Apa itu Internet Broadband

Beberapa waktu terakhir, hampir semua operator baik GSM maupun CDMA ramai-ramai menawarkan layanan internet boradband. Dengan promosi yang menarik, internet broadband seolah lebih diutamakan dibanding promosi komunikasi telepon maupun sms. Apa sebenarnya internet broadband itu? Berikut penjelasan mudahnya.

Broadband sendiri merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai pita lebar. Dalam dunia internet, broadband diartikan sebagai jalur pita lebar yang memiliki kemampuan dan kapasitas besar untuk membawa data sehingga sering disebut koneksi internet kecepatan tinggi. Definisi ini terkait realita bahwa sebelumnya, masyarakat mengenal internet sebatas model dial-up yang memiliki kecepatan hanya sekita 56 kbps. 

Secara teknis, internet broadband memiliki kecepatan jauh diatas kecepatan dial-up, sekitar 256 kbps hingga bermega-mega. Semakin tinggi kecepatan yang ditawarkan, semakin nyaman pengguna dalam memanfaatkan internet. Chatting tanpa pending, streaming tanpa buffering, hingga browsing tanpa terganggu loading. 

Dalam perkembangan pemanfaatan internet, broadband sangat diminati dan ditunggu-tunggu karena saat ini, koneksi internet dengan kecepatan tinggi bukan lagi menjadi sebuah kebutuhan, namun keharusan bagi banyak orang. Terlebih mereka yang hidup dan mengandalkan koneksi internet dalam menunjang aktivitasnya, broadband menjadi solusi kenyamanan baru.

Pada umumnya, internet broadband menjanjikan kecepatan tinggi melalui beragam koneksi, baik ADSL, SDSL, Kabel, Wireless, fiber optic, maupun satelit. Akan tetapi pada prakteknya, banyak sekali faktor yang mempengaruhi kecepatan tersebut sehingga meskipun disebut broadband, kecepatan internet yang dihasilkan juga tidak lebih cepat dari dial-up. 


Lebih-lebih internet broadband yang ditawarkan operator, dengan banyaknya pengguna dan jangkauan sinyal yang kadang kurang merata, kecepatan internet broadband yang ditawarkannya masih dianggap lemot bagi para pengguna. Inilah sebuah realita yang kadang bertentangan dengan harapan kita semua.

Itulah sedikit pengertian tentang internet broadband versi Blogger Gundul. Semoga bermanfaat. Salam

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar