Cara Mengatasi LAN yang Tidak Konek

Seringkali kita menghadapi masalah LAN laptop yang tidak konek. Kadang kita langsung membawa perangkat mobile tersebut ke jasa service padahal jika kita mau sedikit berusaha, ketidakkonekan tersebut dapat kita atasi sendiri. Nah, untuk tujuan tersebut, berikut Blogger Gundul berikan beberapa langkah mengatasi LAN yang tidak konek.

Pada dasarnya, LAN yang tidak konek dapat disebabkan oleh beberapa hal, baik karena drivernya yang bermasalah, settingan yang belum sesuai, hingga kemungkinan terakhir, hardware-nya yang harus diganti. Untuk mengarah kepada kesimpulan sebelum membawa laptop ke jasa sevis, berikut langkah-langkah yang dapat sobat ikuti: 

Lihat Control Panel pada Laptop
Pada Menu Control Panel, coba lihat status LAN, apakah di-disable atau di-enable. Untuk mengeceknya, klik Control Panel>Network Connection>Local Area Network> dan klik kanan, sub menu paling atas akan terlihat status LAN diaktifkan atau dinon-aktifkan (enable atau disable).

Cek Kesesuaian IP Address dan DNS
Cek IP Address dan DNS secara manual apakah telah sesuai. Jika bingung, tanyakan pada admin server dari jaringan internet yang sobat pakai. Ubah settingan tersebut secara manual, dan jika telah sesuai dan masih belum bisa konek, ikuti langkah selanjutnya.

Cek Kabel LAN
Cek kondisi kabel LAN, apakah sesuai dan masih bagus. Untuk memastikannya, gunakan alat khusus atau jika tidak memungkinkan, pinjam laptop teman sobat dan colokkan kabel LAN ke laptop tersebut. Jika laptop bisa konek, berarti masalah bukan pada kabel LAN, namun pada laptop sobat.

Install Ulang Driver
Kadang driver dari LAN Card sobat mengalami corrupt atau salah satu file pentingnya hilang sehingga tidak mampu bekerja secara optimal untuk mengerakkan LAN. Pada langkah ini, sobat dapat menginstall ulang driver LAN card sobat yang umumnya disertakan di CD driver.

Ganti Hardware
Pilihan terakhir ketika sobat tidak bisa mengkoneksikan laptop ke internet melalui jalur LAN adalah mengganti hardware LAN itu sendiri. Jika sobat benar-benar yakin hardware-nya yang bermasalah, untuk menggantinya dapat sobat percayakan pada ahli atau tukang servis yang berpengalaman.

Itulah cara mengatasi LAN yang tidak konek sebelum sobat memutuskan untuk membawa laptop ke tukang servis. Menyelesaikan permasalahan seperti ini secara mandiri kadang akan membuat kita lebih kreatif serta menumbuhkan keingintahuan yang lebih mendalam. Semoga bermanfaat. Salam.
 



Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar