Kelemahan BBM sebagai Media Chatting

Saat ini banyak sekali penggemar gadget yang memburu BlackBerry hanya untuk bisa ber-BBMan. Alih-alih menggunakan fasilitas smartphone yang super canggih, banyak pengguna BlackBerry yang justru hanya puas memainkan layanan BBM sebagai media chatting dan tidak mau mengoptimalkan fungsi lain dari gadget ini. Sebenarnya, apakah kelemahan BBM sebagai media chatting? Berikut ulasannya.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman Blogger Gundul, layanan BBM memiliki beberapa kelemahan ketika kita jadikan media chatting semata, yaitu:

Paket Lebih Mahal
Untuk dapat mengakses layanan BBM, tentu kita harus menggunakan paket khusus yang ditawarkan masing-masing operator. Dari mengamati tarif normal selama ini, paket termurah untuk dapat bermain BBM berkisar antara 30 ribu hingga 40 ribu Rupiah, yang biasa disebut Paket Sosial. Kecuali sedang promo, paket ini jauh lebih mahal jika melihat batasan yang ditetapkannya. Coba sobat bandingkan dengan paket internet biasa, dengan biaya sebesar itu, sobat dapat browsing, streaming, ataupun menggunakannya untuk modem.

Komunitas Terbatas
Untuk dapat bermain BBM, sobat harus menambah anggota komunitas terlebih dahulu, yang tentu mensyaratkan anggotanya memiliki sendiri gadget BlackBerry. Jika dibandingkan dengan layanan chatting lain, BBM nampak kurang fleksibel karena pengguna BB juga terbatas, itupun jika kita tidak memiliki informasi PIN dari anggota yang ingin kita ajak gabung, komunikasi chatting via BBM juga tidak dapat dilakukan. 

Sering Pending
Responsivitas layanan BBM sangat ditentukan oleh kualitas jaringan oeprator maupun gadget BlackBerry kita masing-masing. Sering karena ketidakoptimalan kualitas kedua hal tersebut, BBM pending dan pesan tidak terkirim kepada lawan. Hal ini tentu sangat tidak nyaman dan kadang membuat kita emosi. Pada beberapa kesempatan, penurunan kualitas gadget karena usia pemakaian sering menimbulkan kondisi pending tersebut. Solusinya, kita harus mengatur sedemikian rupa agar gadget BB kembali optimal kinerjanya.

Itulah beberapa kelemahan BBM sebagai media chatting sesuai pengamatan dan pengalaman Blogger Gundul. Memang memiliki BlackBerry membawa sejumlah kemudahan bagi kita, namun tanpa pemanfaatan yang bijak, gadget tersebut hanya menjadi sebuah alat yang kurang produktif. Semoga bermanfaat dan bertindaklah bijak dalam memanfaatkan teknologi. 

Kategori:

2 komentar:

  1. yang gak punya BB ngacung !!
    sik duwe blog ki duwe po ra ?
    hahaha

    BalasHapus
  2. @Roni Rahmawan: Ane ngacung ah...jiahahhahahaha

    BalasHapus