Android TV Box, CPU Komputer Gaya Baru

Di tengah merebaknya demam Android, kita diperkenalkan dengan sebuah alat super mini yang berfungsi layaknya CPU pada komputer jaman dulu, yang saat ini populer dengan sebutan Androix Box. Dengan wujud fisik yang sedemikian kecil, hanya seukuran booster TV, alat ini sangat praktis dan fleksibel. Apa dan bagaimana Androix TV Box ini? Mari kita lihat lebih mendalam.

Android Box atau juga dikenal dengan nama Android TV Box atau sekedar Android TV merupakan perangkat mini PC portable yang telah dijejali sistem Android, layaknya Android tablet maupun phone dengan sejumlah port pendukung. Android TV Box ini umumnya hanya berisi prosesor, RAM dan tanpa memori penyimpanan permanen yang memadai. Sebagai konsekuensinya, beberapa port pendukung disematkan untuk menunjang kinerja perangkat unik ini.

Layaknya CPU, Android TV Box ini dapat menjadi perangkat pemrosesan data dengan basis sistem Android. Kita dapat menginstal beberapa aplikasi, dan memanfaatkan perangkat ini layaknya CPU dengan bantuan monitor sebagai visualisasinya. Untuk tujuan ini, biasanya Android TV Box dipadukan dengan TV-TV layar datar saat ini, baik tipe LCD, LED, maupun Plasma dengan bantuan kabel VGA, HDMI, atau kabel video lainnya. 

Memasang Android TV Box ini pun lumayan mudah, karena umumnya telah dilengkapi dengan colokan USB untuk keyboard dan mouse, slot SD/SDHC untuk memori eksternal tambahan, yang juga berfungsi sebagai hardisk, RJ45 Port untuk koneksi LAN, HDMI Port untuk layar monitor (TV), port power, dan lain-lain. Setelah semua terkoneksi, sobat hanya perlu menyesuaikan perangkat-perangkat keras tersebut layaknya menambahkan perangkat baru pada CPU model lama.

Android TV Box ini sebenarnya merupakan perangkat tambahan untuk mengoptimalkan fungsi TV flat kita yang sering kita pajang di ruang tamu. Dengan kemampuannya untuk dikoneksikan dengan internet, Android TV Box ini sering dimanfaatkan sebagai media pembelajaran internet bagi keluarga, khususnya melalui TV keluarga yang umumnya diletakkan di ruang keluarga.

Nah, jika sobat terarik dengan Android TV Box, CPU Komputer Gaya Baru ini, silahkan hunting merk dan spek yang sobat sukai. Harganya pun juga bervariasi, dari kisaran 500 ribu Rupiah hingga 3 juta Rupiah. Semoga bermanfaat dan salam Android.


Kategori:

5 komentar:

  1. wah asyik ni, tuk harga yang termurah kira2 spek ma fiturnya kayak apa ya

    BalasHapus
  2. referensi yg bagus, merk apa om ?

    BalasHapus
  3. ketok e nek aku seng ngekost ra guno ngene ki om :D
    ttp enak tuku tv wae

    BalasHapus
  4. @Pendowo: Wah, yang seharga 500an paling 800 Mhz processor, and RAM 512 Bro..tapi dah lumayan kalo cuman untuk browsing dan main FB di layar lebar, hehhehe...
    @BimaSakti85: Wah, rata-rata Merk China tuh Om yang nyampe Indo...Tunggu aja merk-merk ternama berkiprah ya..klo merk China bagus dalam teknologi tapi masih banyak yang sanksi dalam segi kualitas.
    @Tomi: Wah, kan bisa buat nonton TV online Om, kasih tuh dinding kos yang 42 inch, trus puas-puasin nonton TV online via Android TV Box, xixixiixi
    @All: Thanks dan berkunjung n keep support ya, heheh

    BalasHapus
  5. Maaf om, klo mnurut njenengan yg speknya udh lmayan tp hrganya gk trlalu mhal merk apa ya om...? Mtur thankz...:D

    BalasHapus