Cara Memasak Ketupat Lebaran

Lebaran sebentar lagi tiba, ada sebuah tradisi unik yang secara turun-temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia, yaitu menyuguhkan ketupat Lebaran. Sebenarnya, bagaimana prosesnya sehingga makanan tersebut dapat kita hidangkan? Berikut Blogger Gundul sajikan cara memasak ketupat Lebaran bagi sobat sekalian.

Cara Memasak Ketupat Lebaran

Ketupat sebenarnya adalah sejenis makanan pengganti nasi. Bentuknya yang padat dan terbungkus daun kelapa membuatnya lebih menarik dan memiliki rasa yang lezat pula. Untuk membuatnya, kita hanya memerlukan beberapa langkah mudah, terlebih sekarang telah banyak dijual ketupat kosong (cangkang ketupat) yang dijajakan di pinggir jalan, sehingga kita hanya perlu mengisinya dengan beras dan memasaknya.

Untuk menghasilkan ketupat yang enak dan tidak cepat basi, berikut cara memasak ketupat Lebaran yang dapat sobat terapkan, yaitu:
  • Beli ketupat kosong (cangkang ketupat) yang kondisinya masih bagus, umumnya berwarna kuning muda kehijauan dan nampak masih segar daun kelapanya; 
  • Cuci bersih beras yang akan dimasukkan ke cangkang ketupat;
  • Rendam selama kurang lebih 3 jam dan campur sedikit dengan kapur sirih serta garam secukupnya;
  • Masukkan beras yang telah direndam dan dicampur sedikit kapur sirih tersebut ke cangkang ketupat, sekitar 2/3 dari volume cangkang agar nasi dapat mengembang sempurna;
  • Siapkan air mendidih sebelum ketupat dimasukkan;
  • Rebus ketupat tersebut dalam jangka waktu yang relatif lama, sekitar 4 jam dan usahakan terendam penuh;
  • Jika air berkurang selama perebusan, sobat dapat menambahkan air panas secukupnya;
  • Angkat dan tiriskan ketupat tersebut hingga air di dalamnya kering sebelum dikomsumsi;
  • Dalam jangka waktu tertentu, masukkan ketupat ke dalam lemari es, dan hangatkan kembali ketika akan dihidangkan.

Itulah beberapa langkah untuk memasak ketupat Lebaran. Sobat dapat menempatkan ketupat di meja makan, lengkap dengan pernak-perniknya  seperti opor, rendang, teri, sambal goreng hati, dan lain sebagainya. Jika perlu, sajikan ketupat dengan aksesori sedemikian rupa sehingga nampak menarik dan menggugah selera keluarga.

Demikian cara memasak ketupat Lebaran versi Blogger Gundul. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut Lebaran bersama keluarga. Salam.

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar