Tips Memilih Power Bank yang Bagus



Jika sobat ingin membeli power bank, kali ini Blogger Gundul berikan tips memilih power bank yang bagus. Tips ini didasari realita bahwa seiring kebutuhan akan power bank kian meningkat, semakin banyak produsen power bank yang menawarkan produk-produknya dengan aneka promosi yang menggiurkan.

Selama ini, Blogger Gundul memperhatikan bahwa dalam memilih power bank yang bagus dan dapat diandalkan, beberapa pertimbangan diperlukan, khususnya terkait dengan hal-hal berikut ini:

tips memilih power bank yang bagus
Kualitas
Kualitas sebuah power bank bukan hanya akan menentukan kinerja dari power bank itu sendiri, khususnya seberapa cepat dan akurat pengisian energi yang diberikannya, namun juga akan mempengaruhi gadget yang akan kita cas. Jika sembarangan, bukannya gadget kita akan terisi, namun justru merusak daya tampung baterai gadget yang kita sayangi.

Kapasitas
Kapasitas akan menentukan seberapa kali power bank tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengisi baterai gadget kita. Tentu power bank dengan kapasitas besar akan lebih fleksibel digunakan selama beberapa waktu tanpa harus sering men-cas.

Fitur
Beberapa power bank dipasarkan dengan fitur-fitur tambahan. Untuk memaksimalkan alat ini, pilihlah power bank dengan fitur yang variatif, tanpa mengesampingkan fungsi utamanya sebagai portable charger.

Model
Model yang dimaksud disini adalah besar kecilnya power bank sebagai alat portable. Tentu kita menginginkan power bank yang lumayan kecil dan mudah dibawa kemana saja tanpa memakan tempat.

Indikator
Beberapa power bank ditawarkan tanpa lampu indikator sehingga sangat sulit bagi kita untuk mengetahui apakah proses cas gadget kita telah selesai atau belum. Dengan adanya indikator, kita tentu dapat mencegah power bank terlalu lama menancap pada gadget, yang pada tingkat tertentu akan berdampak tidak baik bagi gadget kita.

Colokan
Fleksibilitas power bank menjadi daya tarik tersendiri bagi kegiatan mobile. Untuk itu, memilih power bank dengan variasi colokan yang lengkap akan sangat membantu kita, dan mungkin teman kita yang memakai jenis gadget yang berbeda.

Kelengkapan
Kelengkapan ini termasuk colokan ke listrik (AC Adapter), yang kadang harus memakai segitiga penghubung, sarung atau tempat power bank itu sendiri sehingga aman dibawa, hingga user guide jika sewaktu-waktu diperlukan.

Itulah beberapa pertimbangan dalam ulasan tips memilih power bank yang bagus. Sobat juga dapat melihat video terkait artikel ini dengan kata kunci "tips memilih power bank yang bagus" via Youtube.  Untuk informasi lengkap, baca juga info seputar power bankSemoga bermanfaat dan selamat memilih. Salam.

Kategori:

153 komentar:

  1. Tulisan yang bagus.
    Saya belum pernah pakai Power Bank, namun sempat kontak dengan salah satu importir-nya. Katanya untuk kapasitas 8400mah nge-charge-nya sampai 24 jam, sedangkan kapasitas 11200mah nge-charge-nya sampai 2x24 jam, benar begitu ?

    BalasHapus
  2. @Anonim: Makasih Gan...Sesuai pengalaman, ngecas baterai ukuran 1700 mAh, saya butuh kurang lebih 8 jam, jadi ada benarnya untuk ngecas baterai 8400 mAh bisa nyampe 24 jam. Itu kapasitas baterai yang kita cas lho, bukan kapasitas power bank-nya. Jadi, lama tidaknya kita ngecas, sangat ditentukan oleh kapasitas baterai yang kita cas, bukan kapasitas power bank-nya.

    BalasHapus
  3. Maaf komen di atas tadi gak pakai nama...
    Nah itu dia yang mengurungkan niat saya untuk menggunakan Power Bank, terus terang perangkat bawaan cukup banyak jadi penginnya cari kapasitas yang cukup tinggi, namun dengan lamanya waktu nge-charge... hmmm
    Charger-nya Power Bank berapa ampere ya ?
    Mungkin gak sich Power Bank di charge dengan charger lain yg lebih besar ?

    BalasHapus
  4. @Malik Mt: Pada dasarnya power bank layaknya baterai isi ulang (dengan kemampuan membagi energinya ke baterai lain) sehingga cas-nya tentu lebih bagus memiliki kapasitas diatasnya...Dengan arus yang sama, charger dengan kapasitas diatas power bank akan memperpendek durasi pengecasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm. Jadi gini nih, saya kan punya powerbank yoobao 11200mah, mnurut situs yoobao sndiri full charge powerbanknya 15 jam dgn 5w.. Berarti bisa tuh ya diganti adapternya (kebetulan pake adapter usb) ke power yg lbh besar (ipad) yg berdaya 10w.. Kalo adapter ipad sendiri kalo utk ngecharge iphone mnjadi lebih cepat & mnurut apple sendiri aman kalo dipake utk iphone..
      Nah yg saya tanyakan bisa gak charger ipad ini dipake utk ngecas powerbank yoobao? Logikanya kan mnjadi lbh cepat gak 15jam lagi, mngkin bs lbh cepat..
      Mngkin ada masukan dari anda.. Thanks :)

      Hapus
  5. Wah pembahasan yang menarik...saya ingin beli powerbank, tapi ada kekhawatiran bisa merusak hp-nya. Apa benar penggunaan powerbank yang sering bisa merusak hp atau battery hp-nya? Ada merk yang rekomended ngga untuk powerbank yang ada dipasaran? Terimakasih. Rifat Jogja.

    BalasHapus
  6. Asal spesifikasi dari power bank sama dengan charger bawaan hp menurut saya aman2 aja,misal hp kita chargernya 5volt 1ampere jadi cari power bank dengan output yang sama,kalo amper lebih kecil misal 0,5 ampere tetep bisa cuma butuh waktu lebih lama.
    kapasitas power bank harus lebih besar dari kapasitas batrai hp supaya hp bisa terisi penuh.
    Saya sendiri pake power bank rakitan sendiri sampe sekarang aman2 aja.

    BalasHapus
  7. @Rifat Jogja: Power bank layaknya charger bagi baterai, jadi penggunaannya tentu relatif, umumnya tidak merusak kok jika pemakaian normal sesuai aturan. Seperti yang dikatakan @Anonim. Makasih telah menambahkan.

    BalasHapus
  8. merk yg bagus apa gan?? heheee
    lagi nyari ni soalnya :) tx

    BalasHapus
  9. @Syashop: Wah, klo merk relatif Sob. Maklum, ga mau promosi, hehehhehe

    BalasHapus
  10. Wah jos iki, golek referensi malah njedul bloggundul..

    BalasHapus
  11. @Azhie: Hehehehe, cuman berbagi Lek, semoga bermanfaat. Nuwun dah berkunjung...

    BalasHapus
  12. berapa amper paling besar yang dijual di pasaran lik?

    BalasHapus
  13. @Khobar Santosa: Setahu saya ada yang 15.000 mAh Sob, tapi ga tahu apa sudah dijual bebas di pasaran negeri ini. Coba aja tanya di toko terdekat Sobat. Makasih dah mampir.

    BalasHapus
  14. Wah, baru tahu kalo ada charger kaya gini, setahu saya dulu cuman yang pake baterai biasa harga 15an ribu perak, tapi ternyata ada yang cas-casan juga to Brader?

    BalasHapus
  15. @Shafamom: Iya, sekarang apa to yang ga sistem cas ulang, bahkan mobil aja juga ada, hehehhe..Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus
  16. Artikel yang saya butuhkan, kebetulan mau bikin review di Blog saya yang bahas tentang Perangkat pendukung traveling :)

    Izin link ke artikel ini ya, reviewnya spesifikasinya lumayan lengkap

    BalasHapus
  17. @Randi: Ok Sob, makasih dah berkunjung dan selamat ngeblog tentang traveling...cocok tuh niche-nya, hehehhe...

    BalasHapus
  18. @Anonim: Pada dasarnya, besarnya watt ditentukan oleh besarnya Arus dan Tegangan. Jadi, semakin besar watt pada adapter tentu akan semakin mempercepat proses pengisian, dengan catatan tegangan yang dihasilkan sama. Jadi, sobat bisa mengecek apakah tegangan yang dikeluarkan adapter tersebut sesuai. Makasih dah berkunjung.

    BalasHapus
  19. Makasi infonya.. td search ttg yoobao keluar blog ini. Soalnya lg ada promo powerbank yoobao di disdus.

    BalasHapus
  20. @Shelly Alicia: Makasih Sis, selamat berburu power bank yang bagus dan murah ya...Makasih dah berkunjung..

    BalasHapus
  21. Power bank kayaknya makin populer aja ya? Tertarik juga nih, pengen beli. Tapi belum terlalu butuh sih.. :D

    BalasHapus
  22. @Tongkonanku: Wah, kalo masih populer harganya masih mahal Om, nunggu besok ga populer aja, biar murah, hehehe..sekalian beliin dua buat Ane...jiahahhahahah....

    BalasHapus
  23. izin copas kk berbagi informasinya :)
    thanks

    BalasHapus
  24. @Jual PB: Silahkan Sob, mari berbagi informasi..Salam sukses...

    BalasHapus
  25. mantab gan dar atas sampa bawah ngin beli powerbank keseret di bloggergundul.
    salam kenal

    BalasHapus
  26. gan ane numpang promo ya,masih newbi'
    yang butuh powerbank berkunjung lah diblog ane, batreiblackberry.blogspot.com

    BalasHapus
  27. @Jasamengurustanah: Makasih dah berkunjung Gan, sukses selalu usahanya...
    @Muhammad Faruq: Monggo Gan, silahkan..Maksih dah berkunjung...

    BalasHapus
  28. numpang jualan ya
    jual powerbank & accesoris blackberry lainnya
    langsung kunjungi website kami
    http://www.WarungBlackberry.com

    BalasHapus
  29. terima kasih infonya
    powerbank vasnik bisa jadi pilihan nih,colokannya komplit bisa di lihat di www.geraihusna.com

    BalasHapus
  30. mau tanya gan, kl mencharger power bank yg baru 6600mAh kira" itu brp lama y?

    BalasHapus
  31. @Muhamamd faruq: Monggo, silahkan Sob, moga laris jualannya..Makasih dah mampir.
    @GeraiHusna: Pengalaman bagus untuk dicoba, thanks dah singgah Sob..
    @Zhiiee: Tinggal dihitung saja Sob, kalo saya mengecas powerbank 5600 mAh dalam prakteknya sekitar 5 jam lebih untuk sampai full, jadi kalau kapasitas 6600 mAh ya sekitar 6 jam keatas...Semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  32. Saya baru beli power bank 13200mAh - travel with us.
    Emang kapasitasnya besar . ada 4LED lampunya, awal beli baru 3yang ON. saya udah charge 3jam tapi saya bingung 'tanda' full nya itu apa yah ?

    BalasHapus
  33. halo malam,
    artikelnya informatif banget nih, tp ada yg mau ditanyain hehe
    batre hape saya 1500 mah, dan saya punya powerbank 8400 mah, denger info dari teman saya kalau batre segitu di charge dengan powerbank ampere nya segitu bisa bikin batre hape jadi bocor? apa bener? makasiiiih :)

    BalasHapus
  34. @Joshua Karsten: Sama-sama Sob, makasih dah mampir...
    @Anonim: Tanda full untuk yang ber-LED 4 umumnya ketika semua LED (4 LED) tersebut nyala terang. Memang ketika membeli pertama kali, isi powerbank tidak selalu penuh, yang ditunjukkan dari nyala LED yang baru 3. Untuk Ukuran 13.200 mAh, memang pengecasan agak lama, lebih dari 5 jam...
    Anonim: Bocor tidaknya baterai tergantung dari kita kok, kalo dah penuh ya harus segera dicabut. Karena kapasitas powerbank jauh lebih besar dari kapasitas baterai, tanpa fitur pemutus arus otomatis ya bisa saja merusak karena isi kepenuhan...

    BalasHapus
  35. Maaf gan, ikut nimubrung nih. Ngomong2 soal Power Bank ya? Kalo gitu kebetulan Mediatech juga punya nih Power Bank yang bagus dan harganya terjangkau. Tidak terlalu murah, tidak terlalu mahal.. ya sedang-sedang aja deh..

    BalasHapus
  36. @Mediatech: Wah, ini arternatif lagi...Monggo Sob, yang mau powerbank murah, silahkan mampir ke Mediatech...Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus
  37. kalo power bank nya ga di charge dengan penuh ada pengaruh nya ga selain daya yang dihasilkan juga tidak penuh ?

    BalasHapus
  38. @Anonim: Powerbank umumnya memiliki masa pakai, yang dihitung berdasarkan berapa kali pengecasan, jadi jika kita mengecasnya secara tidak penuh, pengaruhnya terletak pada optimasi pemakaian. Logikanya, jika kita makan tidak kenyang, maka kita akan cepat lapar, padahal jika kita makan lagi, akan ada biaya yang harus kita keluarkan, dan dalam powerbank, tentu usialah yang kita korbankan.

    BalasHapus
  39. Tipsnya mantap. Jika masih bingung memilih, memang ada beberapa merk yang layak dipertimbangkan...

    BalasHapus
  40. power bank bisa merusak power banknya ga, klo cas cabut cas cabut nih?????

    BalasHapus
  41. artikel menarik mas gan,buat yg membutuhkan powerbank silakan mampir di lapak ane yaa harga sangat kompetitif dah..maturnuwun

    BalasHapus
  42. em...sdh g tahan mau beliiii....
    tapi syg, q blm gajihan :(

    BalasHapus
  43. artikel yg bermanfaat nih,,sukses slalu yaa :D

    BalasHapus
  44. @RPyB: Sekarang dah banyak pilihan Sob, selamat memilih.
    @Rahmat Dwi: Powerbank juga bekerja denagn sistem memori, jadi jangan sering-sering mengecasnya. Lebih baik sekali tapi penuh daripada berkali-kali tapi hanya setengah penuh.
    @April: Makasih Sob, moga laris dagangannya..
    @Indra Jaya: Murah kok Sob, ada yang 200 ribuan.
    @Anonim: Makasih Sob, sukses juga buat Sobat..

    BalasHapus
  45. Tambahan tips yang lumayan bagus juga adalah ada atau tidaknya standar keamanan yang diakui secara internasional

    BalasHapus
  46. @Steven: Yups, memang masalah baterai, keamanan juga layak dipertimbangkan. Kadang ada baterai yang tiba-tiba meledak karena overheat. Thanks Sob...

    BalasHapus
  47. gan saya mau beli power bank ctos kapasitas 12800mAh .kira2 ngecargernya berapa lama ya thx..mhn pncrhanya

    BalasHapus
  48. @Arif Netral: Sebagai perbandingan, powerbank saya berkapasitas 5.600 mAh. Pengecasan sampai penuh membutuhkan waktu 4-5 jam-an. Jadi bisa diasumikan dengan kapasitas lebih dari 2x lipatnya, tinggal kalikan saja 4 atau 5 jam itu dengan 2, hasilnya sekitar 8-10 jam. Tapi memang banyak faktor yang mempengaruhi, baik daya listrik di tempat sobat, hingga kualitas baterai dalam powerbank tersebut. Jika males nunggu, lakukan pengecasan di malam hari sebelum tidur, jadi pagi2 powerbank tersebut sudah terisi penuh. Semoga bermanfaat. Salam

    BalasHapus
  49. agan blogger gundul: gan, klo power bank yang baru dibeli langsung dipakai tanpa melakukan pengecas pertama kali yg memakan waktu berjam2, apakah akan berdampak ke power banknya..???

    BalasHapus
  50. @Anonim: Logikanya seperti baterai gadget berbahan Lithium, jika memang sudah terisi, bisa langsung digunakan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai powerbank tersebut tersedot energinya hingga habis bis. Usahakan mengecas kembali jika kapasitasnya dibawah 20%, yang ditunjukan dari lampu indikatornya. Semoga membantu. Makasih dah berkunjung Sob..

    BalasHapus
  51. klo dari penjelasan agan blogger gundul, berarti gpp ya gan klo power bank langsung dipake tanpa dicas lama terlebih dahulu..??? tp knp setiap yg berhubungan dengan batre (HP, power bank, lampu emergency) biasanya penjual menyarankan untuk dicas terlebih dahulu (ada yg cuma 6 jam - 24 jam lebih).. manfaatnya apa ya gan..??? khususnya utk batrenya..??? soalnya sya baru beli power bank yg 13000mah, dan disarankan untuk mencas terlebih dahulu selama 24 jam lebih.. padahal blm 12 jam, indikator batrenya sdh full..
    TERIMAKASIH BANYAK TUK INFO N JAWABANNYA..
    DITUNGGU INFO2 BERMANFAAT LAINNYA..

    BalasHapus
  52. @Anonim: Umumnya powerbank yang dijual dipasaran saat ini kebanyakan berjenis lithium dan telah terisi sebelumnya, namun ketika sampai ke tangan pembeli, isinya tidak mencapai 100%, jadi ada yang menyarankan untuk mengecasnya lagi agar dapat mengecas baterai gadget secara optimal. Pengecasan yang baik tentu harus sesuai buku manualnya, tidak harus berjam-jam seperti yang berlaku pada baterai jenis nickel. Asal indikator sudah penuh, sobat dapat segera mencabut charger yang menempel pada powerbank sobat.

    BalasHapus
  53. Malam ini saya baru coba buat PB,dg 12 batree sanyo NIMH 1,2Volt .2500maH 4biji=10000maH , 2000maH 8 biji=16000,12:4=3, 4biji diseri(4,8 volt) terus diparalel 3biji hasilnya kira2 10000maH+16000maH =26000maH manurut tulisan difisik batree saya ukur teganganya pake multi (4,8 volt),belum sempat buat ngecass gadget masi saya charger,besok malam bisa dites hasilnya,maaf bukan rekomen sekedar coba2,cz apabila solderan/koneksi antar batree tidak bagus,kabel akan leleh,@Si_rujhz

    BalasHapus
  54. @Anonim: Wah, kreatif sobat yang satu ini...Dulu pernah ada powerbank pake baterai AA, tapi borosnya minta ampun. Tapi jika memakai baterai isi ulang, mungkin jauh lebih bagus...Hanya saja mungkin terlalu memakan tempat kalo dipakai kegiatan mobile. Anyway, selamat berkerasi Sob...

    BalasHapus
  55. selamat sore gan, ane mau tanya kalau untuk penggunaan power bank 5600 mah jika sudah terisi penuh, itu dapat digunakan untuk ngecharge berapa lama ya untuk blackberry kapasitas 1000 mah, sampai baterai power bank kosong kembali, terima kasih

    BalasHapus
  56. mav gan, gw mw tanya klu bli bb 9320 tuh langsung dpt portable charger dgn cuma2 gak ,,? cz kwn sy ad yg dpt, tpi ad jga yg gak ,,?
    mhn jwb an ny ya,,
    mksh,
    :)

    BalasHapus
  57. Mas BG, akhirnya jadi juga nee PB 26000maH nya,,udah dicoba buat cass BB,pemutar mp3 cap apel kroak juga lancarjaya,,,rangkaian pake bekas PB ZONOV. Serinya gak tau,dipak pake chasing power suplay/adaptor ex leptop merek netpower seri GLS-96W lumayan bongsor sihh,, :),sedangkan chargernya pake merek EGSTON P2EFSW3.6W output 6volt 1A,ngecasnya cukup semalem aja,waktu ngecas batree anget,adaptor cassnya lebih Panas wajar (bekerja Normal), maaf untuk gambar mungkin bisa diliat disini @Si_rujHz,nanti misal ada masalah hasil coba2 ini,akan di share lagi makasih,,,

    BalasHapus
  58. @Anonim: Dari teorinya, kapasitas 5.600 mAh dapat dipakai untuk mengecas baterai berkapasitas 1.000 mAh selama lebih dari 5X. Tapi realitanya, kualitas baterai isi ulang yang dipakai powerbank berbeda-beda sehingga ada daya yang hilang selama pengecasan. Akibatnya, untuk pengecasan sampai penuh, powerbank saya yang kapasitasnya sama (5.600 mAh) hanya bisa mengecas optimal BB dengan baterai 1.150 mAh selama 3x full, setelah itu harus dicas agar tidak habis bis isinya. @Anonim: Pembelian BB type 9320 memang tidak semua diberi bonus Powerbank, tergantung promo di toko masing-masing. Coba tanyakan ke temen sobat, dimana belinya. Menurut informasi, bonus power bank diberikan dnegan syarat dan ketentuan berlaku seperti harus bergaransi resmi dari 4 distributor resmi blackberry, yaitu: TAM, Comtech, Seluler Shop, dan SCM, dan penukarannya di gerai-gerai resmi seperti Oke Shop, Seluler Shop, Global Teleshop, dan Erafone.
    @SurujHz: Wah, selamat sob..kreatif bener tuh...sip tuh, mari terus berbagi...bisa tuh dibagi disini langkah2nya agar temen2 tahu dan bisa membuatnya.

    BalasHapus
  59. wah informasinya bagus banget nih,, power bank itu ibaratkan nyawa kesekian dari gadget kita,, nice info thanks for sharing sukses terus ya

    BalasHapus
  60. kalo bingung milih powerbank atau mau powerbank kualitas international dengan harga terjangkau, silahkan kunjungi www.unopowerbank.blogspot.com. Bagi yang ingin powerbank kapasitas 15.000 mAh harga hanya rp400ribuan dengan kualitas standar USA,Japan kunjungi www.powerseed-id.blogspot.com.

    BalasHapus
  61. Izin copas gan,tulisan yang bagus neh

    mampir ke web ane gan
    www.android-palembang.com

    BalasHapus
  62. @Harga L: Yup sob, nyawa cadangan bagi gadget kita saat mobile...
    @Herman Tam: Semoga laris jualannya Sob...
    @Oxside89: Monggo Gan, mari saling berbagi...

    BalasHapus
  63. Gan, mau nanya....
    Utk ngecas bb atau hp android lainnya sebaiknya menggunakan output yg brp ampere?soalnya di PB ane ada pilihan output 0,6 dan 2 ampere.
    Mohon pencerahannya gan....
    Nuwun

    BalasHapus
  64. @Anonim: Asal tegangan output sama, pake yang 2 ampere lebih cepat penuh Sob...yang 0,6 ampere dapat digunakan pada pengecasan malam sewaktu sobat tidur sehingga dapat berakhir di pagi hari ketika mau dipakai...

    BalasHapus
  65. aha akhirnya pertanyaan tentang pb terjawab sudah..suwon dab :)

    BalasHapus
  66. Gan mau tanya dong, kan sya baru beli PB model vivan S05 5000mah, itu ada LEDnya, tapi sya masih belom tau gan pada saat penuh LEDnya itu seperti apa, apakah nyala seperti pada saat charge, atau mati gan. Dan cara mengetahuinya disaat PB itu mau habis dari mananya gan.
    Tolong pencerahannya gan. Makasih gan

    BalasHapus
  67. @Oki: Senang bisa berbagi. Makasih kunjungannya Sob.
    @Sendy: Ada 2 kemungkinan, jika penuh, LED mati atau berubah warna. Untuk mengetahui habis tidaknya, coba pencet tombol utama, jika LED masih menyala, menandakan PB masih ada tenaga..

    BalasHapus
  68. gan saya mau nanya, power bank saya bonus dari BB, kenapa baru 5 menit saya pakai sudah habis ya gan?

    BalasHapus
  69. @Anonim: Dari baru sudah dicas lagi sampai penuh ga Sob...Umumnya, kalo dari baru langsung dipakai emang agak cepet habis karena isi tidak penuh, alias harus dicas dulu nyampe penuh. Tapi bisa saja emang baterainya dah drop. Memang komponen utama powerbank hanyalah sebuah baterai isi ulang, yang mudah drop jika kualitasnya jelek.

    BalasHapus
  70. powerbank yang saya pakai 10000mah dapat bertahan 3x24jam ini realita Gan . dengan memakai powerbank input voltage: 5V DC , output voltage: 5V DC
    output current: 2000mA alhamdulillah , nyaman kemana2 sudah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pb output 1V ke gal note2 input 5V itu bs rusak ga ya battrey nya? Mohon pencerahan:)

      Hapus
  71. Masta BG, mohon pencerahan...
    klo charger hape saya tertulis output 5v , 680mAh. Terus saya pake PB yg Outputnya 5v, 2A , apa bisa berpengaruh (kemungkunian rusak) pada battery ato hape saya??
    Terimakasih..
    semoga banyak yg mendapat pencerahan dari blog ini..

    BalasHapus
  72. makasih gan atas infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  73. @Naia: Jadi tenang ya Sob kalo aktivitas luar, ga harus mikir nyari colokan listrik, hehhehe..Trims kunjungannya.
    @Kendhil: Jika memang stabil tegangan outputnya, kecil kemungkinan merusak baterai hp Sob, kan sama-sama 5 volt. Terlebih PB sobat sudah dilengkapi fitur pemutus arus otomatis ketika pengisian baterai sudah penuh. Semakin besar amperenya, semakin cepat pula pengisiannya..
    @Tdalif: Sama-sama Sob, makasih kunjungannya...

    BalasHapus
  74. tanya gan , pb yoobao itu pake battery jenis apa dan cell apa ya ???

    BalasHapus
  75. ENERPAD merupakan powerbank #1 Best dan tdk merusak gadget :)

    dgn SANYO Cell inside dan 1 thn garansi, enerpad mempunyai safety approval certificate dan sangat aman digunakan. say no to 'low bat' :D

    boleh mampir di enerpadelicious
    http://handphone-aksesoris.tokobagus.com/baterai/powerbank-merk-enerpad-sanyo-cell-inside-1yr-warranty-18398516.html

    BalasHapus
  76. Saya mau tanya dong, saya kan baru beli powerbank nih..
    Itu powerbank di charge nya harus sampe bener bener habis dulu atau misalnya belum habis juga boleh di charge ?
    Tolong dijawab ya ^^

    BalasHapus
  77. Agan mau tanya dong, sy pake note 2, kmr coba cas pake p bank kapasitas 6500 mah pake yg outputnya 2A, kok lamaaaaaa banget ya penuhnya. Apa memang gitu? Kalo pbanknya yg 11000 mah ngaruh gak?

    BalasHapus
  78. @Enerpad: Moga laris jualannya Sob...Makasih dah berkunjung...
    @Aninditya Putri: Umumnya PB saat ini memakai baterai jenis Lithium, jadi justru jangan menunggu habis, sisakan kira2 25% isinya sebelum dicas agar awet Sis..Makasih ya dah mampir...
    @Anonim: Coba cek kebutuhan arusnya Sob..Untuk lebih mudahnya, cek charge originalnya note 2. Jika memang lebih besar yang ori, tentu pengecasan PB tersebut akan jauh lebih lama. Yang penting tegangan output (yang dibutuhkan) sama. Memakai PB yang 11.000 mAh untuk arus output yang sama (2A) akan memberikan efek yang sama pula.

    BalasHapus
  79. gan ane btuh pencerahan lagi..
    kalo output charger 4,75 V 0,55 A
    aman gag ama PB yg output 5V 1A
    thanx

    BalasHapus
  80. @Hani Umi: Secara teori, tegangan yang dikeluarkan lebih besar dari PB daripada dari charger ori. Untuk besarnya Ampere tidak begitu masalah, semakin besar. Semakin cepat Ampere, semakin cepat penuhnya. Yang jadi masalaha adalah selisih tegangan itu sob, lama-lama akan berpengaruh juga pada baterai gadget kita. Tapi memang kadang ada toleransi besarnya tegangan yang diperbolehkan, meski dalam jangka panjang juga tidak bagus. Cek aja kebutuhan baterai gadget sobat, jika tegangan 5 volt memungkinkan, tidka masalah PB tersebut dipakai ngecas sesering mungkin.

    BalasHapus
  81. Power Bank adalah portable charger yang saat ini sangat banyak digunakan oleh kalangan dengan tingkat intensitas penggunaan gadget yang cukup tinggi. Dengan memiliki Power Bank ini, maka memungkinkan Anda bisa selalu menggunakan perangkat gadget tanpa haru takut akan kehilangan energi listrik perangkat gadget Anda meski sedang berpergian jauh dari rumah

    Daftar Harga Powerbank :

    Cross.

    3000MAH @ 95.000.
    5800MAH @ 187.500
    8800MAH @ 225.000
    10000MAH @ 265.000
    12000MAH @ 290.000
    12800MAH @ 300.000

    Viora
    5600MAH @ 150.000
    8400MAH @ 180.000

    Vivan.

    X05 5600MAH @275.000
    V05 5600MAH @280.000
    Y05 5600MAH @260.000
    S02 2600MAH @145.000
    S04 4400MAH @185.000
    S05 5000MAH @215.000
    M04 3500MAH @180.000
    IP-S01 8400MAH @425.000
    IP-S03 8400MAH @460.000
    IP-S011 11000MAH @510000

    Hippo

    5600MAH @275.000
    5800MAH @285.000
    8800MAH @380.000

    Forsta Samsung Cell

    2600MAH @ 120.000
    4800MAH @ 210.000
    5200MAH @ 210.000
    5600MAH @ 210.000
    8400MAH @ 285.000
    10400MAH @235.000
    11200MAH @355000

    SPC (Best Product)
    6000MAH @2450.00
    13000MAH @350.000

    Pemesanan Silakan SMS Ke 081514035792 ( Acep Mulyadi )

    BalasHapus
  82. @Acep Mulyadi: Wah, buka lapak diemperan nih, moga laris Sob...

    BalasHapus
  83. gan.. mau nanya donk.. apakah power bank Yoobao 11200mAh YB642 bisa digunakan di iPad 3 dan tidak merusak batereinya?
    Thx :)

    BalasHapus
  84. @Anonim: Cek tengangan output antara Powerbank dengan kebutuhan iPad tersebut sob, jika sama berarti bisa dipakai...Untuk dampaknya, Yoobao terkenal denagn kestabilan tegangannya jadi saya rasa aman-aman saja asal sesuai aturan pengecasan.

    BalasHapus
  85. thanks pencerahane gan,,
    baca dr atas ampe bwah,, akibatnya bkin ane kliatan pinter kalo ditanya tmen2 ane..
    hha...

    BalasHapus
  86. @Hani Umi: Hehehehe, bukan hanya keliatan sob, memang demikian adanya kok, ya kan? Hehhe..Makasih dah berkunjung sob...

    BalasHapus
  87. Suhu BG, ane izin copas buat di blog ane ya.... ane pasang linkback ke sini ya...... terima kasih Suhu.....

    BalasHapus
  88. Kalau powerbank saya yg outputnya 0.5V dicas ke samsung galnote 2 yg inputnys 5v apa bs buat battreynya rusak? Mohon pencerahan gan blogger gundul..

    BalasHapus
  89. @Nicholas Lim: Wah, kalo tegangannya lebih rendah mah justru PBnya yang harus rodi sob, kapan penuhnya ya? heheh...Cek tegangan minimum dan maksimum yang diperbolehkan...Biasanya ga lebih dari 50% dari tegangan normal, artinya jika inputnya mensyaratkan 5 volt, toleransi terendahnya sekitar 3,5 volt..Jika tidak, efek pengecasan akan sangat lama.

    BalasHapus
  90. review dong gan PB A4 Tech

    BalasHapus
  91. Power Bank A4 salah satu yang recommended Gan..

    BalasHapus
  92. @Anonim: Wah, bawah sobat dah punya jawabannya tuh? Hehehe
    @Power Bank: Memang komponen utama PB adalah baterai...

    BalasHapus
  93. Sepakat gan, power bank itu pada dasarnya penyimpan energi. Jadi untuk keamanan penting memakai indikator. Jika tidak bukan tidak mungkin gadget tersebut bisa meledak jika overload dan overheat. thanks :-)

    BalasHapus
  94. @Latif Ramadan: Yup, memang ada sisi-sisi tertentu yang harus kita pertimbangkan dalam pemilihan power bank, selain harga tentunya, heheheh...Makasih dah berkunjung sob...

    BalasHapus
  95. Gan charger bb gw berdaya
    Input : 100-200 V - 150 mA 50-60 Hz
    10-10 VA
    Output : 5 V - 700 mA

    Sebaiknya ane cari PB yg brdaya brp ya?
    Untuk merk yg plg bagus apa ya?

    Ane lg cari nih..
    Mohon Infonya

    BalasHapus
  96. @Anonim: Untuk spek charger BB seperti itu, ada beberapa hal yang harus sobat pertimbangkan ketika membeli PB, yaitu:
    1. Tegangan output PB harus sesuai (5 volt)
    2. Colokan harus sama dan pas
    3. Kapasitas PB minimal 2x kapasitas baterai BB
    (Misal BB memiliki baterai berkapasitas 1.1150 mAh, PB sebaiknya diatas 3.000 mAh, agar tidak sekali pakai dalam satu pengecasan)
    4. Semua Merk rata-rata memiliki kualitas sama, namun banyak yang merekomendasikan merk-merk seperti Yoobao, Dazumba, Vivan, atau merk-merk lain yang memakai sel baterai dari Samsung...
    Semoga membantu dan selamat berburu PB, hehhehe

    BalasHapus
  97. Makssudnya sel baterai dari Samsung berarti buatan Samsung ya?Apa itu khusus buat Samsung aja?
    Sel baterai brrti buatan ya?
    Setau gw yg bagus yg Japan Cell,,apa bener??

    BalasHapus
  98. @Anonim: Yup, buatan brand-brand yang telah terbukti kualitasnya, salah satunya Samsung. Ada beberapa merk power bank yang diklaim menggunakan sel baterai buatan produsen Negeri Ginseng ini...Kalo untuk sel buatan Jepang, biasanya lebih bagus, namun sangat jarang yang dijual di Indonesia

    BalasHapus
  99. Kalo buatan samsung bukan berarti khusus buat samsung ato gimana?
    Itu cocok buat semua merk hp?

    BalasHapus
  100. @Anonim: Pada dasarnya, komponen utama sebuah power bank adalah baterai isi ulang yang ditanam didalamnya. Baterai isi ulang ini sangat menentukan kualitas dari PB itu sendiri. Nah, suatu merk PB tidak selalu memproduksi baterai isi ulangnya sendiri alias beli dari produsen baterai isi ulang lainnya. Menurut pengalaman, baterai isi ulang buatan Korea dan Jepang cukup bagus. Jadi, jika sobat ingin membeli sebuah power bank, cek spesifikasinya, terutama sel baterainya dibuat siapa? Cocok tidaknya sebuah power bank untuk mengecas suatu hp, baik merk Samsung, Nokia, BlackBerry, maupun iPhone sekalipun umumnya terletak pada kesesuaian tegangan output dan colokan. Jadi, bukan masalah buatan mana sel baterainya. Semakin bagus sel baterai yang dipakai, semakin bagus pula untuk mengecas gadget mobile kita.

    BalasHapus
  101. klo PB untuk ngecas MP3 bisa ga Mbah BG???

    BalasHapus
  102. Klo mau beli powerbank saran ane googling dulu untuk melihat reviewnya. Buka youtube ketikkan nama merk powerbanknya. Lihat yg review. Semakin banyk yg review dari seluruh negara, semakin menunjukkan kualitasnya

    Btw saya jual powerbank juga lho. Dari brand luar (ternama) hingga merk lokal. Mampir ke modemindonesia.com

    BalasHapus
  103. Bagaimana memilih adapter usb untuk powerbank karena dipasaran banyak sekali variasinya...

    BalasHapus
  104. Permisi, saya gaptek tapi baru beli powerbank 9200mAh, yang jadi pertanyaan adalah :
    1. Mesti dicharge dulu utk pertamakali kayak hp baru gak?
    2. Kalo iya, berapa lama?
    3. Kalo enggak berarti bisa langsung dipakai ya?
    4. Ada dua bolongan usb disalah satu sisinya..yg satu tulisannya 2.0 A, yg satunya 0.6 A. Mana yg dipakai buat ngecharge hp?
    Trims jawabannya :)

    BalasHapus
  105. @Anonim: Untuk negcas MP3 bisa aja asal tegangan yang dibutuhkan MP3 sama dengan tegangan dari output PB. Cek charger originalnya MP3 untuk memastikan kesesuaiannya.
    @Agung: Ya, banyak sekali review power bank di Youtube. Cek juga video saya disana.
    @Anonim: Adapter udah menjadi satu paket pembelian PB sob, jadi tinggal pake aja.
    @Si Umi:
    1. Bisa langsung dipakai seperti hp, tapi lebih bagusnya dicas ampe penuh karena selama berada di penjual, terjadi loss daya meski sepersekian persen, alias PB tidak full isinya.
    2. Untuk kapasitas 9200 mAh, kira-kira 6-8 jam, tergantung kualitas arus listrik di tempat sobat. Ada lampu indikatornya kan? Cas aja pas mau tidur malam.
    3. Langsung dipakai juga boleh
    4. Untuk Hp yang kapasitas baterainya kecil, bisa pake yang 0.6 A, untuk yang berkapasitas besar pake yang 2A, meski sebenarnya tidak masalah mau pilih yang mana. Semakin besar A, semakin cepat pula penuhnya.

    BalasHapus
  106. powerbank yoobao bagus untuk diguna

    BalasHapus
  107. @Lewis: Yup, many people recommend such a brand...

    BalasHapus
  108. gan ane baru beli PB merk probox 5200mah di input tertulis 5v dc 1A tp ane gak punya adaptor jadi pake adaptor tablet advance output 5v dc 1500mah gimana bisa gak?terus klu ane pake buat charge tablet advance tersebut gimane soalnye di output PB tertulis 1,2A?mohon pencerahan

    BalasHapus
  109. @Welytan: Lho, emang ga ada paket adaptornya apa sob? Biasanya udah satu paket ama PBnya. Terpaksanya pake adaptor non ori, pastikan tegangannya sama. Untuk kasus sobat, bisa aja dipakai. Besarnya mAh/A (Ampere) umumnya hanya berpengaruh pada lama tidaknya proses pengecasan.

    BalasHapus
  110. Misi gan BG,mau nanya ane kan abis ngreview PB yoobao nah rata2 outputnya 5,3V, di charger hp saya tertulis 5V apakah kalo ane pke PB itu bisa cepet ngrusak batre?mohon pencerahan. trims

    BalasHapus
  111. @Raden Pondel: Setahu saya, toleransi tegangan +5% dan -5%. Jadi, dengan tegangan 5,3 V itu dalam jangka pendek mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun dalam janka panjang pasti ada pengaruhnya...

    BalasHapus
  112. Gan mohon pencerahannya neh :
    di batrai BB ane Dakota tertulis lithium ion recharge battrey 3.7 V
    capacity 1230 mAh 4,6 Wh

    berarti banyak ga cocoknya ama PB yang sekrang di produksi yang pake 5 V ya gan :( jadi bakalan cepet rusak donk gan kalo pake PB yg umumnya 5V

    BalasHapus
  113. @Anonim: Itu tegangan outputnya sob, alias kebutuhan BBnya. Untuk kebutuhan baterainya, cek aja spek charger originalnya...biasanya tertulis output 5.1 volt. Nah, itulah besarnya kebutuhan tegangan baterai BB sobat. Jadi, make PB yang 5 volt ga apa2.

