Menjelajah Museum Gratis dengan Google Art Project


Ada kabar gembira bagi Anda yang menyukai seni dan senang berkunjung ke museum-museum kelas dunia. Raksasa internet dunia alias Google kembali menghadirkan layanan aplikasi edukatif yang sangat menarik bernama Google Art Project. Dengan aplikasi ini, kita dapat menjelajah museum-museum di dunia secara gratis. Apa sebenarnya aplikasi ini?

Google Art Project sendiri adalah aplikasi berbasis web yang memanfaatkan mesin aplikasi Google berbasis platform Java. Aplikasi yang dikembangkan Google APIs ini mampu menampilan gambar digital dari museum-museum di dunia, yang akan membuat penggunanya seolah mengunjungi museum tersebut hanya melalui layar komputernya.

Menjelajah Museum Gratis dengan Google Art Project
Dengan Google Art Project, kita dapat menjelajahi beberapa museum dan galleri populer seperti Van Gogh Museum, Palace of Versialles, The Metropolitan Museum of Art, Uffizi Gallery, dan lain sebagianya secara gratis, serta melihat karya seni yang disuguhkannya secara detail dengan ketajaman gambar yang sangat tinggi. Bahkan Google mengklaim, gambar koleksi karya seni pada beberapa museum ditampilkan dengan resolusi berskala gigapixel, atau sekitar 1000 kali lebih detail dari resolusi kamera digital.

Bukan hanya itu, Google Art Project ini menawarkan pilihan lebih dari 150 museum virtual sebagai representasi dari museum-museum kelas internasional di 40 negara. Dengan koleksi karya seni yang mencapai 30.000 buah, tentu kita akan dimanjakan dengan pemandangan layaknya berkunjung langsung ke museum serta gelleri kelas dunia tersebut.

Menariknya, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kita dapat berlega hati karena Google Art Project juga telah menjalin kerjasama dengan Museum Nasional Indonesia. Dengan kerjasama tersebut, setidaknya 100 koleksi karya seni kita termasuk batik tradisional telah dapat diakses secara virtual melalui Google Ar Project ini. Dengan pilihan ini, kita akan dapat menjelajahi museum dalam negeri secara gratis dengan bantuan Google Art Project.

Namun demikian, bagi sobat yang suka mencontek, sayangnya gambar-gambar detail yang ada di Google Art Project ini tidak dapat disimpan atau diunduh untuk dijadikan koleksi pribadi karena Google telah menerapkan sistem keamanan tingkat tinggi dimana  gambar atau foto tersebut otomatis akan mengecil resolusinya jika kita paksakan untuk menyimpannya di harddisk masing-masing. Kita hanya bisa membagi gambar atau foto-foto pilihan kita tersebut melalui jejaring sosial yang telah disiapkan linknya oleh raksasa internet ini. Sobat tertarik untuk menjelajah museum gratis dengan Google Art Project? silahkan menuju ke situsnya langsung di googleartproject dot com.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar