Apa itu Kuota

Sobat mungkin sering mendengar, membaca, atau menemukan kata "kuota" dalam promosi internet salah satu operator seluler. Seperti sedang trend, kata kuota ini seolah menjadi bagian penting dalam memanfaatkan paket internet yang ditawarkan operator tersebut. Sebenarnya, apa yang dimaksud kuota itu? Berikut penjelasannya versi Blogger Gundul.

Kuota dalam arti umum dapat dimaknai sebagai jumlah batasan. Dalam dunia internet, kuota sering diidentikkan dengan jumlah batasan data yang dapat kita manfaatkan dalam suatu periode tertentu dalam kecepatan yang ditawarkan. Jika kuota tersebut terlampaui, umumnya kecepatan akan turun hingga titik terendah.

Sebagai contoh:
Ada sebuah operator yang menawarkan kecepatan internet hingga 3,1 Mbps dengan kuota 1 GB dalam sehari. 

Artinya:
Kuota 1 GB tersebut adalah batasan data yang dapat sobat nikmati dengan kecepatan penuh 3,1 Mbps dalam hari tertentu. Data tersebut akan dihitung dari penggunaan sobat sekalian. Misalnya hari itu sobat mendownload film yang ukurannya 500 MB, maka jika sobat mengunduhnya sebanyak 2 kali, kuota akan habis dan kecepatan koneksi internet sobat tidak lagi 3,1 Mbps, namun turun drastis hingga titik yang ditentukan (biasanya 64 Kbps)

Dari contoh tersebut, sobat dapat memperoleh suatu gambaran bahwa kuota dalam dunia internet dapat diartikan sebagai batasan jumlah data pada kecepatan internet tertentu yang ditawarkan penyedia layanan, dalam hal ini operator. Jadi semakin tinggi kuota internet, maka semakin bagus pula koneksi intenet yang dapat sobat nikmati.

Secara riil, sering kita mengeluh karena kecepatan internet pada penggunaan tertentu menjadi lemot. Hal ini salah satunya bisa diakibatkan kuota kita telah habis dan kecepatan kembali ke posisi paling rendah. Untuk mengatasinya, ada beberapa operator yang memberikan layanan penambahan kuota dengan tambahan biaya. Akan tetapi jika tidak tersedia, sobat dapat menikmati kecepatan penuh tersebut di periode berikutnya. Jadi bijaklah dalam memanfaatkan kuota internet.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar