Cara Menghidupkan Motor Yang Baik

Advertisement

Menghidupkan motor memang sangat mudah dengan keberadaan starter listrik. Akan tetapi pada saat-saat tertentu, kemudahan tersebut hendaknya kita tinggalkan agar motor kita awet. Jadi, bagaimana sebenarnya cara menghidupkan motor yang baik itu? Berikut ulasan singkatnya.

Beberapa bengkel yang Blogger Gundul temui memberikan saran bahwa dalam menghidupkan motor pada waktu-waktu tertentu, kita seharusnya tidak langsung memencet starter listrik yang umumnya ada di bagian tertentu di stang. Hal ini dikarenakan daya aki akan tersedot secara langsung dan dapat menjadikannya cepat rusak (tekor) karena bekerja agak berat untuk menghidupkan mesin yang sering tidak berhasil dalam satu atau dua kali pencetan.

Menghidupkan motor pada saat-saat tertentu, seperti ketika di pagi hari dalam suasana dingin, lama tidak terpakai di garasi, atau sewaktu kita ambil dari penitipan motor disarankan untuk menggunakan kick starter atau starter kaki. Agar lebih rinci, berikut langkah-langkahnya:

  • Pakailan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Hal ini untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.
  • Tarik tuas Choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.
  • Setelah beberapa waktu mesin hidup, tarik kembali tuas Choke ke posisi minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan.
  • Manfaatkan electric starter hanya ketika mesin masih panas untuk menghemat kualitas daya simpan aki.
  • Usahakan untuk tidak memencet electric starter ketika mesin telah hidup karena hal itu tidak baik untuk sistem kelistrikan motor
  
Itulah cara menghidupkan motor yang baik ketika lama tidak dipakai. Agar motor kita awet, memperlakukannya dengan baik tentu akan mengurangi frekuensi kita ke bengkel. Selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger