Kelemahan Utama Handphone Android

Seiring trend Android yang melanda dunia, hampir semua produsen handphone menawarkan produk Androidnya di pasaran. Alhasil, berbagai model handphone bersistem Android muncul dan menggoda niat kita untuk memilikinya. Tapi tunggu dulu, jika sobat tertarik, simak dulu kelemahan utama handphone Android ini agar sobat lebih mantap membeli.

Dari beberapa pengamatan dan pengalaman selama ini, setidaknya ada satu keluhan yang paling sering dilontarkan oleh para pengguna handphone Android, yaitu baterai yang terlalu boros. Itulah kelemahan utama handphone Android selama ini. Kenapa demikian? Ternyata biang kerok dari borosnya baterai Android ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

Layar
Umumnya, handphone Android dihadirkan dengan layar lega, karena berjenis touchscreen. Ukuran tersebut tentunya berdampak pada komsumsi tenaga yang super rakus. Untungnya, produsen juga terus berinovasi untuk memproduksi layar hemat energi.

Kapasitas Baterai
Jika dibandingkan dengan handphone biasa, baterai yang dibenamkan di handphone Android tidak terlalu terpaut banyak dalam hal kapasitas, padahal harus menyokong layar yang lebih lebar.  Di pasaran saat ini, kecuali yang berharga mahal, baterai handphone Android relatif terlalu kecil kapasitasnya untuk menggerakkan layar leganya.

Koneksi Internet
Handphone Android sepertinya sangat identik dengan koneksi internet sehingga gadget ini nampak kurang optimal fungsinya jika tidak terkoneksi dengan internet. Akibatnya, baterai harus bekerja ekstra untuk mendukung kinerja tersebut.

Terlalu banyak Aplikasi
Karena merupakan sistem terbuka, beragam aplikasi gratis tersedia di pasaran untuk dapat didownload dan diinstall di gadget ini. Hal ini menjadikan para pengguna cenderung menumpuk aplikasi yang dia anggap menarik sehingga kadang sangat menguras tenaga.

Itulah beberapa hal yang membuat handphone Android cepat habis. Jadi, jika sobat ingin sedikit mengatasi kelemahan utama handphone Android, tentu pertimbangan keempat hal tersebut dapat dicermati sebelum membeli. 

Dari realita tersebut, kita boleh lega karena saat ini semakin banyak produsen yang mencoba mengatasi kelemahan Android tersebut dengan mengeluarkan produk-produknya yang dilengkapi baterai berkapasitas lebih besar. Kedepan, tentu kita berharap agar kelemahan utama handphone Android ini dapat diatasi dan kita lebih nyaman dalam mengoptimalkan si Robot Hijau. Semoga bermanfaat.

Kategori:

11 komentar:

  1. tp apapun kekurangan android psti akan segera tratasi....android gitu loh...hehe
    thanks infonya

    BalasHapus
  2. Bener juga sih... baru berapa jam standby trus maen game bentar langsung drop tuh batere.....

    BalasHapus
  3. kalo soal layar, itu relatif kpd calon pembeli android, mau yg kecil ato yg besar, trus kalo soal battrey yg boros, gk cuma android aja, coba liat bb itu bisa tahan brp hari hayo? emg awet gk nya itu tergantung penggunaan.

    BalasHapus
  4. Semua poin2 yang disebutkan di atas, saya rasa bukan masalah hp android saja, tapi juga smartphone ber-OS lain, seperti iPhone, BB, dan Windowsphone.

    BalasHapus
  5. @Arickzone: Memang, saat ini kelemahan utama Android adalah baterai yang boros, tapi tentu gap ini dapat direspon serta ditindaklanjuti oleh para produsen, ya kan Bro? Kita cuma bisa berharap.
    @Torabora: Memang game sangat menguras baterai, tidak hanya di handphone Android kok. Tapi karena layar Android umumnya lega, permainan itu cepat menguras daya baterainya.
    @Blog Nova13: Memang Android muncul ketika demam layar lega mulai merambah, jadi deh Android kena getahnya, tapi dengan proporsi baterai yang baik, tentu gadget ini tidak seboros saat ini. Sekedar perbandingan, dulu ada handphone yang berlayar 2,4 inch, tapi baterainya 1.500 mAh, sehingga tahan hingga satu minggu.
    @Tongkonanku:Ya, memang semua mengalaminya namun jika kita liat perkembangan handphone Android yang mulai merambah produsen China, kita tentu berharap ada dari mereka yang mengeluarkan handphone Android dengan kemampuan baterai yang mumpuni.
    @All: Makasih Gan dah berkunjung dan berbagi ide. Salam sukses n salam Android. heheheh

    BalasHapus
  6. Berarti intinya di baterai iya. :D

    BalasHapus
  7. @Dani Siregar: Yup, hampir semua hal tentang Android sangat menggiurkan, namun ketika bicara tentang baterai, SAAT INI memang menjadi kelemahan utamanya...Kita hanya bisa berharap para produsen segera memperbaiki kelemahan ini dna Android makin jaya, hehhehe. Salam Android Bro, trims dah berkunjung.

    BalasHapus
  8. betul, baterainya memang agak cepat habis, kadang satu hari bisa sampai 2 kali cas...
    semoga cepat ada solusinya ya...

    BalasHapus
  9. @Rian: memang Gan, kita hanya bisa berharap ada produsen Android yang membekali produknya dengan baterai yang mumpuni, minimal bisa tahan seminggu jadi tambah yahuud aja tuh gadget, hehheh..

    BalasHapus
  10. Untuk baterai kan sudah ada power bank jadi sudah tidak ada masalah
    maaf, bukannya dengan semakin banyak aplikasi kita jadi lebih banyak pilihan. rasa android tidak ada kekurangan. yang ada hanya kurang duit pgn beli android

    BalasHapus
  11. @Anik: Hehehehe, Android sekarang makain murah kok, kurang dari 1 jeti dah bisa bawa pulang salah satunya, asal ga milih yang yahud. Banyaknya aplikasi yang diinstal tentu secara tidak langsung akan membuat baterai cepat habis...

    BalasHapus