Tempat Penukaran Uang Receh

Sebentar lagi Musim Lebaran tiba. Tradisi mudik yang telah bertahun-tahun erat melekat pada masyarakat Indonesia nampaknya kurang berwarna tanpa bekal uang receh untuk dibagikan pada anak-anak di kampung. Namun, dimanakah tempat yang bagus untuk penukaran uang receh tersebut? Berikut Blogger Gundul sajikan beberapa alternatifnya.

Menukarkan mata uang besar seperti seratusan ribu atau lima puluhan ribu menjadi receh pecahan seribu atau duaribuan  memang sangat penting ketika sobat pulang kampung. Meski jumlahnya sedikit dan hanya untuk ponakan, ataupun saudara dekat, uang recehan tersebut dapat menjadi sebuah media pengikat sekaligus wujud perhatian serta kasih sayang. Berikut beberapa alternatif tempat penukaran uang receh yang dapat sobat kunjungi:

Bank Indonesia
Sobat dapat mendatangi cabang-cabang Bank Indonesia di daerah sobat. Umumnya BI membuka kantor di tingkat Provinsi dan menfasilitasi penukaran uang ini selama persediaan masih ada, dan dengan batasan yang berlaku pula. Tanyakan pada ahlinya untuk mendapatkan lokasi persisnya.

Mobil Keliling BI
Layanan mobil keliling dari Bank Indonesia ini biasanya dihadirkan di tempat-tempat umum dan pusat-pusat perdagangan. Untuk tingkat provinsi serta kabupaten, mobil ini biasanya mangkal di pasar-pasar induk pada waktu-waktu atau hari tertentu. Jadi, mintalah informasi ke petugas pasar induk terdekat kapan biasanya mobil keliling ini hadir.

Bank Umum dan Lembaga Keuangan lain
Sobat juga dapat mengadu nasib dengan menanyakan layanan penukaran uang receh di bank-bank umum atau lembaga keuangan sejenis seperti BPR, BMT, dan sebagainya. Sebagaimana tugas bank-bank umum untuk membantu sirkulasi uang dari Bank Indonesia, lembaga keuangan ini juga memiliki alokasi rupiah untuk penukaran uang receh mesti dengan jumlah yang terbatas. 

Jasa Penukaran Uang
Ini adalah jalan terakhir ketika sobat tidak lagi dapat menyempatkan waktu untuk antri di tempat-tempat diatas. Meski harus mengeluarkan uang tambahan, menukarkan uang dapa jasa penukaran uang yang kadang  berderet di sepanjang jalan menjadi sebuah alternatif pilihan. Akan tetapi, sobat harus hati-hati agar tidak tertipu dengan uang palsu.

Itulah beberapa alternatif tempat penukaran uang receh yang dapat sobat kunjungi. Agar tidak kehabisan, pastikan sobat mendatangi tempat-tempat tersebut jauh-jauh hari. Semoga bermanfaat dan selamat mempersiapkan mudik Lebaran dengan uang recehan. Salam


Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar