Apa Itu Flirting

Seringkali dalam bahasa pergaulan kita mendengar atau membaca istilah flirting. Sebenarnya, apa itu flirting dan mengapa kata ini sering digunakan dalam bahasa gaul? Mari kita telusuri.

Dalam Bahasa Inggris, flirting berasal dari kata flirt, yang dapat diartikan sebagai main mata. Tambahan -ing merupakan bentukan kata kerja tersebut menjadi kata benda, dengan sedikit perubahan makna, yakni menggoda. Nah, flirting ini kemudian sering dikaitkan dengan upaya seseorang untuk menarik perhatian lawan jenisnya. 

Dalam pemahaman yang lebih fokus, flirting juga sering dikaitkan dengan usaha merayu orang lain agar tertarik dengan kita. Hal ini tidak hanya dilakukan dengan main mata, sentuhan tangan, maupun gerakan tubuh lainnya, namun juga dapat dilakukan melalui media teknologi, baik handphone, internet, maupun alat-alat komunikasi lain.

Sebenarnya, ada aturan serta tips-tips khusus agar upaya flirting direspon oleh lawan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Flirting melalui kontak langsung menggunakan mata, tangan, atau kaki tentu biasa dilakukan sedemikian rupa sehingga lawan tidak merasa terganggu atau dilecehakan. Demikian juga, flirting melalui alat komunikasi juga harus dilakukan tanpa meninggalkan norma-norma kesopanan sehingga lawan mau merespon dengan baik.

Umumnya, orang melakukan aktivitas flirting hanya untuk fun atau kesenangan, karena memang sifatnya hanya menggoda. Namun hal ini sering disalahpamahi sebagai pelecehan sehingga hanya membawa suasana yang tidak menyenangkan bagi kedua belah pihak. 

Pada kenyataannya, pemaknaan istilah flirting  kadang hanya didasarkan pada arti harfiahnya di kamus, sehingga ada yang memahami flirting hanya sebatas main mata. Inilah sebuah fenomena istilah yang saat ini sering disalahartikan dan disalahgunakan.


Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar