Apa itu Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Seringkali kita mendengar kata Kartu Tanda Penduduk. Bahkan meskipun kita memilikinya, sering kita lupa definisi KTP itu sendiri, ataupun elemen apa saja yang ada dalam kartu identitas tersebut. Nah, agar lebih dekat dengan dokumen pribadi ini, berikut Blogger Gundul sajikan infromasi sekilas tentang apa itu KTP.

Apa itu Kartu Tanda Penduduk (KTP)

KTP atau kepanjangan dari Kartu Tanda Penduduk merupakan kartu identitas resmi seseorang sebagai penduduk suatu wilayah yang umumnya dikeluarkan oleh Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdekat. KTP merupakan kartu identitas resmi di Indonesia yang harus dimiliki seseorang yang telah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah. Kartu ini berlaku selama 5 tahun dan wajib diperpanjang, kecuali yang telah berusia 60 tahun, atau yang telah memiliki KTP seumur hidup. 

Secara rinci, KTP berisi beberapa elemen informasi sebagai berikut:
  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nama lengkap pemilik
  3. Tempat lahir pemilik
  4. Tanggal lahir pemilik
  5. Jenis kelamin pemilik
  6. Alamat pemilik
  7. Agama pemilik
  8. Kewarganegaraan pemilik
  9. Golongan darah pemilik
  10. Foto pemilik
  11. Tanda tangan atau cap jempol
NIK dalam hal ini sedang dikembangkan sebagai ketetapan yang tidak bisa diubah, dan akan dimanfaatkan sebagai kunci akses verifikasi dan validasi jati diri seseorang. Meski saat ini mulai diperbaharui dengan E-KTP yang lebih sentral, KTP masih dikeluarkan secara manual oleh masing-masing daerah.

Pada beberapa kesempatan, KTP dapat saja digantikan keberadaannya dengan SIM, dengan syarat informasi yang dibubuhkan sama. Akan tetapi, sebagai identitas resmi seseorang, KTP menjadi sebuah barang penting yang harus selalu ada ketika kita berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Itulah sekilas informasi tentang apa itu KTP. Syarat-syarat pengurusan KTP dapat sobat temukan di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdekat. Semoga bermanfaat. Salam.




Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar