Tips Memilih Tablet Lokal yang Baik


Di tengah gencarnya promosi tablet lokal saat, mungkin kita yang berkantong pas-pasan mulai tergiur dengan iming-iming harga murah. Alhasil, dengan dana yang pas-pasan pula, kita mulai melirik salah satu dari sekian banyak tablet lokal tersebut. Sebenarnya, bagaimana mendapatkan produk tablet yang baik? Berikut Blogger Gundul berikan tips memilih tablet lokal.

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan ketika memutuskan membeli tablet lokal. Dengan harga yang murah, tentu kita tidak berharap untuk memperoleh barang yang murahan bukan? Jadi, perhatikan hal-hal di bawah ini:

Sistem Operasi
Menurut pengamatan Blogger Gundul, tablet lokal yang ditawarkan dengan harga murah sering hanya dibekali dengan Sistem Operasi bawaan yang sudah mulai uzur. Sebagai contoh, ketika saat ini kita disuguhi dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS), tablet lokal masih menawarkan sistem operasi bawaan Android Froyo atau maksimal Android Gingerbread, yang tidak dapat di-update ke ICS. Jadi, pastikan sistem operasi tablet yang sobat beli sama atau mendekati trend saat sobat membeli.

Akses Internet
Ada beberapa tablet lokal yang hanya memiliki kemampuan untuk mengakses internet melalui Wi-Fi Hotspot. Sistem kerja ini tentu akan sangat membatasi gerak kita dalam pemanfaatan tablet tersebut. Pastikan tablet yang ingin kita beli telah mendukung Wi-Fi maupun slot kartu telepon dengan kemampuan koneksi hingga HSDPA-HSUPA.

Jenis Layar
Layar kapasitif lebih nyaman dipakai daripada layar resistif. Pastikan tablet lokal yang ingin sobat beli memakai layar kapasitif demi kenyamanan sobat sekalian.

Prosesor
Prosesor akan sangat menentukan kecepatan akses tablet. Umumnya sekarang ini processor yang ditawarkan diatas 1 GHz baik Single Core maupun Dual Core.  Pastikan processor yang tertanam dalam tablet lokal tersebut telah mumpuni.

Memori
Memori yang dimaksud disini baik internal (ROM dan RAM) maupun support memori eksternal, yang memungkinkan kita  menyimpan file hingga menambah aplikasi atau program. Pastikan tablet yang sobat bidik memiliki memori internal yang cukup dan support memory eksternal yang memadai (untuk saat ini hingga 32 GB).  

Baterai
Baterai tablet akan sangat menentukan fleksibilitas tablet itu sendiri. Semakin besar semakin bagus agar sobat tidak harus sering mencari colokan listrik. Sesuaikan pula besar baterai dengan lebar layar sehingga mampu memberikan daya tahan tenaga yang optimal.

Layanan Purna Jual
Pastikan tablet lokal yang sobat pilih memiliki layanan service dengan jangkauan yang luas. Hal ini untuk memastikan bahwa produsen memang benar-benar serius dalam menjaga kualitas produknya.

Itulah beberapa hal yang perlu sobat pertimbangkan ketika memilih tablet lokal. Selamat memilih.

Kategori:

6 komentar:

  1. sekarang makin banyak ya tablet lokal namun kualitasnya masih dipertanyakan, mungkin dari harga terlihat kualitasnya.

    namun os dan teknologinya sudah maju, sperti os android yg jadi andalan.

    makasih atas sharingnya :)

    BalasHapus
  2. bagusan mana yah antara android froyo ama ics gan?

    BalasHapus
  3. @Aditya: Makasih juga dah berkunjung Sob...
    @Benny Saputro: ICS (Icecream Sandwich) merupakan sistem penyempurnaan dari Frozen Yogurt (Froyo), jadi ya bisa dibandingin sendiri Sob...Oya, thanks dah mampir..

    BalasHapus
  4. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  5. @Dzulfiqar: Sama-sama sob, makasih kunjungannya.

    BalasHapus