Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa


Pernahkah terlintas di benak sobat kenapa para orang tua jaman dulu sering mengunyah dauh sirih (baca: Nginang)? Setelah beberapa lama kebiasaan ini ada di tengah masyarakat, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ternyata daun sirih memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Nah, terkait realita tersebut, kali ini Blogger Gundul akan mengulas tentang cara mudah  menghilangkan bau mulut ketika puasa dengan daun sirih.

Daun sirih dipercaya mengandung atsiri yang berfungsi membunuh bakteri. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang-orang jaman dahulu yang suka nginang umumnya memiliki gigi-gigi yang bersih, putih, dan cenderung tidak memiliki bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirih tersebut telah membunuh bakteri-bakteri yang muncul dari sisa-sisa makanan di mulut.

Dari logika tersebut, daun sirih dapat kita manfaatkan untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab bau mulut yang sering kita keluhkan. Bagaimana caranya? Apa kita harus nginang seperti simbah-simbah kita dahulu? Silahkan jika mau, hehheheh. Tapi Blogger Gundul punya tips sederhana sebagai berikut: 
  1. Siapkan beberapa lembar daun sirih;
  2. Rebus hingga mendidih;
  3. Saring air rebusan daun sirih tersebut;
  4. Diamkan beberapa menit agar dingin
  5. Pakailah air tersebut untuk kumur ketika akan tidur dan setelah gosok gigi di waktu habis sahur 
Itulah sekilas tips tentang cara mudah menghilangkan bau mulut ketika puasa dengan daun sirih sebagai bahannya. Jika sobat masih ingin mengetahui lebih banyak tentang manfaat daun sirih, berikut beberapa diantaranya: 
  • Sebagai obat sariawan
  • Mengobat pendaharan hidung (mimisan)
  • Menguatkan gusi
  • Meluruhkan ludah
  • Menghentikan pendarahan gusi 
Menariknya, sirih dapat dibudidayakan dengan mudah di tempat-tempat yang memiliki kandungan air yang cukup. Jadi, tunggu apa lagi, manfaatkan lahan sobat atau pot di halaman sobat untuk menanam sirih dan rasakan manfaatnya.


Demikian cara mudah menghilangkan bau mulut ketika puasa versi Blogger Gundul. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam

Kategori:

4 komentar:

  1. wah ini tips yang banyak dicari orang, moga bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. @Todaymustbefine: Makasih kunjungannya Bos...Salam sukses..

    BalasHapus
  3. tips yang bagus, walaupun puasa mulut bisa tetap segar...
    hehe :D

    BalasHapus
  4. @Fajar: Makasih Bos, salam sukses

    BalasHapus