Cara Mengisi Pulsa Listrik Prabayar PLN



Beberapa waktu yang lalu, ada seorang teman menanyakan tentang cara mengisi listrik prabayar PLN. Meski sederhana, ternyata tidak semua orang mengetahui bagaimana mengisikan pulsa listrik PLN tersebut. Berikut sekilas tentang pengisian listrik prabayar PLN.

Pada dasarnya, metode pengisian  listrik prabayar PLN sama dengan pengisian pulsa handphone pada umumnya. Pulsa ini juga dijual bebas. Langkah-langkahnya pun cukup mudah yaitu:


  1. Beli pulsa, layaknya sobat membeli pulsa handphone biasa, bisa di counter hp, ATM, maupun mobile banking;
  2. Sobat akan menerima 20 digit angka yang disebut token,
  3. Masukkan 20 digit token tersebut ke meteran listrik prabayar sobat
  4. Tekan enter (biasanya berupa tombol oranye atau tanda panah kekiri)
  5. Selesai, kWh akan bertambah sesuai dengan nominal pulsa yang sobat beli dan daya listrik yang sobat gunakan
Itulah langkah-langkah mengisi listrik prabayar PLN. Pulsa listrik prabayar berkisar dari 20 ribu hingga 1 juta rupiah jadi sobat bisa memilih nominal manapun sesuai keiginan. Umumnya meteran listrik prabayar akan berbunyi jika pulsanya akan habis. Namun demikian, sobat bisa menambahkan pulsa listrik tersebut kapanpun karena akan menambah nominal pulsa di meteran tersebut.

Yang perlu diketahui bahwa dalam sistem listrik prabayar, tidak ada masa tenggang maupun masa aktif. Nyala listrik hanya akan didasarkan ketersediaan pulsa di meteran tersebut. Selama pulsa masih tersisa, sampai kapanpun listrik akan tetap menyala. 


Sebalikya, jika tidak ada pulsa, berapapun lama kita menunggu, listrik tersebut tidak akan menyala. Inilah alasan mengapa listrik prabayar sangat cocok digunakan pada vila, kos-kosan, maupun pertokoan karena meskipun tidak dipakai dalam jangka waktu lama, pemilik tidak harus membayar beban pemakaian.

Demikian seputar cara mengisi listrik prabayar PLN. Semoga bermanfaat dan bertindaklah hemat dalam memanfaatkan fasilitas listrik sobat sekalian. Salam 

Kategori:

8 komentar:

  1. punya saya gangguan mulu nih, masa ngisi pulsa tapi listriknya ga mau nyala padahal tertera sudah bertambah dimeternya

    BalasHapus
  2. @Akhmad Nafarin: Wah, ikut prihatin Sob, mungkin permasalahan ada di jalurnya, bukan di meterannya. Kalo memang meterannya, lapor aja ke PLN, karena kalo kita utak-atik sendiri, sangat berisiko kena denda kalo segelnya rusak.

    BalasHapus
  3. Isi pulsa 50rb setelah seminngu kemudian sisa 30rb pada siang hari, dan pada malam harinya pukul 21.00 listrik mati setelah saya cek pulsa tinggal nol.. Dan kejadian ini sudah letiga kalinya.. PLN sengaja menyedot pulsanya atau gmn sih?

    BalasHapus
  4. @Makucit: Coba dulu cek instalasi Sob, siapa tahu bocor atau ada loss yang tidak disadari...Untuk lebih amannya, bisa menanyakan dan meminta saran langsung ke PLN....

    BalasHapus
  5. Listrik Pra Bayar emang agak ribet pengisiannya, tapi untuk rumah yang sering ditinggal jadi sangat irit..

    BalasHapus
  6. gan gimana cara mengatasi listrik pulsa yang tiba2 mati, sedangkan pulsanya masi ada, ???? mohon sharingannya gan

    BalasHapus
  7. tolong kasih tau bos saya isi pulsa,kok lampu indikatornya tetep nyala mana bunyi lagi

    BalasHapus
  8. @MobiAndroid: Cek jalurnya dulu Sob, siapa tahu ada yang putus....Kalo semua ok, mungkin meterannya yang error...Lapor aja ke PLN kalo masalahnya meteran...
    @Zasun GB: Udah ada notifikasi berhasil atau pulsa diterima belum sob? Kalo udah, berarti meterannya yang error...

    BalasHapus