Oleh-Oleh Khas Gunungkidul


Popularitas tempat-tempat wisata di Gunungkidul seakan menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindaham alam sekaligus dinamika kehidupan masyarakat di dearah ini. Dari hari ke hari, semakin banyak wisatawan yang menegnal dan bahkan merekomendasikan keindahan pantai pasir putih Baron, keelokan Air Terjun Sri Gethuk, keunikan Wisata Susur Sungai Goa Pindul yang ada di Gunungkidul. Namun demikian, tahukah sobat oleh-oleh khas Gunungkidul?

Sebagai wisatawan, terutama jika sobat datang dari jauh, mengunjungi Gunungkidul tanpa membawa oleh-oleh khas Gunungkidul nampaknya kurang lengkap. Terlebih Gunungkidul juga dikenal dengan sejumlah makanan khas yang mungkin tidak akan sobat temui di tempat lain, membawa oleh-oleh khas Gunungkidul akan melengkapi kenangan sobat dalam berlibur di tenggara Yogyakarta ini. Untuk itu, berikut saya berikan beberapa alternatif oleh-oleh khas Gunungkidul yang dapat sobat bawa ke kampung halaman:

Gatot dan Thiwul
Gatot dan Thiwul Yu Tum
Gatot dan thiwul merupakan makanan olahan berbahan dasar singkong. Kedua makanan olahan ini terasa kenyal dan mengenyangkan, cocok untuk disantap bersama keluarga. Seperti umumnya makanan khas Gunungkidul, gatot dan thiwul dijual dengan rasa yang manis, meski sebenarnya dapat juga dibuat dengan rasa gurih.

Pathilo
Pathilo
Pathilo  juga merupakan makanan olahan berbahan dasar singkong. Makanan ini dijual dalam bentuk seperti kerupuk kering. Sebagian orang menyebutnya sebagai rengginan berbahan singkong. Rasanya yang gurih, khas singkong menjadikan makanan ini cocok untuk mendampingi sobat ketika menonton televisi maupun di kala santai. Makanan khas Gunungkidul ini tersedia dalam kondisi matang, siap santap, maupun mentah untuk digoreng di rumah.

Manggleng
Manggleng
Manggleng juga merupakan makanan unik khas Gunungkidul yang diolah dari singkong. Singkong tersebut dimasak dan diiris-iris tipis untuk selanjutnya dijemur di terik matahari. Uniknya, manggleng tahan lama, tanpa bahan pengawet, dan dapat digoreng dengan bumbu gurih maupun manis.

Belalang Goreng
Belalang Goreng
Mungkin inilah makanan yang paling khas dari Gunungkidul. Ya, belalang goreng merupakan makanan unik yang sulit ditemui di daerah lain. Belalang goreng dapat dijadikan lauk maupun camilan ketika santai. Tersedia dalam rasa manis maupun gurih, belalang goreng dapat bertahan cukup lama di dalam toples maupun plastik pembungkus yang tertutup rapat. 


Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Gunungkidul ini, sebenarnya cukup mudah, beberapa warung di tempat-tempat wisata terkenal seperti Baron telah menyediakan oleh-oleh khas Gunungkidul tersebut. Namun jika sobat  ingin membeli semua jenis oleh-oleh khas tersebut, silahkan mampir di Thiwul Yu Tum, Jl. Pramuka no.36 Wonosari, tepatnya di sebelah timur Balai Desa Wonosari. 

Demikian beberapa alternatif oleh-oleh khas Gunungkidul yang dapat sobat bawa untuk sanak saudara di rumah setelah puas menjelajah Gunungkidul dengan segara ragam pesonanya. Pada artikel ini memang saya khususkan oleh-oleh yang berupa makanan, padahal sebenarnya, Gunungkidul juga memiliki banyak sekali kerajinan tangan khas yang dapat sobat miliki sebagai penghias ruangan. Sampai ketemu di artikel oleh-oleh khas Gunungkidul berikutnya.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar