Peta Arah Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul

Advertisement

Siapa yang tidak kenal Sri Gethuk, air terjun yang saat ini mulai banyak dibicarakan oleh para wisatawan.  Obyek wisata yang belum lama dibuka ini menjadi incaran wisatawan karena semakin banyaknya publikasi, baik di blog-blog personal, media cetak, hingga media elektronik. Eksotisme yang ditawarkannya mampu menghipnotis dan membuka wawasan baru bagi para wisatawan yang sebelumnya tidak pernah menyangka bahwa dibalik stigma daerah gersang, Gunungkidul ternyata memiliki air terjun indah. Dimanakah air terjun Sri Gethuk itu? Berikut saya suguhkan peta arah lokasi air terjun Sri Gethuk Gunungkidul tersebut.

Air Terjun Sri Gethuk adalah obyek wisata unggulan di Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Berdekatan dengan lokasi Goa Rancang Kencana yang telah lebih dulu tenar, air terjun Sri Gethuk dapat diakses dengan kendaraan pribadi karena sementara ini, angkutan yang menuju obyek wisata tersebut belum tersedia. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dari jalan Wonosari-Yogya, sekitar 3 km kearah selatan, dan memutar ke barat sejauh kurang lebih 7 km.

Jika sobat masih bingung, berikut penjelasan singakat peta arah lokasi air terjun Sri Gethuk Gunungkidul tersebut. Dari Yogya, sobat dapat mengambil arah ke Wonosari. Setelah melalui bukit Patuk dan jalan berkelok-kelok, Sobat akan menemukan perempatan Gading, atau traffic light pertama. Dari titik ini, sobat harus mulai siap-siap melambatkan kendaraan karena sekitar 20 meter kedepan, traffic light kedua akan sobat temui. Traffic light tersebut berada di pertigaan Gading, dimana di sebelah kiri akan sobat lihat Lapangan Udara AAU Gading. Pada titik ini, sobat ambil yang arah kanan menuju Kecamatan Playen.

Setelah kurang lebih 3 km memacu kendaraan, sobat akan sampai di perempatan Playen, ditandai dengan gerbang Kecamatan di sebelah Puskesmas. Dari titik ini, sobat ambil arah kanan, namun harap pelan-pelan karena ada tikungan setelah 20 meter kekanan. Di tikungan tersebut, akan ada pertigaan kecil, sobat terus saja mengikuti jalan aspal yang lebih lebar menuju Kecamatan Paliyan. Sekitar 600 meter kearah selatan, sobat akan dihadapkan pada perempatan yang lumayan kecil, dengan tanda penjual tebon (pakan ternak) di sebelah kanan jalan. Disitulah sobat harus belok kanan, menyuuri jalan beraspal yang sedikit lebih jelek kualitasnya dari jalan Playen-Paliyan.

Mulai dari perempatan ini, sobat harus berhati-hati karena jalan aspal yang sobat lalui akan diwarnai dengan beberapa lubang. Kondisi ini akan sobat temui selama kurang lebih 5 km, hingga sobat menemukan sebuah pertigaan kecil sebelum mengambil arah kanan menuju Desa Bleberan. Sebuah gardu ronda, gapura, serta petunjuk arah ke air terjun Sri Gethuk akan sobat temui di pertigaan tersebut. Mulai pertigaan itu pula, sobat akan menelusuri jalan aspal yang kondisinya relatif baru, lebih bagus, namun cukup sempit untuk papasan kendaraan.

Mulai dari pertigaan itu, sobat dapat menikmati suasana Desa Bleberan menuju arah Padukuhan Menggoran dimana air terjun Sri Gethuk berada. Jika sobat ingin mengunjungi Goa Rancang Kencana tersebih dahulu, sobat dapat mengambil arah kanan, untuk selanjutnya jalan memutar menuju air terjun Sri Gethuk. Semoga gambar manual yang saya berikan diatas dapat membantu sobat dalam memahami peta arah lokasi air terjun SriGethuk Gunungkidul. Selamat berwisata.