Budaya Barat Yang Perlu Kita Tiru


Seringkali kita memojokkan budaya bangsa Barat dengan stigma negatif dan sering harus dihindari dalam kehidupan. Sebenarnya, apakah budaya Barat sepenuhnya seperti itu? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus mampu memilah budaya mana yang baik dan mana yang buruk. Dari sekian ragam budaya dan kebiasaan itu, berikut Blogger Gundul sajikan yang perlu kita tiru.

Tepat Waktu
Cobalah mengadakan janjian dengan mereka, mayoritas orang Barat sangat menghargai waktu sehingga jika janjian jam 7, maka mereka akan siap pada jam tersebut, dan jika terlambat satu menit saja, mereka pasti minta maaf. Bukankah ini sebuah budaya yang perlu kita tiru di tengah fenomena jam karet yang selama ini kita hadapi?

Fokus
Orang Barat umumnya sangat fokus pada tujuan, cita-cita, minat, maupun hobbinya sehingga totalitas mereka pada sesuatu akan sangat kentara. Itulah mengapa kita sering melihat orang Barat sangat ahli dalam bidangnya. Apapun risikonya, mereka tetap tak bergeming untuk menggeluti profesi maupun hobbi masing-masing.

Mandiri
Mayoritas orang Barat sangat mandiri. Mereka tidak mau merepotkan orang lain. Hal ini umumnya terlihat ketika mereka membawa barang yang nampak sangat banyak, namun jika kita menawarkan bantuan, sering mereka menolaknya jika memang mereka sendiri masih mampu membawanya.

Penghargaan
Orang Barat sangat menghargai sesamanya. Mereka sangat menaruh perhatian pada sikap, perilaku, dan profesionalitas seseorang. Ketika mereka puas terhadap seseorang, tidak segan-segan mereka mengeluarkan hadiah atau uang untuk menghargai kinerja orang tersebut. Hal ini terlihat ketika mereka memberikan uang tips di dunia perhotelan maupun pariwisata.

Nah, itulah beberapa budaya bangsa Barat yang sebenarnya positif dan perlu kita tiru. Memang sebagian mereka sudah terbiasa dengan hidup tanpa ikatan nikah, berpakaian terbuka, serta minum-minuman beralkohol, namun diantara kebiasaan tersebut, masih ada sisi-sisi positif budaya Orang Barat yang perlu kita teladani. Salam.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar