Wedang Uwuh, Minuman Sehat Khas Imogiri



Mendengar nama wedang uwuh, minuman sehat khas Imogiri, Bantul, Yogyakarta, sekilas memang aneh. Betapa tidak, wedang uwuh dalam bahasa Indonesia berarti minuman sampah. Namun kenapa minuman ini sangat terkenal? Mari kita telusuri.

Wedang uwuh merupakan minuman sehat yang dikembangkan pertama kali secara tradisional oleh Ibu Wajirah, seorang warga Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah alami yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti jahe, cengkeh, secang, daun kayu manis, daun pala, dan lain sebagianya.

Awal mula sebutan wedang uwuh memang identik dengan penampilan sajian minuman itu sendiri. Dihadirkan dalam gelas dengan aneka bahan yang masih dalam bentuk aslinya membuat minuman ini nampak dipenuhi beraneka ragam rempah, yang sekilas nampak seperti tumpukan sampah (uwuh dalam Bahasa Jawa). Pelanggan maupun penjual yang kesulitan memberi nama pasti dari minuman ini selanjutnya menyebutnya dengan “wedang uwuh.”

Rasanya yang khas serta khasiatnya yang sangat beragam menjadikan wedang uwuh, minuman sehat khas Imogiri ini semain populer, tidak hanya bagi masyarakat sekitar Imogiri, namun juga nusantara. Bahkan akhir-akhir ini, untuk memenuhi permintaan para pelanggan dari segala penjuru negeri, wedang uwuh telah dihadirkan dalam beragam kemasan, baik dalam bentuk original, celup, seduh, instan, maupun sirup.

Sebagai minuman tardisional yang dibuat dari bahan-bahan yang menyehatkan, wedang uwuh dipercaya memiliki khasiat sebagai berikut:

Menurunkan kolesterol
Menyegarkan badan
Menghangatkan badan
Mencegah serta meredakan masuk angin
Sebagai anti oksidan
Melancarkan aliran darah
Menghilangkan pegal dan capek-capek

Jika sobat penasaran atau tertarik mencoba wedang uwuh, silahkan langsung berkunjung ke Imogiri dan merasakan langsung nikmatnya minuman tradisional ini di tempat asalnya. Akan tetapi, jika sobat tidak mau repot, beragam toko online juga sudah menawarkan minuman ini untuk dikirim langsung ke alamat sobat sekalian. Rasakan manfaat wedang uwuh, minuman sehat khas Imogiri.

Kategori:

6 komentar:

  1. memang siiipp nih minuman gan, pa lagi di cuaca dingin dan di temani dengan kacang rebus hehehhehee...mak glenderrr...

    Nitip lapak wedang uwuh original (http://www.wedhanguwuh.com/p/wedang-uwuh-original.html) yah gan....


    Terima kasih

    BalasHapus
  2. @Nurul: Emang sip tuh Sob..Monggo, silahkan. Semoga banyak order, hehehhe..

    BalasHapus
  3. iya ya, saya mau jualan wedang uwuh karena tempat saya dekat pinggir jalan raya jalur menuju jawa tengah dan jawa timur berapa ya harga satu bungkus/gelas nya

    BalasHapus
  4. @Sukarno Karno: Wedang uwuh memang sudah banyak diminati Sob, untuk perhitungannya, tanya langsung ke Bang Nurul diatas (Komentator pertama), beliau dah lama jualan wedang Uwuh, ya kan Bang?

    BalasHapus
  5. Kontak & SMS :
    - +6281392977979 ( Telkomsel )
    - +6285642335089 ( Indosat )
    - +6281904131899 ( XL )
    - +622747849189 ( Flexi )
    - 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Twitter @angkringanjogj

    Alamat :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783

    BalasHapus
  6. sangat mantap nih kayaknya kalau diminum pas di siang hari begini...udah enak sehat lagi,,,hehe

    ditunggu kunbalnya min di >> sehatkancantik.blogspot.com

    BalasHapus