Cara Agar Sepatu Awet dan Tidak Mudah Jebol

Seringkali kita kecewa dengan sepatu yang kita beli ternyata mudah jebol, terlebih jika terkena air hujan. Meski harganya mahal dan bermerk ternama, kerusakan ini tetap saja terjadi. Hal ini dikarenakan meski dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, lem perekat sepatu tersebut tidak selalu mampu menahan resapan air dan kotoran dalam jumlah banyak. Nah, sebagai upaya pencegahan, berikut Blogger Gundul sajikan cara agar sepatu awet dan tidak mudah jebol.

Pada dasarnya, kualitas sebenarnya dari sepatu tidak hanya ditentukan oleh popularitas merek, bahan, maupun modelnya, namun juga lem perekatnya yang kadang berbeda satu sama lain. Seperti halnya ketika suatu saat, Blogger Gundul memiliki dua buah sepatu dengan merk terkenal salah satunya, dan satunya lagi tanpa merk. Setelah beberapa kali pemakaian, kedua sepatu tersebut harus berhadapan dengan musim hujan dan air pun masuk didalamnya. Alhasil, keduanya basah.

Kondisi basah ini memang dapat teratasi dengan menjemur keduanya di terik matahari. Pagi dijemur, sorepun siap pakai. Akan tetapi, permasalahan muncul ketika ternyata sepatu yang bermerk tidak mampu menahan guyuran air tersebut sehingga lepas dari solnya (bagian alas kaki atau sering disebut telapak sepatu). Sementara itu, sepatu yang tidak bermerk justru masih bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Belajar dari pengalaman tersebut, Blogger Gundul saat ini selalu melakukan pencegahan agar sepatu awet dan tahan air, yaitu dengan membawanya ke tukang sol. Jika sobat belum mengetahui apa itu sol sepatu, sobat bisa mendatangi jasa servis sepatu terdekat dan minta tukang sol untuk menge-sol sepatu, yaitu menjahit dengan benang khusus bagian alas dengan bagian atas agar daya rekat lem bawaan pabriknya tetap terjaga. Sol tidak hanya menambah lem perekat namun juga menjahitnya dengan benang khusus yang lebih besar dari benang jahit biasa.

Bahkan pada sepatu trekking, Blogger Gundul juga menerapkan pencegahan jebol ini karena memang benang sol mampu memperkuat lem dan sepatu menjadi lebih tahan lama. Sobat tidak perlu pusing dengan benang sol yang mungkin akan merusak model karena umumnya, tukang sol memiliki metode tersendiri agar benang sol tidak kelihatan. 

Itulah sedikit pengalaman serta informasi tentang bagaimana caranya agar sepatu awet dan tidak mudah jebol. Dengan hanya sekitar 10 hingga 20 ribu Rupiah, sol sepatu akan menjadikan sepatu sobat lebih tahan lama dan bebas jebol. Semoga bermanfaat. Salam.

Kategori:

12 komentar:

  1. iyah setuju, tukang sol patut untuk diandalkan, septu baru saja, kami suka bawa ke tukan sol agar ditambah jahitannya :)

    BalasHapus
  2. Betul gan...kadang sepatu yang bermerk tidak menjamin keawetan sepatu..hehe

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak gan atas informasinya.

    BalasHapus
  4. Terima kasih nih sudah share informasinya.
    Semoga semakin sukses.

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah berbagi informasi,
    isi beritanya bermanfaat dan menarik. Sukses selalu

    BalasHapus
  6. makasih ya mind udah boleh komen..
    moga admin makin ganteng :D

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak untuk informasinya
    senang bisa berkunjung.

    BalasHapus
  8. Informasinya sangat bermanfaat dan menarik terimakasih :)

    BalasHapus
  9. terimakasih informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  10. terimakasih gan :) infonya sangat bermanfaat
    Sepatu Murah

    BalasHapus