Apa itu Woodball

Advertisement

Kata Woodball memang agak asing di telinga kita. Namun demikian, permainan ini mulai populer dan kian menarik perhatian masyarakat. Selain caranya yang mudah, peralatannya yang murah, serta tempat pelaksanaannya yang fleksibel, woodball juga dapat dimainkan siapa saja, baik anak-anak maupun manula. Sebenarnya, apa woodball itu?

Inilah Woodball
Sejarah Lahirnya Woodball
Secara harfiah, woodball merupakan kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan bola kayu. Menurut sejarahnya, woodball muncul dari ide seorang warga China Taipe (Taiwan) yang bernama Mr. Ming-Hui Weng. Kala itu sekitar tahun 1990, Mr. Ming ingin membuat kebun bagi ayahnya agar dapat dipakai untuk jalan-jalan dan menikmati pemandangan alam. Selain itu, dia juga mendapat ide untuk memanfaatkan kebun tersebut sebagai tempat bermain bola.

Selanjutnya, Mr. Ming pun mencoba membuat jenis olahraga  bola yang dapat dimainkan di tanah yang tidak luas serta murah biayanya agar dia dapat mengajak lebih banyak teman untuk bermain di kebunnya tersebut. Setelah itu, lahirlah woodball ciptaannya. Olahraga ini kemudian populer karena peralatannya yang semakin bagus, sekaligus juga mudah dipelajari dan dimainkan. Akhirnya, woodball mulai populer dan merambah berbagai negara.

Beberapa kosakatan seputar permainan ini seperti:
Course = Lapangan
Fairway = Lintasan
Starting line = Garis start
Starting Area = Area start (garis persegi yang lebar kesamping 2 meter dan panjang ke belakang 3 meter)
Gate Area = Area Gawang ( garis melingkar berdiameter 5 meter dgn gate sebagai pusatnya, apabila tdk memungkinkan ada zona penyangga 2 meter)
Mark = Penandaan bola
Out of Bound (OB) = Keluar
Par = Par (sama harga)

Permainan Woodball
Perkembangan Woodball
Di Indonesia, woodball masuk sekitar tahun 2000-an. Olahraga ini mirip dengan golf, atau tepatnya perpaduan golf dan sepak bola. Mirip golf karena menggunakan media pemukul layaknya golf, dan mirip sepak bola karena memiliki gawang. Umumnya, semua peralatan woodball terbuat dengan bahan utama dari kayu (wood), baik pemukul, bola, maupun gawangnya. Gawang woodbal berbentuk kecil dengan kayu ditengahnya yang berfungsi sebagai penjaga.

Menariknya, meski ada aturan internasionalnya, woodball tidak harus memerlukan tempat khusus. Lokasinya dapat dimana saja, baik di lapangan sepak bola, tanah luas lain, maupun di pantai. Secara umum, permainan ini terdiri dari 12 lintasan, yang sering disebut fairway, dengan lebar kurang lebih 2 meter dan panjang yang bisa disesuaikan.

Cara memainkan woodball cukup sederhana. Bola kayu dipukul dengan pemukul kayu tersebut menyusuri garis lintasan, untuk selanjutnya dimasukkan ke gawang. Pemain yang berhasil memasukkan bola ke gawang dengan perhitungan pukulan yang paling sedikitlah yang berhak menjadi juara. Mudah bukan?

Itulah apa yang disebut woodball yang Blogger Gundul kombinasikan dari berbagai sumber. Jika sobat penasaran, hubungi federasi woodball terdekat. Untuk Indonesia, permainan ini telah memiliki asosiasi yang bernama Indonesia Woodball Association (IWbA), sementara versi internasionalnya International Woodball Federation (IWbF). Semoga bermanfaat. Salam.

2 komentar:

tomi mengatakan...

ini photo yg diupload di fb kemarin to mas? hihi kereen.. tp kena bada bisa lebam jg nih..

btw minta akun n email namecheap ya kang biar saya move domainnya.. email melalui halaman kontak di blog aja kang.

matur nuwun

Blogger Gundul mengatakan...

@Tomi: Hehehehe, iya..woodball pantai...Ok, tak kirim via inbox FB ya Om....Nuwun...

Poskan Komentar

 

Blogger Gunungkidul Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger