Tips Mengejar Diskon Lebaran

Menjelang Lebaran, banyak sekali promosi penjualan dengan memakai embel-embel diskon. Seakan dihipnotis, kita pun sering secara tidak sadar terjebak dalam strategi promosi tersebut. Apakah diskon itu hanya tipuan? Tentu terlalu keras jika kita menyebutnya demikian. Untuk itu, berikut Blogger Gundul berikan sedikit gambaran dan tips mengejar diskon Lebaran.

Diskon Lebaran memang sangat menggiurkan, terkadang bahkan hingga 90%. Akan tetapi jika kita telusuri, diskon tersebut merupakan strategi promosi untuk membuat suatu barang cepat laku, karena beberapa alasan sebagai berikut:

Barang Apkiran
Sering ketika sebuah produk memiliki cacat produksi, kerusakan kecil, atau tidak sempurna karena sebab-sebab lain, penjual telah memilah-milahnya dan sengaja menurunkan harganya agar tetap laku dan tidak harus menanggung rugi.
Trend Surut
Hal ini sering terjadi pada produk-produk fashion. Seiring trend fashion yang sangat relatif, produk-produk yang dijual pun kadang mengalami penurunan dalam hal omset. Agar tetap laku, penjual pun mengambil inisiatif untuk mengobralnya melalui diskon.
Hampir Kadaluwarsa
Produk-produk makanan seringkali memiliki masa konsumsi. Ketika masa tersebut hampir habis, penjual sering memberlakukan separuh harga  atau diskon besar-besaran agar stoknya tidak basi dan dapat dikonsumsi oleh pembeli dengan harga miring.

Nah, agar sobat tetap aman dan nyaman dalam membeli produk yang didiskon, pastikan bahwa barang tersebut memang masih layak dimanfaatkan. Untuk berhati-hati, terapkan langkah-langkah berikut:

  • Cek kondisi fisik barang secara teliti
  • Bandingkan dengan harga di toko lain
  • Cek tanggal kadaluwarsa jika merupakan produk makanan
  • Jangan sungkan untuk bertanya-tanya kepada penjual
  • Tanyakan garansi jika produk bermasalah setelah dibawa pulang

Itulah beberapa tips mengejar diskon Lebaran yang dapat sobat aplikasikan ketika menyambut hari besar tersebut. Mempersiapkan diri dengan daftar kebutuhan akan lebih bijaksana daripada hanya berpatokan pada harga yang nampak murah namun barang yang dijual sebenarnya tidak mendesak kita butuhkan. Semoga bermanfaat. Salam.




Kategori:

2 komentar:

  1. walaupun diskon besar-besaran, harus tetap bijak dalam berbelanja...

    BalasHapus
  2. @Ibu Rani: Memang Bu, bertindak bijak dapat membuat kita berhemat. Terima kasih telah berkunjung.

    BalasHapus