    BalasHapus
  114. bingung pilih pb, banyak merk dipasaran

    BalasHapus
  115. mau tanyak, kalo powerbank gak dipakai dalam jangka panjang rusak gak ?

    BalasHapus
  116. Mau tanya dong, saya baru beli power bank dengan kapasitas 5600mah, kalau dilihat dari petunjuknnya PB ini bisa di pakai untuk 3-5x. Tapi kenapa ya untuk setiap 1 kali charge HP, 4 lampu indikator nya sudah kedip2 seperti daya yg di PB sudah habis?? Kalau kasusnya seperti ini, apakah PB nya ini rusak atau daya yg di simpan di PB nya lebih sedikit dibanding yg di butuhkan HP nya?? Kira2 penyebabnya apa ya? Mohon solusinya juga ya :) thanks

    BalasHapus
  117. @Ruri: Yang penting memenuhi kriteria pb yang bagus, silahkan pilih salah satunya...
    @Anonim: Usahakan ketika menyimpannnya dalam keadaan full charged sob untuk meminimalisir kerusakan.
    @Anonim: Lampu berkedip2 untuk beberapa merk justru merupakan tanda pengecasan berlangsung, bukan tanda isi PB habis...

    BalasHapus
  118. Mau tanya tanda penuh power bank vivan Y05 apa ya? Semula saya kira hijau tak berkedip menandakan sudah penuh, tapi baru saja ternyata dari hijau berubah warna jadi biru berkedip. Apa tandanya sudah penuh? Tp baru dicharge skitar 2 jam, padahal kata penjualnya dicharge skitar 5 jam. Mohon infonya..tks

    BalasHapus
  119. Oh ya satu lagi,, klo ngecharge pb terlalu lama apa ada dampaknya ?(seperti pada batere hp yg melembung bila terlalu lama dicharge)
    Tks infonya

    BalasHapus
  120. mas, saya beli power bank dan udah saya pake.. tapi ketika saya mau charger power bank ny, lampu LED ny gak nyala.. gimana tuh mas..?? apa power bank saya rusak..?? terima kasih sebelum ny.. :)

    BalasHapus
  121. @Yuriko M: Biasanya untuk indikator penuh berupa lampu biru tanpa kedip. Jika masih berkedip berarti belum sepenuhnya full. Memang tidak harus 5 jam karena umumnya pb udah terisi sebagian sehingga pengecasan 2jam saja sudah penuh. Untuk pengecasan terlalu lama sebaiknya dihindarkan, meski pada pb berkualitas, ada fitur pemutus arus otomatis jika pengisian sudah penuh.
    @Diana: Ada beberapa type system lampu indikator selama pengecasan, yaitu berkedip, berwarna lain, dan melalui senuhan tombol. Coba tekan tombol on-off, biasanya baru terlihat nyalanya...

    BalasHapus
  122. Bingung nie mw beli pb yg bagus bro.. Makin byk ja pb murah n big power dpasaran...

    Minta recomend dunk bro... Kriznu11@gmail.com

    BalasHapus
  123. Ohya, yg 5000-7000 yaaa bro... Tanks...

    BalasHapus
  124. @Charis N: Banyak yang merekomendasikan PB hippo, yoobao, vivan sob...coba aja...semua merk itu punya yang kapasitas 5000 mAh keatas..

    BalasHapus
  125. Malam gan, ane mau tanya. Ane beli TWU 20000mAh. Tpi ga dikasih charger PBnya.. Ane bingung cas PBnya pke apa.. Apa bisa pke Charger ipad yg output 5.1V / 2.1 A?? Pdahal yg PB ane input casnya 5V / 1A... Trus apa bner kata yg jual ni pke cells samsung?? Mohon pencerahannya... Ane msih newbie.. Makasih

    BalasHapus
  126. Oiya sama klo ada safety protection ditandai ma apa ya d PBnya?? Ada tulisan apakah?? Atau simbol apakah?? Makasih gan.. Bgus bget ni infonya.. Tpi ane msih sdkit kurang paham ma hal yg ane tanyakan di atas ma yg ini.. Makasih..

    BalasHapus
  127. @Yoshua: Memang pada beberapa merk, PB tidak dibekali charger/adapter sehingga untuk mengecasnya, kita kesulitan. Solusinya, sobat bisa memakai charger apa saja asalkan tegangan outputnya tidka lebih dari 7 volt. Charger ipad yg output 5.1V / 2.1 A juga bisa dipakai, justru malah lebih cepat penuh karena Ampere-nya lebih besar. Untuk Cellsnya pake Samsung apa tidak memang agak sulit mendeteksinya karena tidak ada petunjuk tertulis dalam pb ataupun box-nya. Setahu saya memang memakai baterai pabrikan Samsung. Umumnya untuk mengetahu pb memiliki safety protection ditandai dengan adanya fitur Autocut. Semoga membantu.

    BalasHapus
  128. hi. mau tanya donk. ada yang tau berapa lama mengisi powerbank cross 3000mah. soalnya lampu indikator penuhnya nga jelas neeh, kecil bgt kaya titik gt, gimana mau taunya kan -___- udah ngisi 4 jam kayanya nga penuh2 deeh. mohon pencerahannya :D thanks

    BalasHapus
  129. Makasih bnyak nih infonya.. Sangat membantu..

    BalasHapus
  130. @Anonim: Lama pengecasan sebuah power bank tergantung besarnya arus dari chargernya, jika sobat memakai charger originalnya, dengan kapasitas 3.000 mAh, 4 jam seharusnya sudah penuh sob. Lain lagi jika memakai charger non-ori, contohnya memakai tegangan USB dari laptop, tentu akan lama karena arusnya sangat kecil (sekitar 500mAh.
    @Yoshua: Sama-sama sob..

    BalasHapus
  131. malam gan, mao tanya nih. gue baru beli Yoobao 13000mAh, berapa lama waktu untuk ngechargenya? PB yoobao gue ada 2 output, kanan 1A dan kiri 1.5A, untuk galaxy note dan BB-Z10 output mana yang harus gue pake?
    btw, sebelumnya gue 2 kali charge PB gue ini cuma 5-6 jam karena lampu indikatornya sudah tidak berkedip lagi (saya pikir sudah penuh) dan ternyata PB belum penuh. kenapa lampu indikator berhenti berkedip padahal batere belum penuh? terima kasih

    BalasHapus
  132. @Roda2: Coba cek berapa Ampere (A) arus output charger originalnya sob.
    Kalo 1 Ampere, berarti kira2 ya normalnya 13-14 jam untuk kapasitas 13.000 mAh (13A) Pasti sobat paham kan logikanya?
    2 Output ya, sebenarnya sama aja, semakin tinggi A-nya, semakin cepat penuhnya...Tapi umumnya gadget dengan kapasitas baterai besar menggunakan 1.5A dan yang kecil pake 1A.
    Lampu berhenti berkedip belum tentu powerbank sudah penuh. Kita harus menunggu beberapa waktu agar benar-benar terisi full. Seperti halnya jika kita mengecas ponsel dalam posisi hidup, tanda bar baterai udah terisi semua namun belum ada notifikasi "Battery is fully charged, unplug charger". Iya kan?

    BalasHapus
  133. Gan gw mau tanya gw abiz beli PB cross 12rb mAh nie.gw bingung soal otomatis nya gmn?kata nya si penjual lampu nya ini mati secara otomatis.klo mati otomatis wkt ngecas hp apa g ke sedot daya energi nya dr PB nya ini??
    Tolong gan share nya.

    BalasHapus
  134. Oia mksd nya ini lampu indikator mbah gundul.

    BalasHapus
  135. Pakai PowerBank merk Philips gan, aman (y) ada teknologi Overload Protector nya lagi, jadi saat gadget agan penuh, powerbank nya bisa off in sendiri tanpa harus ditunggu penuh.

    BalasHapus
  136. mas gan misi tanya nih, saya baru beli powerbank kapasitas 11200mAh, dipake satu kali charge batre kapasitas 2900mAh, lampu indikator yg mulanya nyala 4(powerbanknya udah full mungkin ya), setelah pemakaian tsb lampu yg nyala sisa 2...emg begitu atau gimana ya? thx

    BalasHapus
  137. @Anonim: tenang Sob, ada pemutus fitur pemutus arus otomatis kan?
    @Pramudita: Pada kenyataannya, pengisian baterai 2.900mAh membutuhkan jauh lebih besar dari 2.900mAh karena ada daya yang terbuang selama pengecasan, jadi dari PB 11.200mAh tersebut kemungkinan tersedot lebih dari 5.000mAh sehingga hanya menyisakan setengah dari kapasitas semula. Makanya, lampu indikator hanya hidup 2 buah. Terlebih jika sebelumnya PB tidak terisi penuh, hanya sekitar 80% (meski 4 lampu masih menyala, kemungkinan lampu ke-4 tidak menyala penuh/terang).

    BalasHapus
  138. Mas gan Gundul, kira2 apa ya yang menyebabkan ada daya yang terbuang selama pengecasan seperti kasus diatas?
    Ane juga ngalamin kasus mirip,
    PB ane kapasitas 11.000mAh, dipakai buat ngecas Hp yg baterainya 1.700mAh. Dengan keadaan PB full logikanya kan bisa buat ngecas Hp segitu untuk 6-7 kali, tapi kenyataannya hanya bisa 3x. Seringnya habis di tengah jalan saat dipake untuk ngecas yg ke-4 kalinya.
    Kira2 kenapa ya gan..?
    Makasie pencerahannya...

    BalasHapus
  139. @Risangcahyo: Untuk kasus Sobat, bisa karena kabel USB yang digunakan tidak standar, HP dalam keadaan hidup, kualitas penyimpanan baterai sudah menurun, hingga lampu indikator PB yang juga ikut menyedot tenaga.

    BalasHapus
  140. nanya dong, saya baru aja beli vivan SO5 5000mAh. charging time 6 hours. saat sy tunggu 8 jam lampu indikator terakhirnya tidak berhenti berkedip, krn takut saya cabut aja. itu gimana ya? apa yg salah?

    BalasHapus
  141. Permisi mau nanya, nih kalo power bank lampu indikator yang ke 4 kedip2 terus ga mati2 pas lagi di charge itu knapa ya? udah 15 jam lebih.

    BalasHapus
  142. @Musuko: Itu tandanya belum penuh Gan, seharusnya ditunggu sampai berhenti berkedip karena berarti masih dalam proses pengisian. Hal itu bisa saja disebabkan listrik di tempat Sobta tidak stabil sehingga arus yang masuk tidak normal, seharusnya 6 jam molor menjadi 8 jam lebih.
    @Anggoro: Kapasitasnya berapa Sob? Ada kemungkinan kualitas baterai powerbank sobat kurang baik sehingga tidak bisa terisi penuh. Atau juga sirkuitnya error.

    BalasHapus
  143. Ane mau tanya nih, baru beli pb merk bcare 9200 mah, udah di charge hampir 24 jam lampu indikatornya belum full juga, apa memang ngechargenya harus lebih 24 jam?
    Terus waktu dipakai buat ngecharge hp , baru sebentar lampu indikatornya sudah berkurang jadi 2 lalu tinggal 1, padahal belum sampai 10 menit
    Mohon bantuannya gan

    BalasHapus
  144. yang mau cek harga power bank silahkan ke blog saya.terimakasih

    BalasHapus
  145. min mau tanya saya kan baru beli power bank samsung ukuran 6000 MaH untuk pengisiannya berapa lama? dan cara menetukan itu sudah penuh apa belum bagaimana? satu lagi min ketika untuk men charger hp daya hp hanya terisi 80% padahal di lampu power bank masih menyala 3 itu kenapa min?
    terimakasih min mohon pemberitahuannya..

    BalasHapus
  146. @Anonim: Ada kemungkinan produknya yang cacat, kualitas cell nya kurang bagus jadi tidak bisa terisi penuh serta mudah habis. Harusnya rata-rata pengisian 1.500mAh hanya memerlukan waktu 2 jam, jadi untuk 9200mAh hanya butuh kurang dari 12 jam.
    @Junz Wahyu: Standarnya sekitar 8 jam. Biasanya ada lampu indikator, baik berubah warna atau menyala lengkap. Pastikan baterai gadget sobat juga tidak bermasalah sehingga bisa terisi penuh. Tq

    BalasHapus
  147. recomended rosmoss 20800mah.. buat ngecas galaxy s4 bs sampai 8kali lebih.. kalok batrai sudah full. bs off secara otomatis.. tapi kalok ngecas pb ini dr kosong sampai full bs samapai 40jam..

    BalasHapus
  148. anian
    saya mau tanya nih, saya baru bei PB samsung 6000 mah, baru dipakai 1 kali, dan ke 2kali saya cas full, tetapi belu saya pakai2, pas au saya pakai lampu LED tidak mau menyala dan pa saya cas pun led tidak berkedip, tetapi teru menyala giliran saya cabut chargeranya malah LED nyya ikutan mati, apakah ini tandanya P saya rusak ?

    BalasHapus
  149. Kalau tegangan 2 Ampere cocok untuk powerbank yang berapa mAh? Makasih

    BalasHapus