. Dengan kartu itu, saya menemukan beragam kemudahan yang menunjang aktivitas saya sehari-hari.

Namun demikian, rutinitas harian tidak serta merta membuat saya terbuai dan meninggalkan aktivias produktif lain. Seperti halnya XL Memajukan Negeri yang selalu dinamis dengan beragam inovasinya, saya pun tetap menyisihkan waktu untuk terjun ke komunitas yang sangat dinamis. Komunitas Blogger Jogja, itulah nama komunitas yang waktu itu saya ikuti, yang mampu memberikan sebuah pengalaman tak ternilai sebagai bagian dari Blogger Nusantara. Antusiasme, optimisme, dan dinamisme anggota komunitas ini  mampu menggugah inspirasi dan kreativitas saya yang memang senang berbagi pengalaman hidup.

XL Mendukung Komunitas Saya dalam Memajukan Negeri
Saya teringat ketika beberapa waktu yang lalu, Komunitas Blogger Jogja mengadakan sebuah acara yang aspiratif, motivatif, dan edukatif bertajuk Digital Cipta Kreatif Lokal atau disingkat DICIPOK. Kembali XL Memajukan Negeri menorehkan perannya sebagai sponsor dalam kegiatan yang sangat membangun tersebut sehingga para peserta, yang notabene sebagian besar anggota Komunitas Blogger Jogja dapat merasakan nikmatnya makan siang dan snack gratis dalam balutan kebersamaan.  

Dukungan XL pada event sharing atau bagi-bagi ilmu melalui Dicipok tersebut bukan hanya menjadi sebuah wujud nyata perhatian serta kepedulian XL Memajukan Negeri terhadap perkembangan dan kemajuan dunia digital di Indonesia, namun juga sebagai motivasi para blogger di KBJ yang semakin tergugah untuk berbagi ilmu sekaligus meraup rejeki di dunia maya. Tentu dengan dukungan seperti itu, semakin banyak pula komunitas internet yang tergugah dan terdorong untuk memajukan minat dan bakatknya dalam memajukan diri, kelompok, maupun negeri ini pada umumnya.

Di lain kesempatan, kiprah XL dalam Memajukan Negeri juga saya rasakan ketika berkesempatan menjadi peserta Kopi Darat Blogger Nusantara beberapa waktu yang lalu di Sidoarjo, Jawa imur. Di event akbar tingkat nasional tersebut, dukungan XL sangat nyata dengan beragam pernak-pernik kegiatan yang sangat meriah dan memacu antusiasme saya maupun semua peserta waktu itu. Dengan dukungan itu pula, saya bersama ribuan blogger Indonesia semakin termotivasi untuk terus berbagi informasi melalui dunia blogging dan turut ambil bagian dalam upaya memajukan dunia cyber di negeri ini dengan konten-konten positif, yang kami harapkan berguna bukan saja bagi masyarakat Indonesia, namun juga komunitas dunia.


Demikian halnya ketika saya mendengar berita bahwa XL dengan Program XL Memajukan Negeri akan meresmikan BTS-nya yang ke-30 ribu dari rekan-rekan di Komunitas Blogger Jogja, saya sempat terkesima betapa operator seluler ini konsisten dengan peningkatan layanannya sejak dari awal bediri. Tentu dengan penambahan BTS tersebut, akan lebih banyak masyarakat yang terbantu, terlebih melalui program itu pula, XL juga berkomitmen mendorong dunia pendidikan serta kemajuan prestasi generasi muda di Indonesia dengan membangun jaringan internet bagi lingkup pendidikan melalui layanan Edusolutions.

Meski saya sendiri tidak bisa mengikuti Peresmian ke-30 ribu BTS PT XL Axiata (XL) tanggal 11 April 2012 di daerah Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta karena bertepatan dengan hari kerja, dari cerita teman-teman anggota Komunitas Blogger Jogja (KB) yang mengikuti kegiatan tersebut, saya mendapat informasi bahwa XL kembali menunjukkan komitmennya untuk terus memperluas jaringan melalui penambahan BTS di beberapa pelosok wilayah. Menariknya, seiring tuntutan akses data yang lebih cepat, XL juga dikabarkan akan terus mengupgrade BTS-nya dari 2G ke 3G. Betapa operator ini konsisten dengan slogannya XL Memajukan Negeri


Dari obrolan singkat dengan salah satu rekan blogger anggota KBJ yang kebetulan mampir sekaligus memberikan kenang-kenangan kaos XL Memajukan Negeri, saya mendapat informasi penting bahwa XL akan terus mendukung upaya-upaya produktif dan inovatif para blogger dalam menguak serta memberdayakan potensinya. Sungguh kabar itu menjadi sebuah harapan bagi saya yang mulai serius mendalami profesi lepas ini. 


Selanjutnya, terdorong untuk mengetahui lebih jauh tentang Program XL Memajukan Negeri, saya pun mengecek Siaran Pers XL untuk menguak lebih dalam seberapa jauh langkah XL dalam programnya tersebut. Dari siaran resmi yang dipublikasikan di website resmi XL, yaitu www.xl.co.id, Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi menyatakan bahwa XL berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas jaringannya dengan membangun jaringan 3G hingga ke wilayah desa. Sungguh XL XLangkah Lebih Maju.


Memang dari beberapa spot BTS yang pernah saya lihat dan saya abadikan melalui kamera pocket, upaya XL Memajukan Negeri jelas terlihat dari beragam sarana dan prasarana pendukungnya yang memang diupayakan untuk menjangkau semua wilayah, termasuk di daerah saya yang cukup udik. Di beberapa tempat yang cukup longgar, XL telah menancapkan BTS-BTS-nya yang menjulang tinggi, memberikan luasan jangkauan sinyal bagi para pelanggan setianya. 


Sementara itu, di tempat-tempat yang memiliki ruang terbatas, XL juga hadir memanjakan pelanggannya dengan fasilitas pendukung versi mobile, seperti menara yang terlihat di dekat rumah saya, tertutup rerimbunan pohon jati khas Gunungkidul. Ini membuktikan bahwa komitmen XL Memajukan Negeri benar-benar nyata adanya.


Dengan cakupan dan jaringan koneksi yang disuguhkan XL tersebut, saya sempat membayangkan suatu saat nanti, komunikasi dengan orang tua di kampung halaman dapat saya lakukan dengan nomor XL 10 digit saya melalui video call, yang saat ini hanya bisa dinikmati oleh warga kota. Dengan dukungan XL Memajukan Negeri, beragam bisnis online yang saya geluti sekarang inipun dapat saya tularkan kepada sanak saudara serta rekan-rekan di desa. Jiwa netpreneurship dapat saya picu dan saya kembangkan demi kemajuan mereka dan desa yang saya cintai. 


Dari pengalaman dan harapan itu pula, saya pun berkesimpulan bahwa XL Memajukan Negeri bukanlah slogan belaka. Perjalanan hidup bersama XL selama ini telah menorehkan kepercayaan bahwa langkah XL dalam Memajukan Negeri benar-benar nyata karena XL Tak Hanya Bicara. Dengan dukungan XL yang sedemikian luas jaringannya, saya Bebas berkreasi. Dengan XL pula saya dapat mengXplor dunia maya karena XL benar-benar Jempol!



Kategori:

8 komentar:

  1. maksimall tenan om reviewnya.. gud luck smg menang yaa

    BalasHapus
  2. @Tomi: Makasih Om, ya pas mood nulis aja, sekalian tertarik berbagi pengalaman tentang XL..makasih dan berkunjung..

    BalasHapus
  3. Mantap om.... Om dapat Macbooknya, Ane dapa iPhone 4S-nya saja yaah... hehe

    BalasHapus
  4. @Payabo: Hehehehe, bisa aja Bro...Hanya meramaikan kok, sekedar berbagi pengalaman..hehehhe

    BalasHapus
  5. Wow, kontennya komplit banget tuh.
    Salam sukses pak, sungguh panjenengan adalah pengguna XL sejati.

    BalasHapus
  6. @Tiyo Kamtiyono: Salam sukses juga Mas Bro...Ya, kebetulan saja pengguna, jadi bisa cerita, heheh. Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus
  7. Sepertinya ini salah satu kandidat juara..
    Good luck mas..

    BalasHapus
  8. @Kukuh: Hehehe, bisa aja Mas Bro...Aamiin...Makasih supportnya sekligus kunjungannya..Salam Blogging..

    BalasHapus