Cara Merawat Batik Warna Alam

Di tengah popularitas kain batik yang telah mendunia, semakin banyak orang yang memburu batik tulis sebagai sebuah karya seni bernilai tinggi, yang dapat dinikmati setiap hari. Akan tetapi, agar tetap awet, batik tulis memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya. Untuk itu, berikut Blogger Gundul berikan tips merawat batik warna alam yang praktis dan mudah.

Pada dasarnya, merawat batik warna alam bertujuan untuk menjaga warna itu sendiri agar tetap cerah, enak dipandang, serta tetap memiliki kekhasan tersendiri. Langkah-langkahnya pun cukup mudah yaitu:

Pencucian
Mencuci batik warna alam tidak boleh sembarangan. Agar hasilnya optimal, mencuci batik warna alam harus dengan lerak, yaitu sabun dari biji jenis tumbuhan. Selain itu, jika sulit mencari sabun tradisional lerak, pencucian juga dapat dilakukan dengan sabun bayi atau shampo bayi yang cenderung lembut dan tidak merusak kain.

Penjemuran
Menjemur batik warna alam juga tidak boleh asal-asalan. Menempatkan batik warna alam langsung di terik matahari akan membuat warna batik cepat pudar dan kusam. Penjemuran hendaknya dilakukan di tempat yang teduh sehingga batik dapat kering secara perlahan tanpa kehilangan warna aslinya.

Setrika
Menyetrika batik warna alam memang harus dilakukan secara perlahan, dengan kondisi setrika yang tidak terlalu panas. Hal ini untuk menjaga kualitas warna dari bahan-bahan alami tersebut agar tidak pudar dan kusam terkena panas yang berlebihan.

Itulah sekilas tentang cara praktis merawat batik warna alam. Semoga Bermanfaat dan mari kita lestarikan warisan karya seni nenek moyang ini dari generasi ke generasi. Salam


Kategori:

4 komentar:

  1. whehe. kalo batek gue sih gak ada yang ane rawat sampe kayak giutnya

    BalasHapus
  2. @Free Download Sotware: Memang saat ini banyak yang cari praktisnya, ga mau repot, jadi males juga pake batik tulis..

    BalasHapus
  3. setidaknya ada pengetahuan yg dapt di petik,,,

    BalasHapus
  4. @Azizah: Hehehe, makasih Sis dah mampir..

    BalasHapus