TV untuk Akses Internet



Saat ini, teknologi berkembang sedemikian pesat. Beragam kemudahan dapat kita akses dengan biaya yang relatif semakin murah, termasuk koneksi internet, yang bukan hanya pesat peningkatan kuantitasnya namun juga kualitasnya sehingga munculah produk TV untuk mengakses internet.

Pada dasaranya, TV saat ini dirancang fleksibel, bukan hanya dalam segi bentuk yang semakin ramping dan ringan, namun juga fungsi yang juga semakin beragam. TV saat ini dihadirkan dengan berbagai fitur, termasuk untuk mengakses internet. Bagaimana caranya? Pada prinsipnya ada dua metode yaitu:

Menghubungkan TV langsung dengan modem
Dalam fungsi ini, TV layaknya sebuah laptop yang langsung dapat dikoneksikan dengan internet, baik dengan modem internal maupun eksternal. Pada beberapa produk, TV telah dilengkapi dengan modem internal sehingga langsung dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa tambahan adapter lain. Bahkan beberapa TV juga telah dilengkapi koneksi nirkabel (wireless) sehingga dapat menangkap sinyal hotspot.

Memanfaatkan TV sebagai layar lebar
TV yang diproduksi saat ini umumnya dilengkapi dengan sejumlah port/colokan pendukung seperti HDMI-Out, VGA, DVI, ataupun S-Video. Jenis-jenis colokan tersebut dapat difungsikan sedemikian rupa sehingga TV dapat kita manfaatkan sebagai monitor tambahan laptop atau komputer PC sebagai alat utama koneksi internet.

Memang sekilas fungsi TV untuk akses internet sangat berkembang seiring kebutuhan kita akan koneksi internet. Namun saat ini, masih ada keterbatasan terkait fungsi TV untuk mengakses internet jika dibandingkan dengan laptop atau PC yang telah dilengkapi papan ketik. Untuk itu, mayoritas pemilik TV dengan fitur internet saat ini hanya memanfaatkan alat ini untuk streaming video, video conference, maupun melihat TV online yang telah disediakan beberapa stasiun TV.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar