Apa Itu Yang Dimaksud Hotspot

Advertisement
Seringkali kita mendengar istilah hotspot area, wi-fi hotspot, ataupun gratis hotspot. Di tempat-tempat umum seperti restoran, mall, sekolah, maupun angkringan sekalipun, saat ini telah ditawarkan dengan fasiltas hotspot. Sebenarnya, apa itu yang dimaksud hotspot? Mari kita pahami secara sederhana.

Hotspot area secara sederhana dapat dipahami sebagai area dimana kita bisa memanfaatkan koneksi internet dengan perangkat yang memiliki fitur koneksi Wi-Fi. Dengan bantuan alat yang mampu membagi koneksi internet melalui sinyal Wi-Fi yang dipancarkannya, hotspot area menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis saat ini. Bahkan tanpa memungut biaya tambahan, para pebisnis sering menjadikan hotspot area ini sebagai fasilitas tambahan bagi para pelanggannya.  

Namun demikian, di tengah menikmati kemudahan akses tersebut, sobat juga harus memahami bahwa sebagai fasilitas koneksi internet yang dihadirkan untuk publik, hotspot memiliki beberapa kekurangan yaitu:

Kekuatan sinyal terbatas
Hal ini sangat dipengaruhi oleh alat yang dipakai. Berbagai media hotspot tersedia namun dari pengalaman yang ada, kekuatan hotspot yang biasa dimanfaatkan di tempat-tempat umum hanya berkisar 10 hingga 15 meter dari titik pusat alat. Jadi, untuk mendapatkan sinyal yang stabil dan kuat, pastikan sobat berada di dekat alat.

Dipakai ramai-ramai
Hotspot umumnya dimanfaatkan secara beramai-ramai, karena satu media hotspot umumnya mampu membagi koneksi internet hingga lebih dari 5 perangkat penangkap, baik berupa smartphone, laptop, maupun tablet. Ini memungkinkan kecepatan koneksi internet terbagi menjadi beberapa titik, sesuai jumlah pengguna. Layaknya kue yang dibagi, semakin banyak penerima, semakin kecil pula bagiannya.

Rawan pencurian file
Jika tidak di-protect, file-file dalam smartphone, laptop, atau tablet sobat dapat dengan mudah diakses karena fasilitas hotspot memungkinkan sobat terkoneksi dengan komputer lainnya. Ini memungkinkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab mencuri file-file tersebut untuk kepentingan pribadi. Jadi, hati-hati memanfaatkan koneksi publik ini jika perangkat sobat tidak terlindungi dengan baik.

Nah itulah apa yang dimaksud hotspot beserta kelemahannya. Jika sewaktu-waktu sobat memiliki perangkat dengan fasilitas Wi-Fi, hotspot area dapat sobat jadikan tempat nongkrong untuk mengakses internet secara gratis, tentu dengan mempertimbangkan kekurangan-kekurangan tersebut. Selamat ber-hotspot ria. Salam



0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger