Tips Jitu Menghentikan SMS Spam


Seringkali kita gemas mendapat kiriman sms dari nomor asing. Tergesa-gesa melihat hp dengan harapan ada kabar baik yang dikirim teman atau keluarga, ternyata yang kita lihat hanya promosi suatu produk atau jasa yang belum tentu benar adanya. Berkali-kali, atau bahkan seringkali sms seperti itu mengganggu aktivitas kita, bahkan pada jam-jam istirahat sekalipun. Jika sobat mengalami hal seperti itu, berikut tips jitu menghentikan SMS spam.

Sebelum masuk ke metode penghentian sms spam tersebut, ada baiknya kita memahami dulu mengapa sms seperti itu sering kita alami. Apakah si pengirim tidak lelah mendistribusikan pesan promosi tersebut ke berbagai nomor? Berapa lama waktu yang ida butuhkan untuk mengirim ribuan sms? Inilah hal-hal yang harus kita ketahui sebelum masuk ke inti topik.

Pada dasarnya, sms spam yang sering kita terima bukanlah dikirim langsung melalui hp, sehingga tentu tidak akan melelahkan si pengirim. Justru si pengirim akan ketagihan karena mereka hanya butuh satu klik saja untuk mengirimkan sms spam itu ke ratusan, atau bahkan ribuan nomor. Pengiriman masal seperti itu dikenal dengan istilah SMS Caster, yaitu software yang digunakan untuk mengirim pesan singkat (sms) secara masal.

Alat yang dibutuhkan pengirim pun cukup sederhana, mereka hanya memerlukan hp, komputer, dan software SMS Caster. Dengan instalasi yang cukup mudah dan memanfaatkan paket sms gratisan dari promo operator seluler saat ini, puluhan ribu sms akan terkirim dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Selaras dengan hukum probabilitas, dari sekian ribu penerima sms, tentu ada satu atau dua orang yang merespon dan selanjutnya termakan oleh rayuan si pengirim. Mudah bukan? Tapi..don’t try this at home! Hehehe.

Masuk ke langkah dan tips jitu menghentikan SMS spam, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu:

Pertama, blacklist nomor yang sering mengirim sms spam tersebut dari daftar kontak sobat sekalian. Kebanyakan hp saat ini telah menyediakan fitur blacklist nomor seperti itu sehingga memudahkan upaya kita memblokir sms spam.

Kedua, cari dan install software yang berfungsi memblokir pesa-pesan seperti itu di internet. Dengan kata kunci “software blokir sms” sobat akan diarahkan ke beberapa link untuk mengunduh software sejenis (maaf tidak saya rekomendasikan software apapun agar tidak dikira promosi).

Ketiga, hubungi provider sobat untuk memblokir nomor-nomor penyebar sms spam tersebut. Jika perlu, langsung ke graha pelayanan provider terdekat agar keluhan sobat sekalian segera diproses.

Keempat, mari kita dukung Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam merevisi Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2009 tentang aturan Layanan Pesan Singkat dan Jasa Pesan Premium untuk meminimalisir atau bahkan melenyapkan praktek-praktek pengiriman sms spam dari keseharian kita.

Demikian tips jitu menghentikan SMS spam. Semoga bermanfaat.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar