Perbedaan RUIM dengan Inject

Seringkali kita mendengar atau membaca sebuah handphone CDMA memiliki spek RUIM diantara fitur-fitur lainnya. Seolah menjadi sebuah keunggulan yang ditawarkan produsen, kata RUIM tersebut sering dicetak tebal. Apa sebenarnya perbedaan RUIM dengan Inject itu? Berikut penjelasan non-teknis Blogger Gundul untuk mempermudah pemahaman.

RUIM atau juga dikenal dengan R-UIM sendiri adalah kepanjangan dari Removable User Identity Module, yaitu sebuah chip yang mampu menyimpan informasi pribadi, khususnya di jaringan CDMA. Artinya, jika sebuah handphone CDMA support RUIM, berarti kartu telepon dari salah satu operator seluler dapat dimasukkan secara langsung oleh user, yang berfungsi tidak hanya sebagai nomor pribadi, namun juga untuk menyimpan informasi-informasi lain seperti nomor telepon teman, pesan, dan lain-lain sesuai kapasitas kartu.

Sementara itu, Inject atau sering diartikan sederhana sebagai "menyuntik" adalah sebuah istilah yang sering ditujukan kepada sistem memasukkan nomor kedalam handset melalui kode-kode khusus. Dengan demikian, tidak sembarang orang mampu melakukan proses ini dan umumnya juga harus dilakukan secara legal untuk memberikan hasil yang optimal. Meski sebelumnya, sebuah nomor telepon seolah melekat pada kartu, dengan sistem inject, nomor yang ada di kartu tersebut akan berpindah ke gadget dimana nomor itu di-inject.

Dengan sedikit gambaran tersebut, dapat kita bedakan perbedaan antara handphone yang bersistem RUIM dengan inject terletak pada lokasi nomor telepon itu sendiri. Sistem RUIM berarti nomor dapat dipindah-pindah dengan mudah ke handset lain, sementara sistem Inject harus melalui proses lepas kode dari handset satu dan pasang kode ke handset lainnya.

Itulah gambaran singkat perbedaan RUIM dengan Inject. Jadi, jika sobat ingin membeli handphone CDMA, usahakan memilih yang sudah support RUIM meskipun kadang tetap masih dikunci oleh salah satu operator. Sistem ini akan mempermudah sobat ketika harus ganti gadget, atau dimasukkan ke modem sebagai media koneksi internet. Salam

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar