Alternatif Update Status Facebook Saat Koneksi Lemot

Seiring demam jejaring sosial seperti Facebook menjadi bagian dari keseharian kita, aktivitas update status semakin sering kita lakukan. Saking getolnya dengan jejaring sosial tersebut, kadang gaji pun rela kita sisihkan untuk membeli perangkat yang memungkinkan koneksi internet, seperti laptop, modem, ataupun sekedar handphone yang support internet. Sayangnya, setelah semua perangkat tersebut kita miliki dengan beragam pengorbanan finansial, justru kita sering dihadapkan dengan persoalan koneksi internet.

Tidak jarang kita dibuat jengkel dengan koneksi internet yang super lemot. Berbagai macam tawaran operator yang mengklaim produknya mampu menyuguhkan koneksi internet yang super cepat ternyata harus kita terima sebagai bualan belaka. Terlebih jika kita tinggal di daerah yang tidak terjangkau sinyal 3G atau EVDO, keberadaan sinyal CDMA 1X, GPRS atau setidaknya EDGE menjadi pilihan terakhir untuk dapat menikmati koneksi internet. Alhasil, update status Facebook hanya dapat kita lakukan dengan kesabaran ekstra.

Bertolak dari pengalaman selama ini, tentu kita pernah gagal dalam memuat halaman pertama Facebook. Sebelum masuk ke halaman muka jejaring sosial tersebut, sebuah notifikasi kegagalan koneksi internet mewarnai layar LCD kita. Jengkel? Tentu. Dengan tingkat kesabaran yang mulai menurun, kita sering memuat ulang halaman tersebut meski dengan hasil yang kurang lebih sama. Adakah alternatif agar kita tetap bisa membuka jejaring sosial tersebut meski dengan kualitas koneksi internet yang pas-pasan? 

Sebelum masuk ke inti trik, mari kita ambil logikanya. Pernahkan terbayang jika kita membuka Facebook lewat handphone? Meski dengan keterbatasan sinyal yang ada, baik GPRS ataupun CDMA 1X, kita dapat lebih mudah membuka jejaring sosial tersebut melalui handphone. Kenapa? Karena tampilan dalam handphone dibuat sedemikian rupa oleh pihak ketiga dengan beragam filter iklan, gambar, maupun teks sehingga kecepatan loading dapat ditingkatkan. Inilah logika yang mendasari trik alternatif update status Facebook dengan koneksi internet yang lemot.

Jika sekarang kita dimanjakan dengan gratisnya akses Facebook di beberapa operator dengan embel-embel awalan 0 (zero) sehingga alamatnya menjadi 0.facebook.com, tentu sebagai konsekuensinya kita harus merelakan foto atau image yang ada di jejaring sosial tersebut terfilter. Dengan mode manyun, kita hanya akan melihat barisan teks hasil update dan komen rekan-rekan di Facebook tanpa dapat melihat foto atau image yang menyertainya.

Untuk itu, bagiamana kita dapat melihat gambar-gambar tersebut tanpa harus menunggu loading yang super lama akibat koneksi internet yang super lemot? Gunakan saja versi mobile-nya dengan menambahkan awalan m didepan facebook sehingga alamatnya menjadi m.facebook.com. Meski versi mobile, jika dibuka di netbook atau laptop, baik gambar maupun teks akan dapat kita akses dengan baik dan cukup mudah meski koneksi internet kita pas-pasan. Selamat ber-Facebook ria dengan koneksi internet seadanya.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar