Beberapa Pertimbangan Cari Kerja Dulu atau Lanjut Kuliah S2


Seringkali seorang fresh graduate mengalami kebingungan apakah ingin mencari kerja dengan bekal ijazahnya atau melanjutkan study ke S2. Menurut pengalaman Blogger Gundul sendiri, dilema ini dapat diantisipasi dengan memahami terlebih dahulu beberapa poin penting yaitu:

Waktu
Untuk menyelesaikan study di S2 dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun. Sementara itu, kerja selama 2 tahun umumnya telah cukup ideal untuk membawa sobat ke status karyawan tetap atau setidaknya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi perjalanan karier sobat sekalian.

Biaya
Melanjutkan kuliah ke S2 berarti ada biaya yang harus dikeluarkan. Siapa yang akan menanggungnya? Padahal umumnya biaya study S2 jauh lebih mahal daripada S1. Tentu sobat tidak ingin merepotkan orang tua lagi ketika sebenarnya sobat telah bisa mandiri bukan?

Harapan
Apakah harapan utama sobat jika ingin melanjutkan study ke S2? Sementara ini mayoritas perusahaan melihat calon pegawainya berdasarkan pengalaman kerja, bukan dari gelar kesarjanaan. Artinya, sobat harus realistis bahwa hanya sedikit sekali perusahaan yang mencari karyawan baru dengan gelar Master, kecuali jika sobat membidik profesi khusus seperti Dosen.

Kesempatan
Beberapa perusahaan atau instansi memberikan kesempatan kepada pegawainya untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya. Ini memungkinkan sobat dapat bekerja sambil kuliah, tentu dengan manajemen waktu yang baik. Artinya, kesempatan untuk melanjutkan S2 sebenarnya masih terbuka ketika sobat memutuskan bekerja terlebih dahulu.

Kondisi Psikis
Apakah semangat serta fokus sobat dalam menjalankan study masih terjaga. Jika ya, berarti dalam waktu 2 tahun, sobat dapat memastikan diri lulus dengan gelar Master, namun jika masih ragu, konsekuensi semakin tertinggal dalam hal pengalaman kerja akan sobat hadapi ketika bertemu kembali dengan rekan-rekan S1.

Itulah beberapa poin yang dapat sobat jadikan acuan ketika ingin memutuskan mencari kerja atau melanjutkan kuliah ke S2 ketika lulus dari S1. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar