Pengaruh Piksel pada Kamera Ponsel


Dijaman yang serba digital ini, seringkali kita mengupload foto-foto di jejaring sosial dengan gaya narsis. Seiring dengan trend dan kebutuhan itu, tidak jarang kita mencari ponsel yang dilengkapi dengan kamera berpiksel besar. Sebenarnya, apa pengaruh piksel pada kamera ponsel? Berikut penjelasan singkat dari seorang teman yang hobi fotografi.

Seringkali kita menganggap bahwa piksel pada kamera ponsel adalah faktor utama penentu kualitas gambar atau foto yang dihasilkan sehingga besarnya piksel tersebut sering menjadi salah satu pertimbangan mendasar dalam pemilihan ponsel. Namun ternyata, seorang teman fotografer menjelaskan bahwa piksel bukanlah faktor utama penentu kualitas gambar pada kamera ponsel maupun kamera digital pada umumnya.

Piksel dalam kamera ponsel memang akan berpengaruh pada kualitas gambar ketika dicetak dalam ukuran tertentu. Semakin besar piksel, gambar atau foto terlihat akan semakin jelas ketika dicetak dalam ukuran besar. Namun jika hanya untuk diupload di jejaring sosial maupun dicetak dalam ukuran 4R, besarnya piksel yang umumnya ada di kamera ponsel saat ini telah jauh dari cukup.

Pengaruh piksel pada kamera ponsel tidaklah terlalu signifikan. Sebenarnya, faktor penentu utama dari kualitas gambar yang dihasilkan kamera ponsel adalah kualitas dari kamera atau lensa kamera itu sendiri. Hal ini berarti ponsel dengan kekuatan kamera 5 megapiksel belum tentu hasil gambarnya lebih bagus dari ponsel dengan kamera 2 megapiksel.

Pernyataan ini dapat saja kita buktikan dengan membandingkan dua ponsel dari merk berbeda yang memiliki kamera dengan besaran piksel yang sama. Coba sobat ambil foto dengan kedua ponsel kamera tersebut dan lihat hasilnya di komputer, bukan di layar ponsel masing-masing. Kualitas gambar tentu akan berbeda, tergantung kualitas lensa kamera yang dipakai kedua ponsel beda merk tersebut.

Singkatnya, pengaruh piksel pada kamera ponsel tidaklah terlalu signifikan dibanding kualitas lensa yang digunakan. Untuk itu, jika sobat hanya ingin ber-narsis ria di jejaring sosial dengan mengupload foto melalui kamera ponsel, sobat tidak harus memiliki ponsel dengan kamera yang berpiksel besar. 

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar