ABG Jogja dalam Dunianya


Menguak lika-liku ABG Jogja memang mengasyikkan, menambah semangat untuk menjelajahi setiap sudut kota yang terkenal dengan keistimewaannya ini. Terlebih di tengah arus globalisasi teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat saat ini, mereka semakin eksis di tengah serbuan perubahan gaya hidup dan perilaku. Penasaran? Mari kita telusuri ABG Jogja dan dunianya.

Seiring modernisasi dalam setiap sudut kehidupan yang menyentuh kalangan remaja, ABG Jogja dengan dunianya nampak anggun dan sedap dipandang mata. Betapa tidak, dengan pakaiannya yang menggambarkan keanggunan, para ABG ini tidak hanya modis namun juga mampu memikat para pelestari seni dan budaya di daerah ini.

Domas, yang menurut istilah adalah remaja putri pengiring mempelai putri dalam sebuah pesta pernikahan saat ini sering dijadikan sebutan bagi ABG Jogja dalam dunianya. Domas saat ini menjadi sebuah cerminan bahwa para remaja Jogja masih menjadi bagian penting dari upaya pelestarian upacara-upacara tradisional yang sering dijumpai pada prosesi pernikahan. ABG Jogja dalam dunia domas ini nampak anggun dan menarik dengan dandanan yang sederhana namun menyiratkan sejuta makna.

Pada beberapa kesempatan, ABG Jogja yang berperan sebagai domas menjadi pusat perhatian khusus bagi para tamu. Terlebih bagi para orang tua yang sedang membidik calon mantu, domas laksana pilihan yang dapat saja mereka bidik untuk dijadikan anak mantu di kemudian hari karena pada umumnya, domas diambil dari gadis-gadis remaja yang belum terikat pernikahan, yang umumnya berasal dari anggota keluarga temanten.

Saat ini, banyak ABG Jogja yang kelihatan anggun ketika menjadi domas bagi anggota keluarganya yang menikah. Ternyata, di tengah serbuan pakaian-pakaian serba minim, keanggunan ABG Jogja masih terlihat meski mereka dibalut dengan pakaian tardisonal adat Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang ABG Jogja dalam dunianya yang serba dinamis masih mampu menunjukkan kiprahnya dalam melestarikan nilai-nilai budaya negeri.  

Kategori:

6 komentar:

  1. abg mu pengawale ngeri ngono kang,, tatutttt, maksimal!!

    BalasHapus
  2. nek ngunu kui aku wedi meh ganggu ABG ABg kui =))

    BalasHapus
  3. @Pakne: Hahahahah, kelingan jaman semono po Lek?
    @Kang Bowo: Hahahhaha, wani piro Mbah?

    BalasHapus
  4. wah..abg ne wes ra abg meneh..

    BalasHapus
  5. @Satusatuen: Lho, yang dilihat belakange, yang depan penjagane, hahahha

    BalasHapus
  6. aku pernah jadi domas sekali. pas abg dulu.. :p

    BalasHapus