Pilih BlackBerry GSM atau CDMA

Advertisement
Popularitas BlackBerry sebagai smartphone yang menawarkan eksklusivitas tersendiri bagi para penggunanya dengan PIN uniknya nampaknya masih bertahan di negeri ini. Betapa tidak, dengan iming-iming layanan BBMnya, BlackBerry masih saja menjadi buruan bagi semua kalangan, terlebih hampir semua operator menurunkan biaya paket BlackBerrynya untuk menarik lebih banyak pengguna. Ironisnya, masih ada yang bingung untuk memilih BlackBerry GSM atau CDMA. Bagaimana menentukannya? Mari kita telusuri.

BlackBerry di Indonesia mulai populer beberapa tahun terakhir karena harganya yang semakin terjangkau. Bukan hanya melalui Black Market (BM), BlackBerry di konter-konter resmi pun saat ini banyak yang dibanderol kurang dari 2 juta rupiah. Selain itu, paket BlackBerry yang ditawarkan operator juga mengalami penurunan yang cukup drastis, terutama melalui promo-promo khusus yang sangat menggiurkan. 

Akan tetapi, beberapa pengguna pemula masih bingung dalam menentukan BlackBerry jenis apa yang ingin dibeli, GSM atau CDMA. Untuk menjawab kebingungan ini, berikut Blogger Gundul sajikan beberapa pertimbangan yang mungkin saja bermanfaat bagi sobat yang ingin memiliki BlackBerry baru, yaitu diantaranya:


  • BlackBerry GSM umumnya dijual dalam mode RUIM, baik bundling maupun bebas. Hal ini memungkinkan sobat memilih kartu GSM mana yang ingin dipakai, sesuai jangkauan sinyal maupun harga paket BlackBerry yang ditawarkan masing-masing operator.
  • BlackBerry CDMA umumnya dijual dengan sistem inject, dan biasanya bundling dengan operator tertentu. Bahkan meskipun sobat menemukan BlackBerry yang dijual secara tidak resmi, gadget tersebut umumnya juga dijual dalam mode inject sehingga sobat harus menghubungi operator tertentu untuk menyuntikkan nomer kesayangan sobat.
  • Pilihan operator BlackBerry GSM lumayan lebih variatif jika dibandingkan yang CDMA. Hal ini menyebabkan persaingan harga paket BlackBerry di jaringan GSM relatif lebih murah. Sementara itu, BlackBerry CDMA masih cukup sulit mencari operator yang menawarkan harga kompetitif karena persaingan di jaringan ini lumayan masih longgar.
  • Jaringan operator GSM lebih merata dibandingkan CDMA, khususnya di beberapa wilayah pedesaan. Kecuali jika sobat ingin memanfaatkan BlackBerry secara fleksibel hingga di wilayah pedesaan, jaringan GSM maupun CDMA di kota umumnya sama-sama bagus.

Itulah sekelumit pertimbangan dalam memilih BlackBerry GSM atau CDMA. Pilihan ada di tangan sobat sekalian. So, manfaatkan segala informasi untuk menentukan pilihan. Salam.


1 komentar:

Powerbank untuk BlackBerry mengatakan...

Untuk fleksibilitas dan mobilitas yang tinggi, BB GSM lebih menjanjikan...

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger