Kerugian Memanfaatkan PIN BlackBerry sebagai Identitas


Di tengah popularitas BlackBerry di Indonesia, semakin banyak pula pengguna gadget ini yang menjadikan PIN BlackBerry sebagai identitas pribadinya. Bahkan tidak jarang sesama pengguna tidak memiliki nomor kontak lain selain PIN tersebut sehingga ketika mereka ingin berkomunikasi, satu-satunya cara hanya melalui layanan BBM. Untuk itu, berikut Blogger Gundul sajikan beberapa kerugian memanfaatkan PIN BlackBerry sebagai identitas.

Ketika sobat menggantungkan komunikasi dengan saudara, sahabat, atau rekan bisnis hanya pada nomor PIN BlackBerry mereka, sobat harus memahami bahwa fleksibilitas PIN BlackBerry sangatlah terbatas. Mengapa? Karena kharakteristik PIN BlackBerry memiliki kelemahan sebagai berikut:

Menempel pada Gadget
Tidak seperti nomor telepon yang dapat dipindah-pindah ke berbagai handphone, PIN BlackBerry umumnya hanya melekat pada gadget tertentu. Hal ini tentu membuat kita terpaku pada satu gadget BlackBerry, sehingga jika gadget ini rusak, hilang, atau diganti yang baru, PIN tersebut tidak dapat kita pertahankan.

Mudah Hilang
Seiring dengan melekatnya PIN tersebut pada BlackBerry tertentu, PIN akan berpindah tangan jika kita jual gadget tersebut, baik karena rusak maupun karena ingin ganti model yang lebih baru. Ketika pergantian gadget ini terjadi, berarti kita harus merelakan PIN tersebut berpindah tangan.

Dapat Disalahgunakan
Ketika gadget BlackBerry dimana PIN yang kita jadikan identitas tersebut dicuri orang, PIN akan berpindah tangan sepenuhnya dibawah kendali orang yang tidak bertanggungjawab. Akibatnya, PIN dapat saja disalahgunakan untuk menipu saudara, sahabat, atau rekan bisnis .

Hanya Untuk sesama Pengguna
PIN BlackBerry saat ini hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi antar sesama pengguna BlackBerry. Ini berarti PIN tersebut merupakan sebuah eksklusivitas yang terbatas pada sebuah komunitas sehingga tidak dapat diterapkan kepada komunitas diluar pengguna BlackBerry.

Tergantung Penggunaan Paket
PIN BlackBerry hanya akan dapat dimanfaatkan ketika kita dan lawan komunikasi kita sama-sama memakai salah satu paket BlackBerry yang memungkinkan pengguna PIN untuk berkomunikasi melalui layanan BBM. Ini berarti ketia salah satu dari pengguna BlackBerry berhenti berlangganan paket, baik karena lupa tidak memperpanjang atau kehabisan dana, komunikasi melalui layanan BBM tidak dapat dilakukan.

Itulah beberapa pertimbangan serta kerugian memanfaatkan PIN BlackBerry sebagai identitas. Selalu sediakan back-up nomor telepon atau kontak lain ketika sobat memutuskan untuk bertukar PIN BlackBerry sehingga jika beberapa hal tersebut terjadi, sobat masih dapat terhubung dengan saudara, sahabat, maupun rekan bisnis sobat sekalian. Semoga bermanfaat. Salam

Kategori:

2 komentar:

  1. Wah benar juga tuh! Untung saya nggak punya BB. :)

    BalasHapus
  2. @Tongkonanku: Heheheh, gimana mau punya BB, pecinta Android kok mau selingkuh, xixixiixix..Thanks dah mampir Om...

    BalasHapus