Tips Mudik Lebaran

Bulan puasa memang belum tiba, namun tak ada salahnya kita ancang-ancang mempersiapkan diri menyambut Lebaran dengan rencana mudik yang lebih matang. Jika sobat kebetulan merantau di kota dan berencana mudik ketika Lebaran nanti, ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan jauh-jauh hari. Untuk itu, berikut Tips Mudik Lebaran pakai Motor versi Blogger Gundul.

Mudik Lebaran merupakan aktivitas yang membutuhkan rencana matang agar membawa kesan dan pengalaman yang indah. Untuk melaksanakannya, berikut beberapa persiapan yang perlu sobat lakukan:

Sebelum Berangkat
Pastikan rumah/kontrakan/kos dalam keadaan aman, baik dengan mencabut semua peralatan listrik, merapikan ruangan agar tidak diserbu tikus, serta mengunci semua pintu dan jendela. Agar lebih aman, percayakan tempat tinggal sobat kepada tetangga atau penjaga.

Selama di Perjalanan
Bawa bekal yang cukup, baik makanan, minuman, peta, peralatan, perlengkapan pribadi, maupun uang tunai. Jika kondisi memaksa sobat harus membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, pisahkan uang tersbeut kedalam beberapa bendel, dan tempatkan di lokasi yang berbeda-beda untuk mencegah kehilangan total.

Setelah Sampai Tujuan
Bersiaplah beradaptasi dengan lingkungan yang mungkin tidak terlalu familiar. Selain sarana prasarana yang tidak selengkap kota, kebiasaan dan adat istiadat daerah tujuan hendaknya dapat sobat junjung tinggi. Jangan biarkan kesan negatif muncul dari lingkungan sekitar karena kurang mampunya sobat menyesuaikan diri.

Itulah sekilas tentang tips mudik lebaran versi Blogger Gundul yang dapat sobat terapkan ketika tiba waktunya. Memang Lebaran masih cukup lama namun dengan perencanaan yang matang, momentum tahunan tersebut kiranya dapat kita nikmati dengan penuh kebahagiaan. Salam.




Kategori:

2 komentar:

  1. info yang bagus, dan jangan lupa jangan ugal-ugalan bagi yang mmbawa kendaraan pribadi :)

    BalasHapus
  2. @Tino: Makasih kunjungannya Bos...

    BalasHapus