Tips Membuat Lampu TL Mudah Menyala

Advertisement

Sobat masih memiliki lampu TL yang panjang dan sangat memakan tempat itu? Sobat kesulitan menghidupkannya? Mungkin trik ini sudah usang seiring popularitas lampu elektrik yang kian murah dan hemat listrik, namun bagi sobat yang membutuhkan, berikut Blogger Gundul sajikan tips membuat lampu TL mudah menyala.

Dalam tips ini, Blogger Gundul tidak akan menyajikan bagaimana lampu TL bekerja namun bagaimana kita dapat memanfaatkan jenis lampu ini dengan nyaman, tanpa harus repot-repot memencet saklar sedini mungkin agar lampu ini dapat menyala. Terlebih ketika kita tinggal di daerah yang sumber arus listriknya kurang ataupun tidak stabil, menyalakan lampu TL di malam hari akan sangat sulit dan sering hanya berkedip-kedip semata.

Lampu TL sendiri yang dikenal dengan istilah lampu flourecent ini mampu mengubah energi listrik menjadi energi cahaya sehingga menjadi media penerangan yang cukup baik. Komponen utama dari rangkaian lampu ini adalah lampu itu sendiri, kabel, starter, dan ballast atau sering disebut dengan trafo.

Agar lampu TL dapat menyala dengan mudah, disarankan dalam pemasangan rangkaiannya, sobat memilih ballast atau trafo yang ukurannya lebih besar. Ingat, fungsi utama ballast atau trafo adalah membatasi besar arus dan mengoperasikan lampu pada karakteristik listrik yang sesuai sehingga seolah alat ini adalah pemasok utama arus pada lampu TL.

Sebagai contoh, jika sobat memakai lampu TL 10 watt, usahakan memasang ballast sebesar 15 watt atau 20 watt. Hal ini akan mempercepat TL menyala karena arus yang dikeluarkannya besar untuk menggerakkan TL agar cepat bereaksi.

Namun demikian, selisih watt ini harus tidak terlalu besar, menurut pengalaman paling maksimal 2x dari watt lampu, atau untuk TL 10 watt, ballast maksimal harus 20 watt. Hal ini untuk menjaga keawetan lampu karena jika selisihnya terlalu besar, semisal lampu Tl 10 watt diberi ballast 30 watt, lampu akan mudah terbakar, dengan tanda cepat menghitam pada ujungnya.

Itulah tips membuat lampu TL mudah menyala. Untuk daerah yang memiliki arus listrik lemah, tips ini sangat penting agar lampu TL tetap dapat dinyalakan meskipun pada malam hari ketika lampu-lampu lain telah lebih dahulu menyala. Salam.

2 komentar:

athaa kudanil mengatakan...

Gratis ? Pelatihan Service Lampu TL
Stok Lampu kaca TL. info. 087836685168
http://tabunglampu.blogspot.com/search/label/Pelatihan

Anonim mengatakan...

gan, sy punya mesin lampu pembunuh nyamuk. tau kan?
Nah lampu tl.y ko gk nyala padahal udah ganti lampu dan balast. Tp ko lampu nya masih redup aja.

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger