Olimpiade 2012 Berakhir, Indonesia Urutan 63

Olimpiade Musim Panas Tahun 2012 baru saja usai, Indonesia berada pada urutan 63 (Rank by Gold). Capaian ini tentu menjadi renungan kita bersama ketika ternyata dari 22 atlet yang dikirim ke ajang internasional tersebut, hanya 2 orang yang mampu membawa pulang medali, itupun hanya medali perak dan perunggu. Bagaimana sepak terjang Indonesia dalam ajang bergengsi tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

Indonesia dalam Olimpiade yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli hingga 12 Agustus tahun 2012 di London mengirimkan para pejuangnya sebanyak 22 atlet, yang terbagi dalam 8 ajang, yakni bulu tangkis, angkat besi, atletik, anggar, panahan, renang, judo, dan menembak. Dari cabang-cabang tersebut, Indonesia hanya mampu merebut dua medali dari cabang angkat besi, dengan rincian medali perak diraih oleh Triyatno pada angkat besi 69 kg putra serta medali perunggu oleh Eko Yuli Irawan pada angkat besi 62 kg putra.

Olimpiade 2012 Berakhir, Indonesia Urutan 63

Jika kita lihat sekilas, Indonesia awalnya sangat berharap pada cabang bulu tangkis, beberapa medali dapat diraih, tapi pada kenyataannya, atlet-atlet Indonesia gugur tanpa sempat membawa pulang satu medali pun. Memang dalam suatu pertandingan, kalah dan menang adalah sebuah hal yang biasa, namun harapan untuk meraih kemenangan tersebut saat ini menjadi sebuah kekecewaan yang semoga saja tidak terulang di masa-masa yang akan datang. 

Terlebih pada pertandingan bulu tangkis, Indonesia sempat menerima diskualifikasi pemain karena beberapa atlet dinilai tidak bermain sepenuh hati dan bersikap tidak sportif untuk memanipulasi undian di laga perempat final. Tentu kejadian ini menjadi sebuah pelajaran berarti bagi atlet-atlet Indonesia di masa yang akan datang untuk lebih mempersiapkan diri menjadi tumpuan harapan bangsa.

Akhirnya, meski harus puas di urutan 63 (Rank by Gold) dengan 2 medali, Indonesia masih bisa berlega hati karena posisi ini juga diduduki oleh beberapa negara lain seperti Bulgaria, Estonia, Malaysia, Puerto Rico, dan China Taipeh (menurut www.London2012.com). Indonesia juga harus belajar dari para pemenang ajang bergengsi ini, dari juara pertama USA, juara kedua RRC, serta juara ketiga Inggris Raya. 

Itulah hasil akhir Indonesia pada urutan 63 dalam ajang Olimpiade 2012 di London, Inggris. Mari kita dukung Indonesia untuk mendulang medali di ajang bergengsi ini selanjutnya dengan memainkan peran masing-masing. Salam

Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar