Larangan dalam Merawat Ponsel Android



Merawat  hp atau ponsel Android memang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang perlu kita pahami dan kita ketahui terkait karakteristik ponsel yang sistemnya didukung langsung oleh raksasa mesin pencari, Google, tersebut. Berikut beberapa larangan dalam merawat ponsel Android agar fungsinya dapat optimal.



  • Jangan terpaku pada sistem operasi bawaan. Usahakan membeli ponsel Android yang OS-nya dapat diupgrade karena Google selalu memperbaharui sistemnya.
  • Jangan langsung mengupgrade OS versi terbaru jika telah tersedia. Cek Prosesor, RAM, dan hal-hal mendasar lain sehingga ponsel sobat tidak terlalu berat loading maupun memainkan aplikasi lain.
  • Jangan mendownload aplikasi asing yang belum tentu keamanannya. Meski termasuk open source, Android masih memiliki gap untuk dimasuki virus.
  • Jangan mengijinkan aplikasi asing untuk mengakses data-data diri jika sobat tidak mengetahui peruntukkannya. Beberapa aplikasi dirancang hanya ingin muncuri data diri sobat sekalian.
  • Jangan menginstal aplikasi dan menyimpan file di memori internal. Gunakan space yang ada di memori eksternal agar kinerja sistem tidak terganggu.
  • Jangan menginstal aplikasi-aplikasi berat kecuali benar-benar dibutuhkan. Aplikasi berat seperti game-game tertentu membutuhkan space sekaligus tenaga lebih sehingga membuat baterai boros.
  • Jangan terlalu konsumtif dengan beragam update aplikasi maupun program karena selain membuat baterai boros, biaya koneksi internet sobat juga akan membengkak, kecuali telah berlangganan paket unlimited.
Memang dalam memanfaatkan ponsel Android, koneksi internet layaknya sebuah syarat utama agar manfaat gadget ini dapat optimal. Namun demikian, jika sobat tidak terlalu memerlukan notifikasi langsung atas email atau aplikasi-aplikasi lainnnya, mematikam koneksi internet dan menghubungkannya kembali ketika ponsel mau digunakan akan sangat menghemat baterai juga daya tahan ponsel itu sendiri.

Demikian sekilas tentang larangan dalam merawat ponsel Android. Banyak sekali rahasia dan manfaat yang terpendam dalam ponsel besutan Google ini namun dengan selalu mengetahui bagaimana merawat ponsel ini, sobat akan menemukan rahasia-rahasia tersebut nantinya tanpa harus mengganti yang baru. Salam Android.

Kategori:

2 komentar:

  1. nice info, kunjungi & komen di
    http://www.ilmu-android.blogspot.com

    BalasHapus
  2. @admin ari: Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus