Perhitungan Praktis Skor TOEFL ITP

Siang ini saya baru saja mengambil hasil Tes TOEFL ITP di salah satu Universitas ternama di Yogyakarta. Alhamdulillah, hasilnya lumayan meski masih jauh dari target. Nah, dari hasil penasaran saya terhadap perhitungan nilai TOEFL ITP tersebut, saya menemukan sebuah referensi menarik yang mungkin bermanfaat bagi sobat sekalian. 

Sebelum masuk ke perhitungan, mungkin sobat perlu lebih memahami apa itu TOEFL ITP. TOEFL ITP atau Test Of English as a Foreign Language, Institutional Testing Program sebenarnya merupakan tes untuk menguji kemampuan Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh institusi tertentu. Tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu:

Bagian/Sesi I
Listening Comprehension (Jumlah Soal 50)
Bagian/Sesi II
Structure and Written Expression (Jumlah Soal 40)
Bagian/Sesi III
Reading Comprehension (Jumlah Soal 50)

TOEFL ITP sebenarnya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa atau karyawan yang ingin mengetahui kemampuan Bahasa Inggrisnya, namun saat ini hasil tes tersebut juga sering dimanfaatkan untuk seleksi lamaran kerja atau beasiswa ke luar negeri (meski beberapa universitas tetap mensyaratkan Tes TOEFL murni, bukan TOEFL ITP). 

Kembali ke perhitungan skor TOEFL ITP, untuk mengetahui hasil jawaban kita dalam ujian TOEFL tersebut, kita dapat berpedoman pada tabel di bawah ini. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Hitung jumlah soal yang dapat sobat jawab dengan benar saja, nanti yang salah dapat dhitung belakangan untuk mengetahui prosentase jawaban kita.
  • Cocokkan jawaban yang benar tersebut sesuai tabel (Sesi adalah Bagian, sesuaikan dengan keterangan diatas) 
  • Jumlah hasil konversi nilai tersebut dengan rumus Sesi I + Sesi II + Sesi III
  • Bagi hasil penjumlahan semua Sesi tersebut dengan 3 (tiga)
  • Kalikan hasil pembagian tersebut dengan 10
  • Hasilnya adalah skor TOEFL ITP sobat sekalian
Sebagai contoh:
Dari 140 soal keseluruhan, sobat hanya dapat menjawab benar 35 soal di Sesi I, 35 soal di Sesi II, dan 40 soal di Sesi II

Setelah dikonversi sesuai tabel, kita memperoleh skor 54 di Sesi I, 60 di Sesi II, dan 55 di Sesi II, maka perhitungannya sebagai berikut:

54+60+55=169
169/3=56,33
56,33x10=563

Nah, ketemu hasilnya, skor TOEFL Sobat 563


Catatan


Karena tidak memiliki buku TOEFL, perhitungan ini Blogger Gundul dapat dari  sobat Blogger, yang blognya dapat sobat kunjungi melaui link yang ada di bawah tabel. Semoga bermanfaat. Salam.


Kategori:

1 komentar:

  1. Range Score TOEFL ITP adalah 310-677
    Kalau mnrurut tabel ini score minimalnya justru 216,66 ( jika tidak ada benar sama sekali)

    Ada perbedaan di tabel yang anda sajikan dengan buku panduan ITP yg saya Punya.
    Boleh tau sumber dari mana??


    CMIIW

    BalasHapus