Hal-Hal Yang Harus Ditulis dalam Membuat (Curriculum Vitae) CV


Secara formal, memang banyak sekali jenis atau format CV. Akan tetapi, dari sekian banyak jenis atau format tersebut, ada sebuah kesamaan yang seharusnya menjadi perhatian kita, yaitu isi. Untuk itu, berikut Blogger Gundul berikan sedikit gambaran tentang hal-hal yang harus ditulis dalam membuat CV.

Ketika kita akan melamar kerja, sering kita dihadapkan pada permintaan untuk melengkapinya dnegan membuat Curriculum Vitae, atau sering disingkat CV. Memang sepintas sederhana, namun membuat CV sebenarnya butuh perhatian khusus.

Menyusun CV pada dasarnya dapat dimaknai membuat media promosi bagi potensi diri kita. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus kita masukkan dalam CV tersebut, yaitu:
  • Gambaran singkat tentang keahlian, ketrampilan khusus, rencana ke depan, serta harapan-harapan kita di masa yang akan datang. Kita dapat menulisnya dalam satu atau dua kalimat.
  • Identitas diri, yang berisi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, no telepon, status pernikahan, email, dan lain-lain.
  • Latar belakang pendidikan, yang dapat diurutkan dari level teratas hingga terendah maupun sebaliknya. Cantumkan pula periode study dari masing-masing level agar lebih jelas.
  • Pengalaman kerja, yang dimulai dari pekerjaan terakhir dan diikuti pekerjaan-pekerjaan terdahulu. Cantumkan pula periode pekerjaan tersebut.
  • Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti, baik diklat teknis maupun diklat-diklat lain yang relevan dengan pekerjaan.
  • Keahlian khusus, yang umumnya dikaitkan dengan pekerjaan yang dilamar. Ketrampilan ini umumnya akan mendukung penilaian kita pada pekerjaan tertentu.
  • Hobi dan ketertarikan, yang dapat kita isi dengan hal-hal umum yang memang kita geluti dan kita sukai, maupun yang berkaitan dengan pekerjaan yang kita lamar.
  • Referensi, yaitu orang yang dapat memberikan informasi tentang kita dalam hal potensi, keahlian, dan kecakapan kita. Biasanya dapat kita isi dengan atasan kita sebelumnya, pembimbing ketika kuliah, maupun teman sejawat sebelumnya yang memiliki jabatan khusus.

Itulah hal-hal yang harus ditulis dalam membuat CV. Seperti halnya promosi, kita dapat membuat CV sedemikian rupa sehingga menarik namun tetap dalam batas-batas kewajaran dan kebenaran alias tidak membual.  Semoga bermanfaat. Salam.

Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar