Tips Mengusir Tikus secara Alami

Advertisement

Mengetahui ada tikus di rumah mungkin membuat kita gemas. Betapa tidak, bukan hanya suara gaduh maupun bau yang tak sedap yang harus kita terima, namun juga risiko perabot rusak, makanan terkontaminasi, maupun berbagai jenis penyakit yang dibawanya. Untuk mengatasi tikus rumah tersebut, berikut Blogger Gundul suguhkan tips mengusir tikus secara alami.

Di tengah upaya kita memberantas tikus dengan alat-alat modern seperti umpan beracun ataupun alat-alat elektronik, ada beberapa bahan alami yang dapat kita manfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Bahan ini kita pakai karena baunya yang menyengat dan tidak disukai tikus (ingat: tikus memiliki indra penciuman yang super tajam, yang menjadi alat penunjuk jalannya ke sarang maupun kelompoknya).

Dari sekian banyak bahan-bahan alami yang memiliki bau menyengat, berikut yang telah terbukti tidak disukai tikus yaitu:

  • Kayu putih
  • Kulit durian
  • Cengkeh
  • Kopi
  • Merica
  • Daun sirsak

Aroma dari bahan-bahan itu sangat menyengat bagi hidung tikus, dan itulah yang membuat tikus enggan untuk mendekati tempat-tempat yang menjadi sumber aroma tersebut. Dengan demikian, untuk mengusir tikus secara alami, sobat dapat meletakkan bahan-bahan berbau menyengat tersebut di bekas sarang atau tempat-tempat yang menjadi persembunyian serta jalan tikus.

Jika sobat kesulitan mendapakan bahan-bahan alami tersebut, sobat dapat mencarinya dengan wujud lain karena umumnya saat ini bahan-bahan itu telah dijual dalam bentuk yang berbeda, baik bubuk maupun minyak. Untuk memperoleh hasil yang optimal, usahakan aroma dari masing-masing bahan tercium hingga waktu yang lama sehingga tikus enggan kembali.

Itulah beberapa bahan yang cukup efektif untuk mengusir tikus rumah yang kadang sangat menjengkelkan kita semua. Tikus memang menggemaskan sekaligus menjengkelkan, namun dengan kesabaran dan keuletan kita untuk mengusirnya, mereka akan pergi menjauh. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

6 komentar:

[pendhowo] mengatakan...

wah boleh dicoba ni tipnya, nek kampung akeh tikus...suwun sanget kang

Blogger Gundul mengatakan...

@Pendowo: Hehehhe, dicoba aja Kang...siapa tahu malah bisa buka jasa pengusir tikus, hehhehe

Anonim mengatakan...

Barusan ku coba pake minyak kayu putih..alhasil..dapur yang tadinya rame tikus pada party..sekarang sepi senyaaappp.. Tengkyuuu infonya...

Blogger Gundul mengatakan...

@Anonim: Selamat Bro, emang menggemaskan tuh makhluk, mau dihajar kasihan, cara terbaik ya mengusrinya secara halus, xixixix. Makasih dah mampir...

aminblog mengatakan...

bisa diaplikasikan untuk areal persawahan ? www.sundep.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Mas/ mbk mau nanya y,mnyk ky pth yg dpake yg buat ngoles perut ank2 ya?myk'ny dicecerin gitu?tp apa tdk cpt menguap y?mkash

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger