Beda Kecepatan Internet Unlimited dan Volume Based

Di tengah tuntutan terhadap kecepatan koneksi internet yang memadai, kita sering dihadapkan pada pilihan paket internet unlimited dan volume based. Dengan pautan harga yang relatif tinggi, kita sering bingung menentukan pilihan. Sebenarnya apa perbedaan kecepatan internet ulimited dengan volume based? Mari kita telusuri.

Jika sebelumnya, paket volume based serng dibandingkan dengan time based, saat ini nampaknya time based tidak begitu populer sehingga perbandingannya justru diterapkan pada paket unlimited. Secara riil, memang saat ini paket internet unlimited sering dijadikan pilihan disamping paket volume based. Adapun perbedaan antara keduanya terletak pada beberapa hal yakni:

Harga
Umumnya, harga paket unlimited lebih terjangkau karena merupakan harga pasti dalam setiap periode waktu. Artinya jika kita ingin memanfaatkan koneksi internet sebulan penuh, kita harus menyisihkan jumlah tertentu sebagai biaya tetap paket tersebut, yang rata-rata untuk saat ini sekitar 50 Ribu Rupiah untuk paket dasar. Paket volume based akan berbanding lurus dengan penggunaan kita, yang jika diakumulasi selama satu bulan penuh, dan jika frekuensi pemakaiannya sama dengan paket unlimited, hasilnya akan sangat jauh lebih mahal. 

Kuota
Kuota paket internet unlimited biasanya sangat terbatas, dan akan habis pada penggunaan yang intensif. Jika kuota habis, hal ini akan menyebabkan penurunan kecepatan pada koneksi internet kita. Sementara itu pada paket volume based, kuota tidak dibatasi, selama pulsa kita memadai. Kuota akan selalu ada, tak terbatas selama pulsa kita dapat dipotong untuk pembelian, yang umumnya dihitung per kilobyte.

Kecepatan
Kecepatan koneksi internet pada paket unlimited akan menurun jika kuota telah terlampaui. Penurunan ini akan sangat terasa karena drastis ke titik terendah, yang kadang bisa hingga 15 kali lipat penurunannya. Untuk paket volume based, kecepatan akan stabil dan tidak ada penurunan selama pulsa kita mencukupi karena paket ini menerapkan prinsip pembayaran pada kuota, bukan pada kecepatan. 

Itulah perbedaan praktis paket internet unlimited dan volume based yang saat ini sering kita temukan dalam promosi sebuah operator. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan biaya yang minimal, tentu kita bisa menyesuaikan paket mana yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bertindak bijak dalam memanfaatkan internet akan menggiring kita pada efisiensi. Semoga bermanfaat. Salam.

Kategori:

10 komentar: