Tips Membersihkan Getah Nangka di Tangan

Advertisement

Siapa yang tahan melihat nangka kuning segar nan mengoda selera? Bagi penggemarnya, nangka memiliki citarasa khas yang memanjakan lidah. Akan tetapi, mengkonsumsi nangka tentu membawa risiko terkena getahnya. Bagaimana mengatasinya? Berikut tips membersihkan getah nangka ala Blogger Gundul.

Sering kita langsung menuju sumber air setelah selesai mengkonsumsi nangka segar. Tangan yang belepotan getah nangka menjadi tidak fleksibel, benda apapun serasa lengket di telapak tangan maupun sela-sela jari sehingga jika tidak langsung dibersihkan, tentu kita akan merasa tidak nyaman bergerak.

Akan tetapi, membersihkan getah nangka yang menempel di tangan dengan air justru membuat getah tersebut semakin terasa lengket. Tapi jangan kuatir karena sebenarnya getah nangka tersebut mudah dibersihkan, hanya dengan langkah-langkah mudah serta bahan-bahan yang banyak tersedia di dapur. Bagaimana prosesnya? Berikut tipsnya.

  1. Siapkan tepung tapioka secukupnya, jangan banyak-banyak karena mau dipake emak goreng pisang, hehehe
  2. Ratakan tepung tersebut ke seluruh permukaan tangan dan jari yang terkena getah nangka secara merata
  3. Gosok pelan-pelan tepung tersebut, terutama di permukaan tangan yang banyak terkena getah
  4. Angkat getah-getah yang masih menempel di tangan dan buang pada tempatnya,
  5. Diamkan beberapa saat sehingga tangan terasa kesat dan pastikan getah telah terangkat semuanya
  6. Cuci bersih dengan air, kalo perlu dengan sabun cuci piring
Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan getah nangka yang telah menempel di tangan. Namun jika sobat tidak ingin repot-repot menghilangkan getah nangka dari tangan, sebelum makan nangka, lumuri jari atau tangan dengan minyak goreng secukupnya. Dengan permukaan yang cukup licin, getah nangka akan sulit menempel di tangan sobat sekalian. Tapi jangan banyak-banyak ya, kasihan emak yang dah susah payah membeli minyak goreng, hehehe. 

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger