AKA itu apa artinya

Berbagi informasi memang sangat menyenangkan. Hal ini saya rasakan ketika pada suatu kesempatan, ada seorang teman yang menanyakan beberapa istilah yang belum diketahuinya. Rasa lega dan ucapan terima kasih pun muncul ketika saya bisa sedikit menjelaskan tentang suatu istilah yang tidak ia ketahui. Terlebih ketika dia menanyakan apa arti aka itu.

Sebenarnya, aka, a.k.a, atau AKA merupakan singkatan dalam bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah "Also Known As." Dalam Bahasa Indonesia, kata tersebut diterjemahkan sebagai "alias." Aka pada dasarnya dapat diartikan sebagai "samaran" yang umum digunakan pada nama seseorang, baik orang-orang yang gemar beraktivitas online, artis, maupun penyanyi. Contoh singkatan aka ini dapat kita lihat pada frasa seperti Nazriel Irham aka Ariel Peterpan.

Memang di tengah laju globalisasi teknologi komunikasi dan informasi saat ini, singkatan-singkatan dalam bahasa Inggris semakin sering kita pakai. Dari beberapa referensi, berikut singkatan lain yang kerap kita pakai atau kita lihat dimanfaatkan oleh keluarga, teman, maupun khalayak umum yaitu:

BTW untuk By The Way, atau ngomong-omong
OTW untuk On The Way, atau sedang dalam perjalanan menuju
LOL untuk Laugh Out Loud, atau tertawa terpingkal-pingkal
COD untuk Cost On Delivery, atau Pembayaran saat barang diterima
WTS untuk Want To Sell, atau Ingin menjual
WTB untuk Want To Buy, atau ingin membeli

Istilah-istilah seperti itu memang mempermudah kita menulis. Setidaknya kita bisa menghemat waktu dalam menulis. Akan tetapi, jika lawan komunikasi kita belum tahu, ternyata inti komunikasi kadang tidak tersampaikan. Bahkan untuk beberapa kesempatan, ada sebagian orang yang salah tafsir dengan singkatan-singkatan seperti itu. Ini dikarenakan singkatan memang relatif.

Sebagai contoh, ketika kita memakai LOL pada saat berkomunikasi dengan teman, singkatan tersebut dapat berarti Laugh Out Loud alias kita terpingkal-pingkal setelah menyadari mengetahui kelucuannya. Akan tetapi, ketika kita berkomunikasi dengan pasangan, LOL tersebut dapat diartikan Lots Of Love, alias penuh cinta. Nah, jika tidak memahaminya, tentu kedua singkatan tersebut dapat disalahtafsirkan dan membuat komunikasi menjadi tidak nyaman.

Itulah sekilas informasi tentang apa itu aka. Semoga bermanfaat dan bertindaklah bijak dalam memanfaatkan singkatan. Mari kita jalin komunikasi yang nyaman dan menyenangkan. Salam.



Kategori:

2 komentar:

  1. oalah, begitu yaa. makasih infonya mas :)

    BalasHapus
  2. @Dhimas: Yup, demikian kira-kira artinya...Makasih dah berkunjung...

    BalasHapus